Resep Milk Toast untuk Ide Sarapan Cepat yang Bikin Kenyang

Cuma butuh 4 bahan saja, nih!

Toast alias roti panggang adalah makanan simple yang cocok dijadikan menu sarapan. Olahan ini memiliki kombinasi tekstur yang garing di luar dan lembut pada bagian dalam, cocok dinikmati bersama tambahan madu dan potongan buah segar.

Selain membuat French toast klasik, kamu juga bisa mengolah roti panggang memakai 4 bahan utama yang dikenal dengan sebutan milk toast. Yuk, simak resep milk toast di sini!

1. Siapkan bahan utama

Resep Milk Toast untuk Ide Sarapan Cepat yang Bikin Kenyangilustrasi roti tawar (unsplash.com/Charles Chen)

Bahan-bahan:

  • 2 lembar roti tawar
  • 100 ml susu cair
  • Mentega secukupnya
  • Gula pasir secukupnya (opsional)

2. Siapkan roti

Resep Milk Toast untuk Ide Sarapan Cepat yang Bikin Kenyangilustrasi roti tawar (unsplash.com/Sincerely Media)

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam proses pembuatan milk toast ini dilakukan dengan mempersiapkan roti. Kamu dapat menggunakan 2 lembar roti tawar atau brioche yang dipotong tebal supaya lebih kenyang.

Khusus untuk roti tawar, kamu perlu mengolesi satu sisi roti menggunakan mentega. Bila ingin rasanya semakin manis, taburkan gula secukupnya dan ratakan. Tutup memakai 1 lembar roti tersisa dan tekan-tekan hingga menempel dengan baik.

Baca Juga: Resep Membuat Roti Boy Toast, Cuma Manfaatin Sisa Roti Tawar 

3. Masak roti bersama susu

Resep Milk Toast untuk Ide Sarapan Cepat yang Bikin Kenyangilustrasi adonan susu (pexels.com/cottonbro)

Langkah selanjutnya adalah siapkan wajan datar atau teflon anti lengket. Kemudian masukkan roti yang sudah dipersiapkan sebelumnya ke dalam alat masak tersebut. Setelah itu, tambahkan susu ke dalamnya dan biarkan sampai caira menyerap ke dalam roti selama beberapa saat.

Jika sebagian susu telah menyerap ke dalam roti, segera nyalakan kompor untuk memasak bahan baku tersebut. Berikutnya, masukkan mentega ke dalam wajan dan aduk-aduk sedikit supaya bercampur dengan susu.

4. Masak dengan api kecil

Resep Milk Toast untuk Ide Sarapan Cepat yang Bikin Kenyangilustrasi roti panggang (pixabay.com/tookapic)

Proses memasak hidangan ini perlu dilakukan menggunakan api kecil. Tunggu selama beberapa saat hingga mentega dan susu benar-benar menyerap ke dalam roti tawar biar teksturnya pun lebih nikmat.

Jika satu sisi sudah berubah kecokelatan, maka kamu bisa segera membalik roti memakai bantuan spatula lebar supaya lebih mudah. Masak kembali sisi lainnya sampai warnanya berubah menjadi cokelat keemasan. 

5. Sajikan selagi hangat

Resep Milk Toast untuk Ide Sarapan Cepat yang Bikin Kenyangilustrasi milk toast (pixabay.com/nahamachi)

Terakhir, angkat roti dari wajan dan letakkan di piring saji. Untuk rasa yang lebih nikmat, kamu bisa menambahkan beragam topping dan saus biar semakin yummy. Olahan ini juga paling enak ketika disantap selagi hangat.

Tekstur milk toast mirip dengan French toast yang lembut, manis, dan bikin kenyang. Hidangan simple ini cocok sekali dijadikan inspirasi menu sarapan praktis karena bisa dibuat menggunakan sedikit bahan dan memakan waktu masak yang singkat.

Selain menu sarapan, milk toast dapat dinikmati sebagai pengganjal lapar di waktu-waktu rawan lapar. Penganan ini serasi dinikmati oleh anak-anak hingga orang dewasa tanpa memerlukan banyak komponen. Yuk, buat!

Baca Juga: 5 Serba-serbi Kaya Toast, Sarapan Tradisional Khas Singapura

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya