Cara Bikin Saus Yakiniku untuk Melengkapi Masakan, Tambah Enak!

Bahan-bahan yang disiapkan sangat simpel, lho

Yakiniku adalah saus populer dari Jepang dan dibuat menggunakan bahan utama berupa kecap asin. Keberadaan saus ini sangat cocok untuk dijadikan pelengkap aneka macam olahan, mulai dari daging, sayuran, dan lain sebagainya.

Selain membelinya secara langsung, kamu juga dapat membuat saus ini sendiri di rumah. Dilansir The Spruce Eats, ini dia resep saus yakiniku simpel dan enak!

1. Siapkan bahan-bahan

Cara Bikin Saus Yakiniku untuk Melengkapi Masakan, Tambah Enak!ilustrasi kecap asin (unsplash.com/@goodeats_yqr)

Bahan-bahan:

  • 1 siung bawang putih
  • 2 sdm mirin
  • ¼ cangkir kecap asin
  • 2½ sdm gula pasir
  • 2 sdt minyak wijen
  • 1½ sdt bubuk biji wijen putih panggang
  • ½ sdt biji wijen putih

2. Kupas dan potong-potong bawang putih

Cara Bikin Saus Yakiniku untuk Melengkapi Masakan, Tambah Enak!ilustrasi bawang putih (pexels.com/Nick Collins)

Pertama-tama, siapkan seluruh bahan yang dibutuhkan untuk membuat saus yakiniku. Kemudian ambil 1 siung bawang putih. Kupas kulit bawang tersebut sampai benar-benar bersih.

Setelah itu, siapkan talenan dan potong-potong bawang putih tersebut. Ukuran yang diterapkan sebaiknya tidak terlalu besar dan jangan terlalu halus supaya nantinya bawang lebih gampang disaring.

Baca Juga: 5 Kreasi Sajian Lezat dari Yakiniku, Masak Jadi Lebih Seru!

3. Masukkan bahan-bahan ke dalam panci

Cara Bikin Saus Yakiniku untuk Melengkapi Masakan, Tambah Enak!ilustrasi panci di atas kompor (pexels.com/RODNAE Productions)

Selanjutnya, siapkan panci atau saucepan berukuran kecil. Kemudian masukkan bahan-bahan yang terdiri dari kecap asin atau soy sauce, mirin, gula pasir, minyak wijen, dan tidak lupa potongan bawang putih.

Pindahkan panci atau saucepan tersebut ke atas kompor untuk dimasak dan melarutkan bahan-bahan. Gunakan suhu api sedang besar dalam memasak adonan saus yakiniku tersebut biar lebih cepat matang.

4. Masak hingga gula pasir larut dan dinginkan

Cara Bikin Saus Yakiniku untuk Melengkapi Masakan, Tambah Enak!ilustrasi panci di atas kompor (pexels.com/Teona Swift)

Durasi waktu yang diperlukan kurang lebih 3 menit. Masak hingga gula pasir larut dengan baik dan pastikan kamu mengaduk adonan secara rutin. Pakai spatula kayu untuk menghindari lengket.

Kalau gula pasir sudah larut, segera matikan api agar adonan saus yakiniku tidak cepat gosong. Dinginkan di suhu ruang selama kurang lebih 5 atau 10 menit sebelum saus diproses kembali.

5. Saring saus dan tambahkan wijen

Cara Bikin Saus Yakiniku untuk Melengkapi Masakan, Tambah Enak!ilustrasi saus yakiniku (pexels.com/Cats Coming)

Terakhir, siapkan saringan lalu tuang saus di atasnya. Nantinya bawang akan lebih mudah terpisah dan saus jadi lebih halus. Setelah itu, masukkan bubuk biji wijen dan biji wijen utuh ke dalam saus.

Dengan begini, saus yakiniku siap digunakan untuk melengkapi beragam sajian biar rasanya lebih enak dan aromatik. Seperti kreasi daging, aneka sayur, dan sebagainya. Cocok buat teman masak saat tahun baru, nih.

Saus yakiniku menjadi bahan favorit untuk mendampingi beragam sajian sedap ala Jepang. Kamu juga dapat membuatnya sendiri memakai bahan-bahan simpel dan ditakar sesuai selera berdasarkan resep di atas. Yuk, buat!

Baca Juga: Jangan Sampai Keliru, Ini Dia 5 Perbedaan Antara Yakiniku dan Teriyaki

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya