Comscore Tracker

5 Kreasi Souffle Gurih, Hidangan Pengganjal Lapar dari Telur

Kamu lebih suka souffle versi manis atau gurih, nih?

Souffle menjadi masakan populer bertekstur lembut dengan bahan baku telur yang dipanggang dalam ramekin sampai mengembang. Makanan ini biasanya memiliki rasa manis atau gurih, tergantung topping maupun isian yang ditambahkan.

Berikut ini terdapat lima inspirasi olahan souffle gurih yang dapat dijadikan inspirasi dalam mengolah hidangan berbahan dasar telur menjadi lebih nikmat. Apa saja?

1. Spinach and gruyere souffle

5 Kreasi Souffle Gurih, Hidangan Pengganjal Lapar dari Telurilustrasi spinach and gruyere souffle (taste.com.au/Ben Dearnley)

Olahan berikut ini merupakan versi klasik dari sajian souffle yang cukup menjanjikan. Kolaborasi antara bayam bersama gruyere cheese menghasilkan adonan yang padat, lembut, dan gurih.

Bahan baku yang dipakai untuk membuat sajian ini bisa terdiri dari telur, susu, aneka perasa, bayam beku, dan keju. Taruh adonan dalam cetakan dan panggang selama beberapa saat sampai semua matang sempurna.

2. Cornmeal souffle

5 Kreasi Souffle Gurih, Hidangan Pengganjal Lapar dari Telurilustrasi cornmeal souffle (foodnetwork.com)

Cornmeal souffle adalah variasi olahan berikutnya yang memiliki sensasi sentuhan rasa roti jagung yang sedap dan menggugah selera. Hidangan ini menggunakan bahan yang hampir mirip dengan souffle biasa yakni telur, susu, dan perasa.

Namun kamu dapat menambahkan sedikit cornmeal, parmesan, serta bubuk cabai bila ingin menghasilkan rasa souffle yang gurih disertai sedikit sensasi pedas yang memanjakan lidah.

Baca Juga: 5 Camilan Snack Lezat Berbahan Makaroni, Banyak Ragamnya!

3. Three cheese souffle

5 Kreasi Souffle Gurih, Hidangan Pengganjal Lapar dari Telurilustrasi three cheese souffle (unsplash.com/Sebastian Coman Photography)

Sebagai pencinta keju, souffle pun menawarkan rasa nikmat terhadap makanan yang tidak jauh-jauh dari penggunaan tiga macam keju yang gurih dan mampu menyedapkan masakan. Tiga komponen tersebut terdiri dari gruyere, parmesan, dan cheddar.

Sementara adonan utama tidak berbeda jauh dari souffle-souffle sebelumnya.

4. Bacon souffle

5 Kreasi Souffle Gurih, Hidangan Pengganjal Lapar dari Telurilustrasi bacon souffle (pillsbury.com/Pillsbury Kitchens)

Bila ingin menikmati sensasi irisan daging dalam adonan, kamu bisa mencoba bacon souffle sebagai pengganjal lapar berikutnya. Hidangan tersebut dapat memberikan tekstur yang kaya dan rasa enak pada sajian.

Tidak cuma bacon, kamu pun bisa memasukkan irisan sosis, parmesan, hingga whipped cream supaya makin menarik.

5. Tomato souffle

5 Kreasi Souffle Gurih, Hidangan Pengganjal Lapar dari Telurilustrasi tomato souffle (unsplash.com/Lucas Oliveira)

Bahan baku lain yang bisa dimasukkan ke dalam adonan souffle untuk menciptakan rasa gurih namun tetap memiliki sensasi segar bisa dikreasikan bersama buah sayur seperti tomat.

Tomat yang dipakai pun baiknya menggunakan dua jenis, yakni tomat segar dan versi kering supaya hasil rasa menjadi lebih menggugah ketika tomato souffle tersebut keluar dari panggangan.

Souffle gurih bisa diolah sebagai salah satu hidangan menjanjikan untuk menu sarapan maupun pengganjal lapar di waktu-waktu tertentu. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Falafel, Snack Tradisional Khas Negeri Piramida

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya