Comscore Tracker

Resep Selai Cokelat Crispy, Bikin Sarapan Makin Nikmat

Manis dan crunchy!

Terdapat dua tipe populer yang ada pada tekstur selai cokelat. Pertama adalah versi halus dan kedua adalah versi crispy.

Buat kamu yang senang bereksperimen dengan bahan-bahan yang ada di rumah, kamu bisa coba resep selai kacang cokelat crispy yang diadaptasi dari fullofplants.com. Selai ini dijamin bakal bikin sarapan kamu makin nikmat!

1. Bahan-bahan

Resep Selai Cokelat Crispy, Bikin Sarapan Makin Nikmatilustrasi bahan kacang dan cokelat (pexels.com/Pavel Subbotin)

Bahan-bahan selai cokelat crispy:

  • 1 cangkir kacang almond
  • 1 cangkir hazelnut
  • 1 cangkir gula pasir
  • 56–60 gram dark chocolate
  • 2 sendok makan air
  • Vanilla pod atau ekstrak vanila

2. Panggang kacang

Resep Selai Cokelat Crispy, Bikin Sarapan Makin Nikmatilustrasi proses memanggang kacang (pexels.com/cottonbro)

Pertama, pembuatan selai coklat yang crispy dilakukan dengan cara menyiapkan jenis kacang yang ingin kamu buat menjadi selai. Di sini kamu bisa menggunakan hazelnut, almond, atau boleh pula memakai kacang tanah.

Setelah itu siapkan loyang yang sudah dialasi dengan baking paper atau kertas roti. Kemudian ratakan kacang di atasnya. Berikutnya, panggang kurang lebih 18 menit sampai warna kacang tersebut berubah menjadi kecokelatan.

Baca Juga: 10 Tips Membuat Selai Nanas yang Tahan Lama, Perhatikan Cara Masaknya

3. Masak kacang bersama larutan gula

Resep Selai Cokelat Crispy, Bikin Sarapan Makin Nikmatilustrasi adonan kacang (pexels.com/Kelly)

Langkah berikutnya, kacang yang sudah dipanggang dan didinginkan perlu dimasak menggunakan larutan gula. Tinggal masukkan gula pasir dan air ke dalam wajan antilengket, kemudian panaskan hingga warnanya berubah menjadi larutan karamel.

Selama proses pemasakan tersebut, sebaiknya gula jangan dulu diaduk. Bila warnanya sudah berubah, tinggal masukkan kacang dan vanila, lalu aduk-aduk sampai merata dan seluruh kacang tertutupi dengan karamel. Kalau sudah, tinggal angkat dari kompor dan ratakan di atas permukaan yang lebar biar tidak saling menempel.

4. Haluskan adonan kacang

Resep Selai Cokelat Crispy, Bikin Sarapan Makin Nikmatilustrasi kacang dalam food processor (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Setelah kacang berlapis karamel tersebut mengeras dan dingin. Tahap berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menghancurkan permen tersebut hingga ukuran yang lebih kecil agar lebih mudah untuk dihaluskan.

Bila sudah menjadi kepingan-kepingan permen cokelat kacang, tinggal masukkan adonan tersebut ke food processor. Kemudian nyalakan mesin dan haluskan beberapa menit. Sebaiknya jangan dihancurkan sampai benar-benar halus untuk mendapatkan tekstur crispy yang pas.

5. Campurkan adonan bersama lelehan dark chocolate

Resep Selai Cokelat Crispy, Bikin Sarapan Makin Nikmatilustrasi selai cokelat crispy (freepik.com/valeria_aksakova)

Di tempat terpisah, siapkan panci berisikan air dan wadah anti panas. Kemudian lelehkan dark chocolate di atas wadah tersebut sambil diaduk sampai merata. Bila konsistensinya sudah pas, kamu bisa segera mematikan kompor.

Kalau cokelat sudah meleleh, kamu bisa memindahkan adonan tersebut dari atas kompor. Lalu tambahkan adonan kacang yang sudah dihaluskan tadi dan tinggal aduk-aduk secara merata. Berikutnya, simpan di lemari es biar lebih awet.

Membuat selai cokelat sendiri ternyata bisa dilakukan dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, seperti langkah di atas. Buat kamu yang lebih senang akan selai bertekstur, maka selai cokelat crispy ini cocok sekali untuk menemani sarapan bersama roti tawar.

Baca Juga: Resep Peanut Butter Cake yang Lembut, Pencinta Selai Kacang Wajib Coba

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya