Comscore Tracker

Resep Salted Caramel Fudge, Pencinta Manis Wajib Coba!

Cuma butuh 4 bahan saja, lho

Sebagai pencinta manis, tidak mengherankan jika kita inginnya mengonsumsi sesuatu yang berasal dari gula ataupun cokelat. Maka dari itu, kamu bisa membuat sendiri camilan ringan, salah satunya salted caramel fudge.

Seperti namanya, bukan cuma kandungan manis yang terdapat di dalam hidangan tersebut. Ada sensasi asin dari salted caramel, sehingga membuat olahan tersebut terasa semakin spesial.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Salted Caramel Fudge, Pencinta Manis Wajib Coba!ilustrasi bahan-bahan (pixabay.com/Markus Spiske)

Bahan-bahan:

  • 195 gram kental manis
  • 110 gram brown sugar
  • 100 gram cokelat putih
  • ±65 gram mentega atau margarin

2. Masak bahan sampai tercampur rata

Resep Salted Caramel Fudge, Pencinta Manis Wajib Coba!resep salted caramel fudge (pexels.com/Gagan Cambow)

Untuk bisa membuat salted caramel fudge ini, bahan-bahan yang sudah dipersiapkan, seperti brown sugar, kental manis, dan mentega, bisa dimasak dalam panci antilengket. Pastikan sampai larut dan tercampur secara merata.

Coba cicipi sedikit, bila kurang manis, kamu bisa menambahkan perasa dari sirup tertentu, seperti maple atau sirup emas. Terus aduk adonan sampai warnanya berubah menjadi agak keemasan.

3. Siapkan cokelat putih

Resep Salted Caramel Fudge, Pencinta Manis Wajib Coba!resep salted caramel fudge (pexels.com/Anete Lusina)

Cokelat putih tidak akan ikut dimasak, tetapi bahan ini perlu disiapkan juga dengan cara dipotong menjadi lebih kecil. Jika bahan sempat disimpan dalam kulkas, biar gampang sebelum dieksekusi, baiknya keluarkan cokelat dan diamkan beberapa saat di suhu ruang.

Cokelat putih yang diiris akan memudahkan percampuran antara komponen ini dengan bahan yang sudah dilarutkan dalam panci antilengket sebelumnya. Nantinya cokelat bisa turut tercampur merata.

Baca Juga: 5 Ragam Dessert Fudge Brownies yang Rasanya Lumer dan Menggigit 

4. Campurkan seluruh bahan ke dalam wadah

Resep Salted Caramel Fudge, Pencinta Manis Wajib Coba!resep salted caramel fudge (pixabay.com/Kateryna)

Bila seluruh komponen sudah hampir jadi, jangan lupa siapkan cetakan dan lapisi menggunakan kertas roti. Ini dilakukan biar nantinya adonan salted caramel fudge lebih gampang dikeluarkan dari cetakan.

Setelah itu, di tempat lain, segera campurkan adonan kental manis bersama cokelat putih. Aduk-aduk secara cepat biar cokelat dapat segera meleleh. Bila sudah tercampur rata, langsung masukkan ke dalam cetakan.

5. Dinginkan sebelum disajikan

Resep Salted Caramel Fudge, Pencinta Manis Wajib Coba!resep salted caramel fudge (pixabay.com/Hans Braxmeier)

Proses pengadukan dan menuang ke dalam cetakan perlu dilakukan secara cepat agar adonan tidak mudah set. Namun, hidangan ini belum bisa langsung dinikmati, karena perlu dimasukkan ke dalam kulkas biar teksturnya benar-benar pas.

Semakin lama durasi penyimpanan, maka akan membuat salted caramel fudge ini makin terbentuk dengan baik. Jadi, kamu bisa membuatnya di malam hari dan potong-potong salted caramel fudge saat siang harinya.

Salted caramel fudge menjadi salah satu makanan ringan yang cocok sekali untuk para sweet tooth. Hidangan ini cuma dibuat dengan beberapa bahan saja yang semuanya didominasi oleh komponen manis dan asin dari mentega. Yuk, kreasikan resep ini!

Baca Juga: 5 Hidangan Manis Berbahan Rempah Kunyit, Ada Brownies!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya