Comscore Tracker

Resep Yogurt Custard Toast, Sarapan Mewah yang Ekonomis di Awal Bulan

Sensasi segar dan creamy-nya bikin sarapan lebih semangat

Sarapan dengan roti panggang memang sudah biasa. Namun, hal itu akan terasa spesial kalau hidangan tersebut disulap menjadi yogurt custard toast. Sajian tersebut punya rasa fresh yang mengenyangkan, karena ada toping buah yang bikin berselera.

Belum lagi bahan-bahan pembuatan yogurt custard toast yang tak memerlukan banyak komponen. Makanya gak heran kalau olahan ini disebut sebagai makanan mewah di awal bulan yang simpel.

Mau coba membuatnya di rumah? Yuk, simak cara membuatnya lewat resep berikut. Pastikan kamu selalu mengikuti step by step-nya, ya. 

1. Bahan-bahan

Resep Yogurt Custard Toast, Sarapan Mewah yang Ekonomis di Awal Bulanilustrasi roti tawar (pexels.com/Cats Coming)

Bahan-bahan:

  • Roti tawar secukupnya
  • 3 sendok makan Greek yogurt
  • 3 sendok makan sirup maple (bisa juga diganti madu)
  • 1 butir telur
  • Buah-buahan untuk topping

2. Buat adonan custard

Resep Yogurt Custard Toast, Sarapan Mewah yang Ekonomis di Awal Bulanilustrasi mengocok telur (unsplash.com/Sincerely Media)

Cara membuat adonan custard untuk roti ini dapat dilakukan dengan menyiapkan wadah besar. Lalu, masukkan yoghurt dan sirup maple atau madu. Kemudian aduk-aduk sampai kedua bahan tersebut tercampur secara merata.

Setelah itu, pecahkan satu butir telur lagi lalu masukkan ke dalam adonan yoghurt. Kocok kembali menggunakan garpu atau whisk balloon sampai rata dan teksturnya tak terlalu kental atau pun cair.

Baca Juga: Resep Prawn Toast ala Willgoz, Ide Sajian Gurih buat Sarapan Pagi!

3. Siapkan roti

Resep Yogurt Custard Toast, Sarapan Mewah yang Ekonomis di Awal Bulanilustrasi proses membuat cekungan pada roti (unsplash.com/insung yoon)

Setelah adonan custard siap, sisihkan sebentar. Kini, saatnya untuk mulai mengeksekusi rotinya. Kamu boleh menggunakan satu sampai dua lembar roti yang ditumpuk menjadi satu biar lebih tebal dan mengenyangkan.

Gunakan belakang sendok untuk menekan bagian tengah roti agar ada cekungan dalam. Bila sudah cukup cekung, masukkan adonan custard tersebut ke dalamnya. Kemudian ratakan agar tidak luber. Tambahkan buah segar.

4. Metode memasak dengan air fryer atau oven

Resep Yogurt Custard Toast, Sarapan Mewah yang Ekonomis di Awal Bulanilustrasi proses pembuatan yogurt custard toast (pexels.com/solod_sha)

Kamu perlu mematangkan adonan custard maupung memanggang roti nantinya. Supaya bisa matang sempurna, kamu dapat menggunakan oven maupun air fryer agar lebih cepat.

Siapkan air fyer atau jika menggunakan oven set di suhu 160 derajat Celsius. Masak yogurt custard toast ini antara 5-8 menit sampai matang maksimal.

5. Metode memasak dengan teflon

Resep Yogurt Custard Toast, Sarapan Mewah yang Ekonomis di Awal Bulanilustrasi memanggang roti dengan teflon (pixabay.com/tookapic)

Khusus untuk kamu yang tak memiliki air fryer atau oven, tenang saja. Kamu masih bisa memanggang roti dengan bantuan teflon.

Siapkan teflon anti lengket dan letakkan adonan yogurt custard toast di atasnya. Masak dengan api sedang-kecil dan tutup menggunakan tutup kaca. Tujuannya adalah agar lebih mudah untuk melihat tingkat kematangan dari roti tersebut.

Yogurt custard toast adalah salah satu penganan viral yang bisa dibuat dengan bahan-bahan sederhana. Cocok sekali untuk dijadikan menu sarapan mewah, tetapi irit bahan dan tentunya bikin kenyang. Yuk, langsung buat di rumah!

Baca Juga: Resep Yoghurt Cotton Cake Khas Jepang, Teksturnya Selembut Awan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya