Cara Buat Egg Ramen tanpa Ribet, Praktis dan Pastinya Lembut

Cocok buat topping ramen dan aneka makanan hits

Dalam olahan ramen, telur menjadi salah satu topping favorit yang bisa menambah rasa dan tekstur pada makanan. Bedanya, egg ramen atau ajitsuke tamago ini punya kombinasi rasa gurih dan manis yang membuatnya lebih nikmat.

Cara membuat egg ramen pun terbilang simpel. Dilansir Just One Cookbook, kamu bisa membuat egg ramen tanpa ribet berdasarkan resep berikut ini. Yuk, perhatikan dengan seksama!

1. Bahan-bahan

Cara Buat Egg Ramen tanpa Ribet, Praktis dan Pastinya Lembutilustrasi sekotak telur (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Bahan utama:

  • 4 butir telur
  • 1 liter air

Bahan marinasi:

  • 4 sdm soy sauce
  • 4 sdm mirin
  • 4 sdm air
  • 1 sdt gula pasir

2. Siapkan telur dan bumbu marinasi

Cara Buat Egg Ramen tanpa Ribet, Praktis dan Pastinya Lembutilustrasi panci di atas kompor (pexels.com/Teona Swift)

Langkah pertama, siapkan 4 butir telur dengan masing-masing berat sekitar 50 gram. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya telur dimasukkan terlebih dahulu ke dalam kulkas agar suhunya menjadi lebih dingin.

Berikutnya, siapkan panci atau saucepan berukuran sedang. Masukkan soy sauce, mirin, air, dan gula pasir. Masak adonan marinasi di atas api kecil selama 1 menit hingga gula pasir larut dalam bahan tersebut. Sisihkan dari kompor.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Ramen Egg, Topping Telur Jepang yang Khas Banget

3. Rebus telur dengan 1 liter air

Cara Buat Egg Ramen tanpa Ribet, Praktis dan Pastinya Lembutilustrasi telur rebus (pixabay.com/ivabalk)

Selanjutnya, siapkan panci dan masukkan air sebanyak 1 liter. Kemudian nyalakan kompor dengan api sedang. Tunggu hingga air di dalamnya benar-benar mendidih sebelum memasak telur.

Kalau sudah, keluarkan telur dari kulkas dan masukkan dengan hati-hati ke dalam air panas. Pastikan telur terendam dengan baik di dalam rebusan tersebut. Kamu bisa memasaknya dalam waktu 6½ atau 7 menit, tergantung tingkat kematangan yang diinginkan.

4. Pindahkan telur ke air es agar mudah dikupas

Cara Buat Egg Ramen tanpa Ribet, Praktis dan Pastinya Lembutilustrasi mengupas telur rebus (pexels.com/Виктория Ривьер)

Selama proses memasak, jangan lupa untuk memutar telur agar matang dengan baik. Kemudian di dalam mangkuk besar, siapkan air es untuk merendam telur. Begitu telur selesai dimasak, segera masukkan ke dalamnya.

Diamkan telur selama beberapa saat di dalam rendaman air es. Setelah itu, kupas kulit telur dengan hati-hati agar tidak merusak bentuknya. Proses ini akan membantu agar kulit lebih gampang lepas.

5. Marinasi telur selama 8 jam lalu sajikan bareng ramen

Cara Buat Egg Ramen tanpa Ribet, Praktis dan Pastinya Lembutilustrasi ramen dan telur rebus (unsplash.com/GStephen Bedase)

Langkah berikutnya, siapkan plastic bag atau wadah kedap udara. Pindahkan telur ke dalamnya dan tuang adonan marinasi, tutup plastic bag atau wadah supaya proses marinasi lebih maksimal.

Simpan telur di dalam kulkas selama kurang lebih 8 jam. Setelah itu, tinggal sisihkan telur dari bumbu marinasi dan potong menjadi 2. Letakkan di atas ramen, maka ajitsuke tamago alias egg ramen siap disantap.

Olahan egg ramen ini punya rasa lebih intens ketimbang telur rebus biasa, tidak heran jika ajitsuke tamago menjadi topping paling favorit. Selain ramen, telur ini bisa disajikan dan dinikmati bersama aneka hidangan, lho.

Baca Juga: Resep Membuat Ramen Korea yang Praktis dan Bikin Ngiler

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya