Comscore Tracker

Resep Kukis Kental Manis, Camilan Hemat Bahan untuk Akhir Bulan

Cuma dibuat dari tiga bahan utama, lho

Kukis menjadi salah satu camilan favorit dengan sensasi manis dan renyah. Camilan tersebut selalu cocok untuk dijadikan teman bersantai bareng teh atau kopi.

Namun, sebelum melangkah jauh ke berbagai olahan kue kering super rumit, ternyata ada kudapan serupa yang dibuat menggunakan bahan-bahan irit. Cuma bermodalkan susu kental manis, kamu sudah bisa membuat kukis yang enak.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Kukis Kental Manis, Camilan Hemat Bahan untuk Akhir Bulanilustrasi resep kukis kental manis (pixabay.com/Alexander Fox | PlaNet Fox)

Bahan utama:

  • 150 gram tepung serbaguna
  • 60 gram kental manis
  • 110 gram mentega atau margarin

Bahan pelengkap:

  • selai cokelat atau sprinkle, secukupnya

2. Campur tepung terigu dengan mentega

Resep Kukis Kental Manis, Camilan Hemat Bahan untuk Akhir Bulanilustrasi resep kukis kental manis (pixabay.com/congerdesign)

Untuk membuat kukis yang satu ini, kamu bisa mencampurkan tepung serbaguna bersama kental manis dan mentega. Pastikan mentega agak sedikit dingin, tetapi bukan dalam kondisi beku.

Setelah itu, uleni bahan-bahan tersebut sampai kalis. Apabila adonan kukis dirasa terlalu lembut, kamu dapat memasukkan adonan ini ke dalam kulkas sebentar saja.

3. Bentuk kukis sesuai selera

Resep Kukis Kental Manis, Camilan Hemat Bahan untuk Akhir Bulanilustrasi resep kukis kental manis (pixabay.com/Myléne)

Bila adonan kukis sudah mencapai tekstur yang sesuai, keluarkan dari kulkas. Kemudian, bentuk adonan sesuai selera biar tambah menarik.

Kalau ingin gampang, kamu tinggal gilas adonan kukis hingga mencapai ketebalan yang pas. Jika sudah, potong-potong menggunakan cetakan dengan aneka bentuk unik. Sisihkan adonan yang sudah dibentuk ke dalam loyang.

Baca Juga: Resep Kue Semprit Selai Stroberi, Kue Kering Khas Lebaran

4. Panggang adonan hingga matang

Resep Kukis Kental Manis, Camilan Hemat Bahan untuk Akhir Bulanilustrasi resep kukis kental manis (pixabay.com/flockine)

Siapkan loyang yang sudah dialasi memakai kertas roti atau diolesi mentega. Kemudian, taruh adonan kukis secara berjarak di atasnya.

Masukkan ke dalam panggangan dengan suhu sekitar 150-160 derajat Celsius. Bila sudah berubah warna keemasan, keluarkan kue dari oven dan tunggu sampai agak dingin.

5. Sajikan atau simpan kukis di stoples

Resep Kukis Kental Manis, Camilan Hemat Bahan untuk Akhir Bulanilustrasi resep kukis kental manis (pixabay.com/congerdesign)

Kalau kue kering tersebut sudah dalam kondisi sejuk, kamu bisa memindahkannya ke dalam stoples. Namun, kukis buatanmu juga bisa dikreasikan terlebih dahulu memakai cokelat maupun sprinkle warna-warni.

Tekstur kue kering ini cenderung agak buttery dan lumer di mulut. Sementara penggunaan kental manis bukan saja memberi rasa legit pada makanan, tetapi sukses bikin aroma kukis kian sedap.

Menikmati camilan enak dan manis ternyata bisa dibuat dengan bahan-bahan ekonomis. Cocok untuk dinikmati ketika akhir bulan, terutama kalau kamu cuma punya stok susu kental manis, tinggal dibikin jadi kukis, deh.

Baca Juga: Resep Kue Satru Khas Rembang, Kue Kering yang Manis dan Lezat

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya