Comscore Tracker

Cara Buat White Hot Chocolate, Minuman Hangat untuk Musim Hujan

Cuma perlu empat bahan saja, lho!

Di cuaca dingin, menikmati cokelat panas memang paling pas karena bisa membuat perut kenyang sekaligus menghangatkan tubuh. Biar minuman ini tambah spesial, kamu bisa mengganti cokelat hitam menggunakan cokelat putih biar penampilannya berbeda.

Dilansir dari Gimme Some Oven, terdapat cara singkat membuat cokelat panas berbahan white chocolate. Rasanya enak dan yang terpenting cocok untuk menemani waktu santai kamu selama cuaca masih dingin.

1. Sediakan bahan-bahan yang diperlukan

Cara Buat White Hot Chocolate, Minuman Hangat untuk Musim Hujanilustrasi cokelat putih (pexels.com/alleksana)

Bahan-bahan membuat cokelat panas:

  • 4 cangkir susu cair
  • 230 gram cokelat putih batang
  • 1 sdt ekstrak vanila
  • Whipped cream atau marshmallow untuk topping

2. Siapkan susu yang hendak dimasak

Cara Buat White Hot Chocolate, Minuman Hangat untuk Musim Hujanilustrasi susu (pixabay.com/Couleur)

Langkah pertama kamu perlu menyiapkan susu cair untuk diolah menjadi white hot chocolate. Di sini, bahan yang digunakan bisa susu apapun dan dapat pula diganti menggunakan heavy cream.

Kebanyakan proses pembuatan white hot chocolate kerap melibatkan penggunaan half and half daripada susu cair biasa, itu karena teksturnya yang jadi lebih creamy. Walau begitu, menggunakan susu saja sudah cukup membuat minuman ini tambah enak.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana untuk Melelehkan Cokelat Batang, Anti Ribet!

3. Potong-potong cokelat dan campur bersama bahan lain

Cara Buat White Hot Chocolate, Minuman Hangat untuk Musim Hujanilustrasi panci (pexels.com/Teona Swift)

Jika kamu menggunakan cokelat batang pada minuman ini, maka jangan lupa untuk memotong-motong cokelat menjadi ukuran yang lebih kecil. Ini terbilang penting karena cokelat harus cepat meleleh sebelum bisa disajikan sebagai minuman hangat.

Berikutnya, tinggal masukkan potongan cokelat putih ke dalam panci. Setelah itu tambahkan empat cangkir susu cair bersama ekstrak vanila untuk dimasak di atas kompor.

4. Masak sampai cokelat larut

Cara Buat White Hot Chocolate, Minuman Hangat untuk Musim Hujanilustrasi adonan susu (pexels.com/cottonbro)

Ketika membuat white hot chocolate ini sebaiknya gunakan api sedang kecil untuk memasak seluruh adonan supaya tidak gosong. Aduk adonan sesekali supaya cokelat bisa larut dengan maksimal.

Lamanya memasak adonan minuman ini ditentukan dari cokelat yang digunakan. Bila cokelat sudah meleleh dan muncul gelembung maka minuman sudah bisa diangkat. Jangan biarkan adonan mendidih.

5. Sajikan minuman dengan topping

Cara Buat White Hot Chocolate, Minuman Hangat untuk Musim Hujanilustrasi white hot chocolate (pixabay.com/-Rita-👩‍🍳 und 📷 mit ❤)

Tuangkan adonan susu ke dalam gelas supaya bisa dinikmati selagi hangat. Minuman ini juga dapat dihias sesuai selera untuk membuat penampilannya makin menarik dan rasanya tambah manis.

Rekomendasi topping yang bisa dipakai untuk membuat white hot chocolate ini makin nikmat adalah whipped cream maupun marshmallow. Dengan begitu, sajian dapat dinikmati saat cuaca sedang dingin.

Pencinta cokelat patut mencicipi minuman ini sebagai penghangat tubuh yang manis, lembut, dan menyegarkan. Cara membuatnya yang simpel bikin sajian ini gampang dibuat kapan saja saat cuaca dingin tengah melanda.

Baca Juga: 5 Resep Minuman dari Madu yang Nyegerin, Serba 3 Bahan!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya