Resep Membuat Pisang Karamel dengan 4 Bahan, Cuma 10 Menit!

Cocok buat stok camilan di rumah, nih

Bikin camilan dari pisang bukan cuma digoreng tepung atau diolah jadi kue. Ada hidangan simpel yang lebih singkat dimasak dan membutuhkan empat bahan utama saja, yakni pisang karamel. Teksturnya lembut dan manis, paling pas dimakan saat masih hangat.

Dilansir Food with Feeling, begini cara mudah membuat pisang karamel yang membutuhkan waktu 10 menit pembuatan. Keep scrolling!

1. Siapkan bahan-bahan

Resep Membuat Pisang Karamel dengan 4 Bahan, Cuma 10 Menit!ilustrasi pisang (pexels.com/SHVETS production)

Bahan-bahan:

  • 4 buah pisang
  • 4 sdm mentega atau margarin
  • 4 sdm brown sugar
  • Kayu manis bubuk secukupnya

2. Potong pisang sesuai selera

Resep Membuat Pisang Karamel dengan 4 Bahan, Cuma 10 Menit!ilustrasi memotong pisang (pexels.com/Marcus Aurelius)

Pertama-tama, siapkan pisang untuk dikupas dan dipotong. Pilih pisang yang kulitnya sudah menguning dengan sedikit warna kehijauan karena meskipun sudah matang, tapi bentuknya akan tetap kokoh dan tidak lembek saat dimasak.

Pisang tersebut bisa dipotong serupa bentuk kepingan koin, tapi dapat pula dipotong dengan bentuk serong untuk mendapatkan ukuran yang lebih panjang. Kalau sudah, sisihkan terlebih dahulu.

Baca Juga: Resep Pisang Crispy Kuah Susu, Olahan Pisang yang Gak Biasa

3. Masak pisang bersama mentega

Resep Membuat Pisang Karamel dengan 4 Bahan, Cuma 10 Menit!ilustrasi mentega leleh (pixabay.com/Jeroen)

Berikutnya siapkan wajan dan masukkan mentega atau margarin di atasnya. Nyalakan kompor dengan api sedang lalu tunggu sampai meleleh. Fungsi bahan ini untuk memberi wangi dan sensasi rasa gurih daripada memakai minyak goreng.

Setelah mentega atau margarin mulai mencair, masukkan pisang ke dalamnya. Pastikan pisang tidak bertumpuk supaya matangnya merata. Jika kelebihan, tinggal bagi menjadi dua atau tiga kali sesi memasak.

4. Tambahkan brown sugar dan kayu manis

Resep Membuat Pisang Karamel dengan 4 Bahan, Cuma 10 Menit!ilustrasi memanggang pisang (pexels.com/Caio)

Ketika pisang sudah berada di atas wajan, taburi dengan brown sugar dan bubuk kayu manis secara merata ke seluruh permukaannya. Jika kedua bahan tadi sudah mencair, aduk perlahan biar tidak gosong.

Proses memasak pisang bisa berlangsung selama 4 menit di satu sisi dan 4 menit lagi di sisi sebaliknya. Namun, dapat pula berbeda tergantung jenis wajan dan besaran pisang yang dipakai. Pastikan bahwa kamu selalu mengeceknya, agar tidak gosong.

5. Sajikan selagi hangat

Resep Membuat Pisang Karamel dengan 4 Bahan, Cuma 10 Menit!ilustrasi pisang karamel (pixabay.com/Aline Ponce)

Jika pisang sudah terlapisi karamel dengan baik, maka api kompor dapat segera dimatikan. Pindahkan potongan pisang berbalut karamel dan bubuk kayu manis tersebut ke dalam piring lalu sajikan selagi masih hangat.

Kamu bisa menikmati makanan ini bersama es krim, roti, waffle, dan menu pendamping lainnya. Sensasi manis dan kelembutan pisang karamel ini bisa memikat siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Bikin camilan dari pisang gak melulu digoreng pakai tepung. Sebab hanya dengan lapisan karamel pun makanan ini sudah mampu memberikan sensasi rasa terbaiknya, apalagi kalau kamu merupakan pencinta hidangan manis. Harum kayu manis dan brown sugar yang bersatu akan membuat makanan lebih menggugah selera. Yuk, langsung coba buat!

Baca Juga: 5 Resep Puding Karamel, Camilan Lezat dan Mewah ala Restoran

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya