Comscore Tracker

5 Kreasi Isi Enchilada, Tortilla Gulung untuk Segala Acara

#IDNTimesFood Bisa diolah dengan aneka daging dan umbi, lho!

Meksiko terkenal akan bermacam-macam makanan gurih yang dibentuk menggunakan bahan utama, berupa kulit tortilla. Yakni sejenis flatbread dari tepung jagung atau ada pula yang mengolahnya dari tepung gandum.

Salah satu hidangan dari kulit tortilla yang tak bisa dilewatkan adalah enchilada. Makanan tersebut diolah dengan cara diisi memakai aneka macam olahan daging, serta disisipi saus sebelum disantap.

Tak cuma itu, enchilada pun memiliki beragam inovasi menarik untuk dicoba sebagai hidangan enak di berbagai situasi, lima di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Zucchini and chicken enchilada

5 Kreasi Isi Enchilada, Tortilla Gulung untuk Segala Acarailustrasi zucchini and chicken enchilada (unsplash.com/Clint Patterson)

Olahan enchilada pertama ini mengandung dua bahan baku utama yang berlainan tekstur, yakni daging ayam, serta sayuran zukini, untuk membuat olahan jadi tambah nikmat ketika dikonsumsi.

Cara pembuatan isian pun cukup sederhana, kamu perlu menumis bumbu yang terdiri dari bawang-bawangan, bubuk cabai, dan salsa, kemudian masak bersama daging sampai matang. Susun ayam bersama potongan zukini, lalu lipat.

2. Cheddar beef enchilada

5 Kreasi Isi Enchilada, Tortilla Gulung untuk Segala Acarailustrasi cheddar beef enchilada (unsplash.com/sheri silver)

Untuk pencinta hidangan Meksiko berbasis daging cincang, jangan khawatir. Sebab enchilada belum lengkap apa bila tidak menyertakan bahan tersebut sebagai salah satu isian utamanya.

Daging bisa diolah dari sapi, lalu tumis beberapa saat. Tambahkan ke dalam kulit tortilla, berikan sedikit cheddar, kemudian lipat dan susun dalam loyang. Masukkan condensed cream of chicken soup, panggang sebentar.

3. Turkey and black bean enchilada

5 Kreasi Isi Enchilada, Tortilla Gulung untuk Segala Acarailustrasi turkey and black bean enchilada (pixabay.com/ALFONSO CHARLES)

Dalam sajian enchilada kali ini, kamu bisa berinovasi dengan menggunakan isian dari daging kalkun yang juicy, bersama kacang hitam yang lezat.

Dua bahan baku tersebut perlu dimasak sebelumnya agar tidak terasa mentah. Setelah itu tambahkan ke dalam tortilla dan susun di loyang. Masukkan saus kesukaan, taburkan keju, kemudian panggang.

Baca Juga: 5 Hidangan yang Disajikan Bersama dengan Tortilla, Rasanya Mendunia

4. Meatball enchilada

5 Kreasi Isi Enchilada, Tortilla Gulung untuk Segala Acarailustrasi meatball enchilada (pixabay.com/Jessica Vargas)

Isian selanjutnya memiliki rasa yang tidak kalah nikmat, bahkan cocok untuk disantap sebagai bahan makan malam. Meatball tersebut pun bisa dicampur dengan jalapeno dan kacang hitam.

Supaya rasa hidangan jadi semakin gurih, kamu bisa menyusun lipatan tortilla dalam loyang dan berikan macam-macam keju di atasnya, masukkan ke dalam oven, lalu tunggu sampai meleleh.

5. Sweet potato enchilada

5 Kreasi Isi Enchilada, Tortilla Gulung untuk Segala Acarailustrasi sweet potato enchilada (realfood.tesco.com)

Tidak melulu diisi menggunakan aneka daging, sebab enchilada pun cocok disantap bersama umbi-umbian. Bahan tersebut tak lain adalah ubi yang telah direbus atau dipanggang.

Bumbui daging ubi tersebut supaya lebih sedap, setelah dimasukkan ke dalam tortila, siram dengan saus favorit dan taburi keju ke seluruh permukaan. Panggang, kemudian sajikan selagi hangat.

Kenikmatan dalam mengolah kulit tortilla rupanya tidak terbatas. Bahkan kelima hidangan di atas dapat dijadikan inspirasi untuk mengolah kulit tersebut, supaya jadi lebih maksimal dan tentunya menggugah selera.

Baca Juga: Resep Chicken Tortilla Casserole, Menu Makan Malam Keluarga yang Lezat

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya