Comscore Tracker

Resep Minuman Cokelat Panas Selai Kacang, Teman di Cuaca Berangin

Minuman bisa dibuat dengan takaran sendok

Punya selai kacang di rumah tapi bosan kalau cuma dijadikan pelengkap roti saat sarapan? Ini waktunya kamu membongkar dapur untuk membuat minuman enak yang pas sekali dinikmati saat cuaca sedang berangin ataupun hujan.

Resepnya bisa dibuat dengan takaran sendok dan dapat dinikmati segera karena proses memasaknya sangat singkat. Yuk, simak cara membuat cokelat panas selai kacang ini.

1. Bahan-bahan

Resep Minuman Cokelat Panas Selai Kacang, Teman di Cuaca Beranginilustrasi selai kacang (unsplash.com/Olia Nayda)

Bahan-bahan cokelat panas selai kacang:

  • Susu cair secukupnya
  • 1 sendok makan bubuk cokelat
  • 1 sendok makan selai kacang
  • 2 sendok makan gula
  • 1 sendok makan air

2. Panaskan sebagian bahan

Resep Minuman Cokelat Panas Selai Kacang, Teman di Cuaca Beranginilustrasi panci di atas kompor (unsplash.com/Michal Balog)

Pada proses pembuatan minuman cokelat panas selai kacang ini, beberapa bahan yang sudah dipersiapkan perlu dimasak untuk melarutkan teksturnya agar lebih gampang ketika dicampur di dalam gelas.

Nyalakan kompor dengan api sedang kecil, kemudian siapkan wajan anti lengket atau panci. Masukkan gula pasir, bubuk cokelat, dan kurang lebih satu sendok makan air untuk melarutkan bahan-bahan bubuk tersebut.

Baca Juga: Resep Pie Biskuit Selai Kacang, Teman Santai di Sore Hari

3. Masak hingga larut

Resep Minuman Cokelat Panas Selai Kacang, Teman di Cuaca Beranginilustrasi proses memasak bahan-bahan di dalam panci (unsplash.com/Florencia Viadana)

Jika gula pasir, bubuk coklat, dan air sudah masuk ke dalam wajan atau panci maka jangan lupa untuk terus diaduk biar gula cepat larut serta adonan tidak kering, mengingat jumlah bahan yang dipakai adalah hitungan sendok.

Tips jika ingin membuat minuman cokelat panas selai kacang dalam jumlah banyak, kamu tinggal mengalikan porsi yang diinginkan beserta resep sebelumnya. Jadi, kamu gak perlu memasak adonan berulang kali.

4. Tambahkan susu dan selai kacang

Resep Minuman Cokelat Panas Selai Kacang, Teman di Cuaca Beranginilustrasi memasak susu (unsplash.com/Mateusz D)

Lantaran minuman ini akan disajikan dalam kondisi panas, maka setelah bahan-bahan sebelumnya dilarutkan, tahap berikutnya adalah memasukkan susu cair ke dalam panci atau wajan tersebut disusul bersama satu sendok selai kacang.

Aduk-aduk kembali sampai selai kacang larut dalam adonan bersama bahan-bahan sebelumnya. Minuman pun sudah bisa diangkat dari kompor setelah susunya mulai agak mengeluarkan asap.

5. Sajikan bersama aneka topping

Resep Minuman Cokelat Panas Selai Kacang, Teman di Cuaca Beranginilustrasi coklat panas selai kacang (unsplash.com/Phil Hearing)

Setelah adonan cokelat panas selai kacang disisihkan dari kompor, tinggal tuang ke gelas dan nikmati. Boleh juga dimaksimalkan menggunakan tambahan saus manis seperti saus cokelat atau kacang biar tambah cantik.

Selain itu, kamu dapat menyemprotkan whipping cream di atasnya sebagai pelengkap minuman yang bikin penampilan sajian tersebut terasa menarik dan juga sedap.

Bikin minuman enak ternyata bisa dilakukan dengan mudah, salah satu contohnya ada pada proses pembuatan cokelat panas selai kacang ini. Selain gampang dibikin minuman pun cocok untuk membuat tubuh terasa hangat.

Baca Juga: Resep Cokelat Isi Selai Manis, Camilan Lezat Favorit Semua Orang!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya