Comscore Tracker

Resep Dessert Creamy Nanas Yoghurt yang Bikin Sejuk, Hanya 4 Bahan!

Cocok dinikmati saat cuaca sedang panas terik, lho

Mendengar kata dessert, biasanya pikiran kita sudah melambung tinggi pada macam-macam olahan yang dibuat dengan bahan super ribet dan proses pemasakan yang memakan waktu hingga berjam-jam.

Padahal, bila dicari lebih jauh ternyata banyak macam-macam dessert yang bisa dibuat dalam waktu singkat, disertai bahan yang mudah diperoleh. Salah satunya adalah nanas krim.

Hidangan tersebut hanya memerlukan sekitar empat bahan utama untuk bisa dinikmati sebagai sajian yang manis dan lumer di mulut. Nah, agar bisa membuat santapan tersebut, simak dulu tahapan-tahapan yang perlu dilakukan pada resep ini, yuk!

1. Bahan yang digunakan

Resep Dessert Creamy Nanas Yoghurt yang Bikin Sejuk, Hanya 4 Bahan!ilustrasi bahan-bahan (pexels.com/Monserrat Soldú)
  • 1 buah nanas berukuran sedang
  • 2 cangkir whipping cream yang sudah dikocok mengembang
  • 1 cangkir yoghurt tanpa rasa
  • Pemanis, seperti gula, madu, atau sirup

2. Proses pemotongan nanas

Resep Dessert Creamy Nanas Yoghurt yang Bikin Sejuk, Hanya 4 Bahan!ilustrasi nanas potong (pexels.com/Karolina Grabowska)

Untuk bisa membuat dessert yang maksimal, sebelumnya perhatikan terlebih dahulu potongan nanas yang hendak digunakan dalam makanan ini. Baiknya bagi dua nanas tersebut supaya bisa diolah dengan cara berbeda.

Satu bagian nanas bisa dihaluskan, sedangkan nanas yang lain dapat dipotong menjadi ukuran kecil-kecil. Dengan begini, tekstur dari penganan pun akan terasa lebih berwarna walaupun hanya menggunakan satu macam buah saja.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Selai Nanas untuk Isian Kue Kering, Lebih Yummy!

3. Buat adonan krim

Resep Dessert Creamy Nanas Yoghurt yang Bikin Sejuk, Hanya 4 Bahan!ilustrasi adonan krim (pexels.com/Katerina Holmes)

Setelah buah dipotong-potong, selanjutnya buat adonan krim dengan mencampurkan whipping cream yang sudah dikocok mengembang sebelumnya, bersama dengan yoghurt tanpa rasa. Masukkan juga pemanis sedikit demi sedikit, agar mencapai tingkat kemanisan yang pas untuk dessert tersebut.

Sebagian adonan krim bisa dipisahkan dan dicampur bersama nanas yang sudah dihaluskan, agar rasanya kian sedap.

4. Campurkan seluruh bahan

Resep Dessert Creamy Nanas Yoghurt yang Bikin Sejuk, Hanya 4 Bahan!ilustrasi olahan dessert nanas 4 bahan (unsplash.com/Nicole Winchel Brayton)

Bila seluruh adonan sudah siap, maka tinggal susun hidangan tersebut di dalam wadah mulai dari potongan nanas kemudian lapisi menggunakan adonan krim. Timpa lagi menggunakan nanas potong, lalu lapisi kembali pakai krim bercampur nanas, dan begitu seterusnya hingga adonan tersebut habis.

5. Trik dalam memilih bahan yang baik

Resep Dessert Creamy Nanas Yoghurt yang Bikin Sejuk, Hanya 4 Bahan!ilustrasi olahan dessert nanas (pexels.com/Yuliia Bas)

Seperti diketahui, sebagian bahan yang digunakan di dalam proses pembuatan hidangan ini cenderung memiliki kandungan rasa masam. Maka dari itu, untuk menemukan rasa yang lebih pas, kamu dapat menentukan seberapa besar kadar manis dan asam yang diinginkan.

Caranya, bila ingin lebih manis kamu bisa menggunakan nanas madu, kemudian gunakan pemanis yang lebih banyak. Sedangkan bila kamu masih ingin menyisakan rasa masam yang kuat di dalam penganan, maka kamu dapat mengurangi pemakaian gula atau sirup yang dipakai, agar rasa asam bisa mendominasi hidangan ini.

 

Siapa bilang untuk membuat dessert memerlukan waktu yang lama dan memakan bahan-bahan yang banyak? Dengan memperhatikan beberapa sajian yang saat ini tengah naik daun di internet, kamu bisa membuat penganan sedap hanya dengan empat bahan saja, seperti olahan ini.

Baca Juga: Resep Nanas Panggang dengan Saus Madu, Dessert Manis yang Segar!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya