Comscore Tracker

5 Minuman dari Kayu Manis yang Hangatkan Waktu Berbuka

Minuman tradisional dan kekinian siap dibikin, nih!

Membuat minuman dengan tambahan rempah-rempah akan mengubah sajian tersebut jadi terasa wangi dan menghangatkan. Makanya, aneka minuman tersebut seringkali dijadikan alternatif untuk berbagai suasana, salah satunya adalah Ramadan.

Pembuatan minuman kali ini jadi terasa spesial karena ada penambahan kayu manis di dalamnya. Mulai dari minuman tradisional dan kekinian, lima minuman hangat ini siap maniskan suasana Ramadan agar lebih berwarna. Yuk, cari tahu ragam olahan yang dimaksud!

1. Wedang kayu manis 

5 Minuman dari Kayu Manis yang Hangatkan Waktu Berbukailustrasi wedang kayu manis (unsplash.com/Drew Jemmett)

Wedang adalah minuman tradisional yang terkenal karena kandungan rempah-rempah cukup banyak. Hidangan tersebut juga mampu menghangatkan tubuh, apalagi kalau disantap dalam kondisi fresh saat baru selesai dimasak.

Isian utama dari minuman ini didukung oleh penggunaan air biasa, jahe bakar, serai, gula merah, dan tambahkan pula kayu manis. Gabungan tersebut akan membuat wedang kali ini terasa semakin maksimal dan juga bikin kamu terpikat karena aromanya.

2. Es cokelat kayu manis

5 Minuman dari Kayu Manis yang Hangatkan Waktu Berbukailustrasi es cokelat kayu manis (unsplash.com/Pixzolo Photography)

Penggunaan kayu manis juga sangat serasi untuk ditambahkan ke dalam minuman kekinian, apalagi kalau bukan es cokelat. Sensasi manisnya minuman tersebut mampu melegakkan tenggorokan, terutama saat ditambahi menggunakan rempah-rempah.

Meskipun kekinian, namun bahan-bahan dari minuman ini cukup mudah ditemukan. Mulai dari penggunaan air biasa, susu UHT, susu kental manis, susu evaporasi, cokelat, gula pasir, dan sejumput garam. Masukkan juga bubuk kayu manis dan es batu biar tambah spesial.

Baca Juga: 5 Resep Minuman Hangat saat Musim Hujan, Bikin Rileks!

3. Teh lemon kayu manis  

5 Minuman dari Kayu Manis yang Hangatkan Waktu Berbukailustrasi teh lemon kayu manis (unsplash.com/yeoul Shin)

Minuman dari lemon memang selalu mampu membuat siapapun terkesima. Santapan ini didukung oleh penggunaan buah-buahan sampai aneka rempah yang membuat rasanya jadi terkesan lebih segar nan manis.

Untuk bisa membuat minuman tersebut, tinggal campurkan air matang bersama perasan air lemon, gula pasir, teh celup, dan jangan lupa gunakan kayu manis sebagai pelengkap rasa dan aroma. Dengan begini, minuman pun siap disajikan.

4. Apel kayu manis  

5 Minuman dari Kayu Manis yang Hangatkan Waktu Berbukailustrasi apel kayu manis (unsplash.com/Tijana Drndarski)

Minuman mengandung buah yang juga tidak kalah sedap dibandingkan ragam sajian lainnya, bukan lain adalah apel kayu manis. Santapan tersebut terasa segar, tetapi juga menyimpan sensasi unik yang hadir dari rempah-rempah pilihan.

Komponen yang digunakan untuk membuat kreasi minuman serba kayu manis ini terdiri dari air, teh celup, potongan apel segar, pemanis, dan pastinya kayu manis. Olahan pun siap mempermanis menu sajian yang dihidangkan saat berbuka puasa tiba.

5. Kopi susu kayu manis 

5 Minuman dari Kayu Manis yang Hangatkan Waktu Berbukailustrasi kopi susu kayu manis (unsplash.com/Lex Sirikiat)

Kopi susu menjadi minuman klasik yang senantiasa cocok dalam meramaikan berbagai suasana, termasuk di saat Ramadan seperti saat ini. Namun minuman jadi terasa spesial ketika ditambahi menggunakan campuran rempah-rempah.

Walaupun begitu, olahan juga sangat gampang untuk dimasak. Karena untuk membuat sajian ini, kamu perlu menyeduh kopi bubuk pakai air panas. Masukkan susu UHT, bubuk kayu manis, pemanis, dan perasa vanila agar minuman semakin wangi.

 

Membuat aneka minuman dengan tambahan kayu manis akan bikin ragam sajian tersebut makin terasa spesial. Untuk kamu yang selama Ramadan ingin menyajikan minuman berbeda, maka lima opsi di atas dapat dijadikan pilihan tepat.

Baca Juga: 5 Kreasi Minuman Hangat untuk Buka Puasa, Simpel dan Mudah Dibuat  

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya