Comscore Tracker

5 Olahan Nanas Pedas Khas Nusantara, Favorit Banget!

Bisa jadi lauk yang menggugah selera

Sebagian besar orang Indonesia memang tidak bisa jauh dari masakan pedas. Bahkan hal tersebut bisa ditunjukkan dengan kuliner Indonesia yang kebanyakan bercita rasa pedas dari cabai rawit.

Maka dari itu gak heran, jika semua bahan kerapkali diolah menjadi masakan pedas. Salah satunya adalah buah nanas. Berikut ini lima olahan nanas pedas khas nusantara yang kerap jadi favorit!

1. Asinan nanas 

5 Olahan Nanas Pedas Khas Nusantara, Favorit Banget!ilustrasi asinan nanas (Yummy.co.id/Dapur_Madina)

Mengolah buah menjadi makanan yang pedas umum sekali dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan keberadaan asinan sebagai salah satu hidangan populer yang terus-menerus diinovasikan sampai saat ini.

Proses pembuatan asinan bisa dikreasikan dengan berbagai buah, termasuk nanas ini. Kuahnya dibuat dari campuran cabai rawit, cabai merah, dan gula yang dimasak bersama air. Setelah itu tinggal masukkan buah dan beri perasan jeruk nipis.

2. Sambal nanas 

5 Olahan Nanas Pedas Khas Nusantara, Favorit Banget!ilustrasi sambal nanas (unsplash.com/Michael Uebler)

Sambal dikenal sebagai salah satu pelengkap masakan yang begitu melekat di lidah masyarakat tanah air. Macam-macam sambal hadir untuk menemani, mulai dari versi mentah hingga goreng beraroma sedap.

Salah satu kreasi tambal terkenal yang patut dicoba adalah sambal nanas. Masakan ini dibuat dengan mencampur bawang-bawangan, cabai, dan terasi yang ditumis. Lalu ditambah potongan nanas serta bumbu perasa, seperti gula dan garam.

Baca Juga: 5 Minuman Fresh dari Nanas yang Bikin Cuaca Panas Terasa Sejuk

3. Pacri nanas 

5 Olahan Nanas Pedas Khas Nusantara, Favorit Banget!ilustrasi pacri nanas pedas (pexels.com/Dan Hussey)

Pacri nanas sering ditemukan dalam masakan khas Melayu dan cukup populer di wilayah Kalimantan. Hidangan ini merupakan percampuran antara bumbu kaya rempah bersama dengan nanas yang menghasilkan sensasi pedas, manis, dan asam.

Masakan tersebut memiliki berbagai versi pembuatan, salah satunya bisa diolah dengan menambahkan santan. Lalu maksimalkan menggunakan bumbu halus yang terdiri dari bawang-bawangan, cabai, cengkih, jahe, kayu manis, serta bumbu penyedap.

4. Gulai kepala ikan dan nanas 

5 Olahan Nanas Pedas Khas Nusantara, Favorit Banget!ilustrasi gulai kepala ikan dan nanas (freepik.com/jcomp)

Gulai menjadi referensi sajian yang memiliki sensasi rempah cukup kuat. Tak mengherankan jika masakan ini menjadi favorit, terutama saat dinikmati bersama nasi hangat. Salah satu variasi gulai bisa dibuat dengan tingkat kepedasan yang tinggi, caranya tinggal menambahkan cabai ekstra. Sementara bahan utamanya bisa diambil dari kepala ikan dan dimaksimalkan pula bersama isian dari nanas untuk menciptakan rasa yang seimbang.

5. Es lilin nanas pedas   

5 Olahan Nanas Pedas Khas Nusantara, Favorit Banget!ilustrasi es lilin pedas nanas (unsplash.com/Daniel Lloyd Blunk-Fernández)

Bukan cuma masakan utama yang bisa diolah dari nanas. Sebab jika ditelusuri lebih lanjut, sebagian besar masyarakat Indonesia juga tidak dapat dipisahkan dari es lilin. Bedanya kali ini makanan tradisional tersebut akan disulap menjadi rujak nanas yang memiliki cita rasa asam dan pedas.

Nantinya rujak nanas tersebut dapat dimasukkan ke dalam plastik atau cetakan. Kemudian dibekukan dalam freezer, dan bisa dinikmati sebagai es lilin andalan yang cocok untuk suasana siang yang terik.

Mengolah nanas menjadi masakan pedas ternyata tidak selalu harus berkiblat pada olahan di luar negeri. Sebab jika ditelaah lagi, terdapat aneka macam olahan nanas dengan cita rasa khas Nusantara, seperti lima olahan di atas.

Baca Juga: 10 Tips Membuat Selai Nanas yang Tahan Lama, Perhatikan Cara Masaknya

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya