Comscore Tracker

Resep Melon Milk Tea Rumahan yang Bikin Segar

Cara membuatnya gampang ditiru, lho!

Melon milk tea adalah kreasi minuman yang cocok untuk menuntaskan dahaga sekaligus bikin suasana panas terik lebih sejuk. Minuman ini bisa dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan simpel dan cocok untuk kamu atau anak-anak sekalipun.

Dilansir My Vegan Minimalist, berikut ini adalah resep membuat melon milk tea yang enak, manis, dan aromatik. Jangan sampai gak mencoba!

1. Siapkan bahan-bahan

Resep Melon Milk Tea Rumahan yang Bikin Segarilustrasi buah melon potong (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Bahan-bahan:

  • 1 kantong teh
  • ½ cangkir boba siap pakai
  • ½ melon matang
  • 1 cangkir susu
  • 1,5 sdm gula pasir
  • 1 sdt matcha bubuk
  • 1 genggam es batu

2. Seduh teh

Resep Melon Milk Tea Rumahan yang Bikin Segarilustrasi kantong teh (pixabay.com/congerdesign)

Langkah pertama, siapkan satu kantong teh dan seduh di dalam 235 ml air panas. Tunggu sampai teh larut dan bercampur dengan air secara maksimal, kurang lebih selama lima menit. Setelah itu angkat kantong teh dari wadah, sisihkan.

Kamu bisa menggunakan beragam jenis teh dengan aneka rasa. Boleh memakai teh hitam atau teh dengan rasa tertentu. Ini akan memberi rasa tambahan pada minuman, apalagi kalau yang digunakan adalah teh rasa buah.

Baca Juga: 5 Fakta Golden Milk, Minuman Khas India yang Kaya Manfaat

3. Rebus boba sampai matang dan beri gula

Resep Melon Milk Tea Rumahan yang Bikin Segarilustrasi panci di atas kompor (unsplash.com/Michal Balog)

Tahap berikutnya, siapkan panci berukuran sedang lalu isi menggunakan air. Rebus di atas api sedang selama beberapa saat kemudian masukkan boba siap pakai ke dalamnya. Masak selama kurang lebih lima atau enam menit.

Setelah boba mengembang dan chewy, maka api sudah bisa dimatikan. Saring boba dari air rebusan dan pindahkan ke mangkuk bersih. Berikutnya, masukkan gula pasir ke dalam wadah berisikan boba sambil diaduk secara merata.

4. Haluskan melon dan susu di dalam blender

Resep Melon Milk Tea Rumahan yang Bikin Segarilustrasi blender (pexels.com/cottonbro)

Berikutnya, siapkan blender untuk menghaluskan sisa bahan yang ada. Kupas terlebih dahulu melon yang sudah matang, kemudian potong kotak-kotak kecil agar lebih mudah hancur. Masukkan ke dalam blender.

Tambahkan susu cair, boleh menggunakan UHT, susu almon, atau jenis susu lainnya. Berikut dengan bubuk matcha dan es batu untuk menambah sensasi rasa dingin sekaligus warna yang lebih cantik. Tutup blender dan nyalakan mesin. 

5. Susun semua bahan di dalam gelas dan sajikan

Resep Melon Milk Tea Rumahan yang Bikin Segarilustrasi melon milk tea (pexels.com/Charlotte May)

Setelah semua bahan-bahan siap, tinggal susun di dalam gelas kaca. Mulai dari boba yang sudah direbus dan diberi gula sebelumnya, kamudian tambahkan es batu ekstra bila suka, serta teh yang sudah didinginkan sebelumnya.

Terakhir, tambahkan adonan susu dan melon yang sudah dihaluskan. Cicipi terlebih dahulu, bila kurang manis bisa ditambah gula atau sirop agar makin sedap. Dengan begitu, melon milk tea siap dinikmati.

Minuman ini sangat cocok disajikan sebagai pelengkap makan siang atau sekadar teman bersantai. Sensasi manis dan wanginya melon serta matcha bisa membuat kamu terpikat untuk mencicipinya lagi.

Baca Juga: Cuma 3 Bahan, Resep Milk Tea ala Hong Kong yang Menyegarkan 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya