Comscore Tracker

Resep Sup Ayam Krim Keju untuk Musim Hujan, Bikin Hangat!

Cara membuatnya pun sangat simpel, lho

Sup kental dan creamy saat ini sedang menjadi sorotan karena mampu memberikan pengalaman berbeda saat dicicipi. Tipe sup seperti itu lebih cocok dinikmati bersama roti supaya makin enak dan membuatmu kenyang lebih lama.

Dilansir Taste of Home, ada cara membuat sup ayam krim keju yang super creamy, gurih, dan kaya rasa. Cocok sekali jika disantap saat cuaca dingin seperti ini. Yuk, intip resepnya di bawah ini!

1. Siapkan bahan utama

Resep Sup Ayam Krim Keju untuk Musim Hujan, Bikin Hangat!ilustrasi ayam dan sayur-mayur (pixabay.com/Marianna Graf)

Bahan-bahan sup:

  • 1 butir bawang bombai ukuran kecil
  • 1 sdm mentega
  • 3 cangkir kaldu ayam
  • 3 buah wortel ukuran sedang
  • 2 buah kentang ukuran sedang
  • 2 cangkir daging ayam matang (potong dadu)
  • 2 sdm daun peterseli
  • ¼ cangkir tepung terigu
  • 1 cangkir susu
  • 1 bungkus cream cheese (8 ons)

2. Potong bawang dan sayuran

Resep Sup Ayam Krim Keju untuk Musim Hujan, Bikin Hangat!ilustrasi sayur potong (pixabay.com/congerdesign)

Pertama-tama, ambil sayuran yang sudah disiapkan dan cuci bersih. Berikutnya potong-potong wortel dengan bentuk yang tidak terlalu besar atau kecil supaya lebih cepat matang. Jangan lupa bersihkan juga bagian kulitnya.

Hal serupa juga perlu dilakukan untuk bawang bombai, kentang, serta bahan yang lain. Kupas bagian kulit sayur tersebut, kemudian potong dadu dengan ukuran sedang. Setelah itu sisihkan.

Baca Juga: Resep Sup Krim Buncis, Inspirasi Hidangan Baru untuk Keluarga

3. Tumis bawang dan masukkan kaldu serta sayuran

Resep Sup Ayam Krim Keju untuk Musim Hujan, Bikin Hangat!ilustrasi mentega leleh (pixabay.com/Jeroen)

Berikutnya, siapkan wajan atau panci berukuran besar. Lalu masukkan mentega ke dalamnya dan biarkan sampai agak meleleh, setelah itu baru masukkan potongan bawang bombai dan tumis sampai agak harum.

Masukkan kaldu ayam, potongan wortel, dan kentang. Biarkan sampai airnya mendidih. Waktu yang diperlukan sekitar 15 menit atau dapat disesuaikan dengan tingkat kematangan sayur yang kamu inginkan.

4. Masukkan ayam dan bumbu

Resep Sup Ayam Krim Keju untuk Musim Hujan, Bikin Hangat!ilustrasi sup ayam krim keju (pexels.com/makafood)

Supaya hidangan terasa nikmat, jangan lupa untuk membumbui adonan memakai daun peterseli, lada, dan garam. Kemudian masukkan juga daging ayam matang yang sudah dipotong dadu ke dalam panci tersebut.

Untuk memaksimalkan sajian, lakukan koreksi rasa. Setelah itu, di wadah terpisah campurkan susu dan tepung sambil diaduk rata supaya tidak ada bagian yang masih menggumpal. Kemudian masukkan larutan sedikit demi sedikit ke dalam panci.

5. Masukkan cream cheese dan masak hingga matang

Resep Sup Ayam Krim Keju untuk Musim Hujan, Bikin Hangat!ilustrasi sup ayam krim keju (pixabay.com/Christo Anestev)

Biarkan sampai adonan benar-benar mendidih dan aduk merata selama kurang lebih 2 menit hingga teksturnya berubah menjadi kental. Kecilkan api kompor, lalu masukkan cream cheese sembari diaduk hingga bahan tersebut tercampur dan meleleh sempurna.

Bila semua komponen sudah tercampur rata, maka api bisa segera dimatikkan. Pindahkan sup ayam krim keju ke dalam mangkuk. Sajikan selagi hangat bersama roti panggang biar makin yummy.

Membuat sup kental ternyata bisa dilakukan memakai bahan-bahan sederhana. Cukup ikuti resep dengan seksama, maka cuaca di musim hujan akan terasa hangat karena ditemani dengan makanan lezat seperti sup ayam krim keju ini.

Baca Juga: Resep Sup Krim Kentang yang Mudah Dibuat, Yummy!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya