Comscore Tracker

Resep Kukis Cokelat Chewy Tanpa Tepung dan Mentega, Simpel!

Cuma butuh lima bahan saja, lho

Gak punya tepung atau mentega, tetapi ingin membuat camilan berupa kukis chewy dari cokelat? Ternyat bisa, lho. Bahkan, bahan-bahan yang digunakan cenderung simpel dan tidak lebih dari lima komponen utama.

Buat kamu yang penasaran bagaimana cara membuat kukis chewy dengan cita rasa cokelat tersebut, simak tahapan berikut ini sampai tuntas biar camilan bisa segera dieksekusi!

1. Bahan-bahan

Resep Kukis Cokelat Chewy Tanpa Tepung dan Mentega, Simpel!ilustrasi telur dan gula halus (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Bahan pembuatan kukis:

  • 40 gram bubuk cokelat
  • 175 gram gula bubuk
  • 2-3 butir putih telur
  • Garam secukupnya
  • Vanilla (opsional)

2. Siapkan bahan-bahan kering

Resep Kukis Cokelat Chewy Tanpa Tepung dan Mentega, Simpel!ilustrasi adonan kue cokelat (pexels.com/Christian Naccarato)

Pada proses pembuatan kukis dengan bahan-bahan sederhana ini, kamu bisa menggunakan campuran dari gula bubuk, bubuk cokelat, dan sejumput garam. Kemudian aduk-aduk adonan sampai rata.

Bila tersedia, kamu dapat pula menggunakan tambahan dari vanilla untuk menghasilkan kukis yang wangi. Komponen tersebut bisa berbentuk bubuk, agar lebih gampang untuk disatukan ke dalam adonan.

Baca Juga: Resep Kukis Cokelat dari Pinggiran Roti, Teksturnya Mirip Kue!

3. Campurkan putih telur

Resep Kukis Cokelat Chewy Tanpa Tepung dan Mentega, Simpel!ilustrasi adonan kue cokelat (pexels.com/Andres Ayrton)

Berikutnya pecahkan telur dan pisahkan bagian kuning dan sisakan bagian putihnya saja. Masukkan satu per satu putih telur sambil diaduk menggunakan whisk secara merata, bisa dua atau tiga tergantung ukuran.

Tekstur dari adonan ini perlu dibuat menjadi lengket dan agak padat, bila sekiranya adonan tersebut terasa cair, maka masukkan kembali beberapa sendok bubuk cokelat untuk membuat adonan jadi lebih kental.

4. Masak adonan

Resep Kukis Cokelat Chewy Tanpa Tepung dan Mentega, Simpel!ilustrasi adonan kue cokelat dalam loyang (pexels.com/Canto Photography)

Di tempat lain, jangan lupa untuk menyiapkan loyang lalu alasi menggunakan kertas roti agar kudapan tidak lengket. Kemudian ambil adonan pakai scoop dan letakkan secara berjarak di dalam loyang tersebut.

Setelah itu panggang kukis cokelat dengan suhu sekitar 150 atau 160 derajat celcius, selama kurang lebih 15 sampai 20 menit. Jangan lupa lakukan juga pengecekan untuk memperhatikan kukis matang dengan baik.

5. Sajikan kue untuk ngemil

Resep Kukis Cokelat Chewy Tanpa Tepung dan Mentega, Simpel!ilustrasi kue kering cokelat sederhana (freepik.com/Tatiana Goskova)

Salah satu ciri bahwa kue sudah matang adalah ukuran kukis yang telah mengembang. Bila sudah set, kamu dapat mengeluarkan adonan tersebut dari dalam oven, lalu biarkan di suhu ruang selama beberapa waktu.

Kalau suhunya sudah agak sejuk, maka kukis rasa cokelat ini siap dinikmati sebagai ide camilan untuk dimakan bareng kopi, teh, atau susu. Belum lagi tekstur kue yang cenderung chewy, bikin kamu terpesona, deh.

Buat kamu yang kebetulan ingin ngemil dengan bahan-bahan seadanya, makanan ini cocok dijadikan ide pengganjal lapar yang manis dan menggoda, terutama kalau dikonsumsi bareng minuman favorit.

Yuk, buat!

Baca Juga: Resep Brownie Cookies, Kreasi Kukis Lezat buat Pencinta Cokelat

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya