Comscore Tracker

5 Ide Olahan Srikaya Panggang, Menu Berbuka buat Pencinta Manis

Sajian jadi terasa maksimal dan sedap!

Srikaya menjadi selai tradisional yang begitu populer di lidah kebanyakan masyarakat Indonesia. Bahan masak yang dibuat menggunakan campuran santan dan gula ini memang sukses bikin makanan manis tambah legit.

Maka dari itu, gak heran kalau srikaya bisa dimaksimalkan ke dalam aneka hidangan serba panggang untuk menemani Ramadan biar masakan semakin bervariasi. Yuk, cari tahu lima santapan itu di dalam daftar berikut ini.

1. Bolu srikaya panggang

5 Ide Olahan Srikaya Panggang, Menu Berbuka buat Pencinta Manisilustrasi srikaya bolu panggang (pexels.com/Mumma Oyens)

Bicara soal hidangan manis serba panggang, opsi utama yang hampir tidak bisa dihilangkan dari tradisi kuliner masyarakat lokal bukan lain adalah bolu. Hidangan tersebut sangat lembut dan wangi sehingga bisa dinikmati sebagai sajian pembuka.

Di dalam kandungan bolu srikaya, terdapat pemakaian tepung terigu, santan, telur, margarin, susu bubuk, gula halus, pengembang kue, dan penggunaan pandan yang mampu mengubah rasa serta warna makanan agar memiliki penampilan yang jauh lebih menarik.

2. Puding roti srikaya

5 Ide Olahan Srikaya Panggang, Menu Berbuka buat Pencinta Manisilustrasi puding roti srikaya (pexels.com/chudesabyvaut)

Santapan selanjutnya yang juga tidak kalah spesial untuk dimasak, merupakan gabungan antara srikaya dengan roti tawar. Hidangan tersebut akan disulap menjadi puding panggang yang lembut dan punya sensasi rasa manis menggoda.

Bukan cuma penggunaan roti tawar yang diperlukan, melainkan ada tambahan dari telur, santan atau susu cair, gula merah, margarin, serta penggunaan kismis untuk membuat tekstur puding panggang ini semakin beragam dan enak.

Baca Juga: 5 Ide Hidangan Rasa Srikaya, Makanan Legendaris yang Semakin Hits!

3. Srikaya pandan panggang

5 Ide Olahan Srikaya Panggang, Menu Berbuka buat Pencinta Manisilustrasi srikaya pandan panggang (unsplash.com/Mae Mu)

Masakan yang satu ini pun tidak ketinggalan untuk dinikmati sebagai santapan serba panggang dengan srikaya. Bukan cuma dimasak pakai oven, sajian pun bisa diolah menggunakan kukusan.

Isiannya terdiri dari penggunaan santan, gula pasir, telur, perasa vanila, pandan yang dihaluskan, dan beri sedikit tepung beras agar konsentrasi tekstur dari makanan cenderung lebih kenyal tetapi juga padat.

4. Srikaya pisang panggang

5 Ide Olahan Srikaya Panggang, Menu Berbuka buat Pencinta Manisilustrasi srikaya pisang panggang (pexels.com/Marta Dzedyshko)

Santapan berikut ini bisa kamu buat dengan memanfaatkan pisang matang yang ada di rumah. Sajian cocok sekali dibuat menjadi dessert manis yang pas di lidah masyarakat Indonesia, terutama jika ditilik dari bahan-bahan yang dipakai.

Proses pembuatan srikaya pisang panggang ini dapat didukung oleh penggunaan pisang matang, gula merah, santan, telur, pemanis, garam, serta telur. Nantinya olahan perlu dimasukkan ke oven sampai adonan tersebut benar-benar matang nan terasa empuk.

5. Kaya toast

5 Ide Olahan Srikaya Panggang, Menu Berbuka buat Pencinta Manisilustrasi kaya toast (pexels.com/Kim van Vuuren)

Kalau makanan yang satu ini cenderung gampang untuk dimasak, tetapi punya kombinasi rasa yang gak kalah sedap dibandingkan olahan srikaya panggang lainnya. Jadi makanan begitu pas untuk dijadikan alternatif pengganjal lapar.

Pertama-tama siapkan roti tawar dan olesi pakai mentega. Panggang roti sampai permukaannya berubah keemasan. Di lain tempat, buat srikaya dari santan, telur, gula pasir, pandan, serta sejumput garam. Taruh di atas roti dan sajikan makanan tersebut.

 

Kenikmatan srikaya begitu memikat lidah dengan bahan-bahan yang terbilang sederhana. Belum lagi olesan tersebut sanggup membuat aneka hidangan di atas menjadi terasa maksimal dan legit di lidah.

Baca Juga: Resep Roti Srikaya, Dessert Manis Khas Pontianak yang Hangat

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya