Comscore Tracker

Resep Donat Oatmeal, Camilan Sehat yang Cuma Pakai 3 Bahan

Gak perlu pakai tepung terigu

Oatmeal menjadi salah satu alternatif sumber karbohidrat dengan manfaat baik bagi tubuh. Cara mengolahnya pun bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dimasak menjadi donat panggang.

Camilan ini dapat dijadikan inspirasi kudapan atau menu sarapan yang mengenyangkan. Donat oatmeal Cocok dinikmati dengan atau tanpa tambahan pendamping apa pun.

Untuk membuat donat oatmeal tersebut, simak cara pembuatannya di bawah ini. Gak perlu takut, rasa dan teksturnya tetap nikmat, kok.

1. Bahan membuat donat oatmeal

Resep Donat Oatmeal, Camilan Sehat yang Cuma Pakai 3 Bahanilustrasi oatmeal (pixabay.com/Angelica Vaihel)

Bahan-bahan:

  • 120 gram oat
  • 1 cup yoghurt plain
  • 1/4 sdm baking powder
  • garam secukupnya

2. Buat adonan tepung oatmeal

Resep Donat Oatmeal, Camilan Sehat yang Cuma Pakai 3 Bahanilustrasi tepung oatmeal (pixabay.com/Bruno /Germany)

Tahap pertama pembuatan donat oat ini adalah dengan mengolah oatmeal sampai halus. Ini dilakukan karena oat akan dijadikan pengganti tepung terigu yang biasa digunakan dalam proses membuat donat biasa.

Caranya, siapkan blender atau food processor. Masukkan oatmeal secara bertahap dan haluskan. Kamu bisa melakukan ini selama beberapa kali sampai oatmeal benar-benar halus, mirip tepung terigu.

3. Campur tepung oat dan yogurt

Resep Donat Oatmeal, Camilan Sehat yang Cuma Pakai 3 Bahanilustrasi adonan donat oatmeal (pixabay.com/Andreas Lischka)

Jika tepung dari oatmeal sudah siap, pindahkan tepung tersebut ke dalam wadah yang lebih besar dan masukkan baking powder dengan sejumput garam biar lebih enak. Kemudian, aduk sampai tercampur rata.

Setelah itu, tambahkan yoghurt sedikit demi sedikit sambil diaduk. Pastikan adonan menjadi halus. Jika adonan terasa lengket, masukkan lagi tepung yang terbuat dari oatmeal hingga jadi lebih empuk dan gak lengket.

Baca Juga: Resep Donat Red Velvet dengan Glaze Cream Cheese, Manis!

4. Bentuk adonan menjadi bulat

Resep Donat Oatmeal, Camilan Sehat yang Cuma Pakai 3 Bahanilustrasi adonan donat oatmeal (pixabay.com/ha11ok)

Bila adonan sudah mencapai tekstur yang pas, tahap berikutnya yang perlu dilakukan adalah membentuk donat menjadi bulat-bulat dan lubangi bagian tengah donat tersebut. Kemudian, letakkan di atas loyang beralaskan kertas roti.

Kalau ingin tampilannya semakin menarik, kamu bisa mengoleskan putih telur atau air putih ke permukaan donat. Kemudian, tambahkan topping dari biji-bijian yang lebih sehat biar menempel dengan baik.

5. Panggang dan sajikan donat oatmeal

Resep Donat Oatmeal, Camilan Sehat yang Cuma Pakai 3 Bahanilustrasi donat oatmeal (pixabay.com/Larry White)

Siapkan oven dan panaskan dengan suhu sekitar 160-180 derajat Celsius. Masukkan loyang berisikan adonan donat, lalu panggang sekitar 30 menit hingga donat kecokelatan.

Bila sudah berubah warna, keluarkan donat dari panggangan dan biarkan sampai panasnya berkurang. Jika sudah agak dingin, kamu bisa menyantap donat tersebut. Kamu juga bisa menyimpan sisanya untuk dijadikan frozen.

Donat ternyata dapat dibuat dengan bermodalkan tiga bahan sederhana yang menyehatkan. Proses pembuatan donat oatmeal ini sama sekali tidak melibatkan banyak minyak dan tahap penggorengan. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 9 Tips Membuat Donat Kentang ala Devina MCI, Dijamin Lembut!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya