Comscore Tracker

Cara Buat Apple Cinnamon Latte, Penghangat Tubuh di Waktu Hujan

Bahan-bahannya sangat simpel, lho

Saat musim hujan, kita harus pintar-pintar membuat minuman yang enak dan hangat untuk tubuh biar gak perlu membeli di luar. Salah satu minuman manis dan kaya rempah yang patut dicoba adalah apple cinnamon latte.

Dilansir Butter over bae, apple cinnamon latte akan cocok dinikmati karena dibuat dari bahan-bahan yang simpel dan cara pembuatan yang cukup singkat. Yuk, intip bagaimana membuat minuman tersebut dengan maksimal di sini!

1. Siapkan bahan-bahan yang akan dipakai

Cara Buat Apple Cinnamon Latte, Penghangat Tubuh di Waktu Hujanilustrasi apel dan kayu manis (pixabay.com/Csaba Nagy)

Bahan-bahan minuman:

  • 1 buah apel ukuran medium
  • 2 sdt madu
  • 1 cangkir air
  • ½ cangkir susu
  • ½ sdt kayu manis bubuk
  • 2 jumput kopi bubuk

2. Masak sebagian adonan di dalam panci

Cara Buat Apple Cinnamon Latte, Penghangat Tubuh di Waktu Hujanilustrasi mengaduk (pexels.com/Kampus Production)

Cara pertama, siapkan 1 buah apel ukuran medium lalu potong-potong supaya ukurannya menjadi kecil dan pisahkan dari bijinya. Berikutnya masukkan apel, madu, kayu manis, dan kopi ke dalam panci. Tambahkan air.

Masak bahan-bahan tersebut dengan api sedang selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, kecilkan api hingga adonan berubah menjadi lembut dan agak lembek. Kalau tidak ada buah segar, kamu bisa mengganti bahan itu memakai sirup sebanyak 4 sendok makan.

Baca Juga: 5 Kreasi Cinnamon Toast, Menu Sarapan Favorit!

3. Haluskan adonan dan saring

Cara Buat Apple Cinnamon Latte, Penghangat Tubuh di Waktu Hujanilustrasi perempuan menggunakan hand blender (pexels.com/Ron Lach)

Kalau tekstur apel sudah berubah, maka panci bisa segera diangkat dari kompor. Pindahkan adonan dan haluskan bahan-bahan tersebut menggunakan blender biasa atau hand blender sampai benar-benar lembut.

Gunakan saringan untuk memisahkan sari-sari buah dan ampas adonan yang tersisa supaya minuman lebih nikmat saat diminum. Simpan adonan apel dalam wadah bersih lalu sisihkan sebentar.

4. Hangatkan susu

Cara Buat Apple Cinnamon Latte, Penghangat Tubuh di Waktu Hujanilustrasi panci di atas kompor (pixabay.com/Three-shots)

Supaya rasa apple cinnamon latte ini makin enak, gunakan susu cair apapun sebagai pelengkapnya. Siapkan panci bersih lalu masukkan setengah cangkir susu cair ke dalamnya untuk dipanaskan.

Nyalakan api kompor dengan besaran sedang kecil untuk memasak susu, tunggu beberapa waktu sambil diaduk untuk menghindari kerak di dasar panci. Diamkan sampai susu berubah menjadi agak berbusa.

5. Campurkan adonan apel dan sajikan

Cara Buat Apple Cinnamon Latte, Penghangat Tubuh di Waktu Hujanilustrasi apple cinnamon latte (freepik.com/fahrwasser)

Selanjutnya masukkan adonan apel yang sudah dihaluskan ke dalam susu cair. Aduk-aduk menggunakan bantuan whisk selama kurang lebih 2 atau 3 menit. Setelah tercampur rata tinggal matikan api.

Cara menyajikan minuman ini dapat dilakukan dengan mengambil gelas, kemudian tuangkan apple cinnamon latte ke dalamnya. Bila suka, kamu bisa menambahkan krim dan bubuk kayu manis. Setelah itu minuman dapat segera dinikmati.

Membuat minuman enak dan manis seperti apple cinnamon latte bisa membuat badan hangat di musim hujan. Sajian ini punya perpaduan yang unik sehingga cocok dinikmati sambil beraktivitas maupun bersantai.

Baca Juga: 5 Santapan dengan Dolce Cinnamon yang Jadi Favorit Remaja Masa Kini

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya