Comscore Tracker

5 Tips Sederhana Membuat Tamagoyaki yang Sempurna, Tasty!

Perhatikan proses memasaknya, jangan sampai kurang minyak

Tamagoyaki menjadi olahan telur dadar yang sangat populer dari Jepang. Bentuknya agak tebal karena disajikan dengan cara dilipat dan bisa dimakan bersama nasi maupun hidangan lainnya.

Ciri khas yang membedakan antara tamagoyaki dan telur dadar biasa terletak pada rasanya. Makanan ini cenderung lebih manis dan gurih, sehingga sangat wajar jika penggemarnya pun lebih banyak.

Tips membuat tamagoyaki mulai dicari-cari untuk menghasilkan sajian yang enak dan sempurna. Kamu pun bisa membuat makanan serupa dengan memperhatikan lima tips berikut ini.

1. Perhatikan kualitas bahan-bahan

5 Tips Sederhana Membuat Tamagoyaki yang Sempurna, Tasty!ilustrasi sekotak telur (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Memperhatikan bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan tamagoyaki akan menghasilkan makanan yang sempurna. Jangan sampai kamu abai terhadap tahapan ini supaya makanan yang dibuat terasa lebih istimewa dan bisa seenak restoran saat disantap.

Hal yang perlu kamu perhatikan secara seksama adalah penggunaan telur. Sebaiknya gunakan telur dengan kualitas terbaik untuk membuat warna makanan jadi lebih cerah. Selain itu, pada proses pembuatan tamagoyaki ada dashi atau kaldu ala Jepang yang menjadi bahan krusial dan mampu mempengaruhi rasa, serta tekstur makanan.

Penambahan kaldu harus diperhatikan juga, jangan terlalu sedikit atau berlebihan karena bisa membuat tekstur telur jadi encer. Pastikan takarannya sesuai resep sehingga rasanya jadi semakin nikmat.

2. Perhatikan proses pengocokan telur dan bahan-bahan lainnya

5 Tips Sederhana Membuat Tamagoyaki yang Sempurna, Tasty!ilustrasi mengocok telur (pexels.com/Klaus Nielsen)

Pada tahap pengocokan telur, semua bahan akan dicampur menjadi satu di dalam wadah yang sama. Sebaiknya pastikan bahwa kamu mengocoknya dengan baik dan semua bahan larut secara sempurna. Hal tersebut untuk menghindari gumpalan-gumpalan bahan yang membuat rasanya tidak merata.

Meskipun Kebanyakan bahan yang digunakan bersifat cair namun jika tidak diaduk dengan baik, maka bahan tersebut hanya akan berkumpul di satu bagian saja. Hal tersebut akan membuat olahan tamagoyaki kurang maksimal karena rasanya tidak merata, jadi pastikan kamu melakukan pengocokan dengan baik dan tidak berlebihan supaya teksturnya tetap terjaga.

Baca Juga: 10 Kreasi Telur yang Unik dan Enak, Ada Pochai hingga Tamagoyaki!

3. Jangan pelit dalam menggunakan minyak

5 Tips Sederhana Membuat Tamagoyaki yang Sempurna, Tasty!ilustrasi minyak di dalam wajan (pexels.com/RODNAE Productions)

Tamagoyaki memerlukan minyak sebagai salah satu bahan penunjang untuk menghasilkan makanan cantik dan sempurna. Tentunya hal ini berkaitan dengan proses memasak, di mana hidangan tersebut perlu digoreng selama beberapa waktu hingga seluruh permukaannya matang dengan baik.

Oleh karena itu, jangan pelit-pelit dalam memberi minyak di atas wajan supaya adonan tidak lengket. Apalagi jika jenis penggorengan yang kamu gunakan bukanlah non-stick. Pastikan, bahwa dalam proses memasak tamagoyaki kamu memiliki cukup minyak untuk mematangkan bahan sampai proses melipat selesai.

4. Suhu api menentukan keberhasilan tamagoyaki

5 Tips Sederhana Membuat Tamagoyaki yang Sempurna, Tasty!ilustrasi api kompor (pexels.com/suludan diliyaer)

Pada proses pembuatan tamagoyaki, sumber panas dari api kompor sangat perlu diperhatikan. Hal ini untuk menghindari tingkat kematangan telur yang berbeda-beda pada setiap lapisannya. Oleh karena itu, jaga suhu api tetap stabil supaya makanan yang kamu buat memiliki hasil akhir yang sempurna.

Sebelum memasukkan adonan telur ke dalam wajan, pastikan bahwa suhunya sudah dalam kondisi cukup panas. Selain itu, sebaiknya gunakan teknik tarik ulur pada wajan untuk mempertahankan suhu penggorengan, alih-alih mengecilkan atau membesarkan api kompor. Ini dilakukan karena telur akan cepat matang, sehingga lebih efisien jika kamu menjauhkan dan meletakkan wajan kembali di atas kompor, sambil melipat adonan.

5. Perhatikan cara melipat telur supaya hasilnya maksimal

5 Tips Sederhana Membuat Tamagoyaki yang Sempurna, Tasty!ilustrasi melipat telur (pexels.com/Klaus Nielsen)

Tahapan penting yang perlu diperhatikan dalam membuat tamagoyaki agar berhasil ditentukan juga dalam proses melipat. Pembuatan tamagoyaki biasanya melibatkan sedikit adonan dalam satu kali masak lalu diteruskan sampai habis.

Proses melipat perlu dilakukan saat bagian bawah adonan telur sudah agak mengeras sementara bagian atasnya masih sedikit lunak. Makanya tahapan ini harus dilakukan dengan cepat supaya telur tidak cepat matang. Saat memasak adonan lain, wajan juga perlu dibasahi memakai minyak tambahan agar proses melipat tetap mulus.

Tamagoyaki adalah olahan telur yang terkenal sangat unik lantaran rasanya manis dan gurih. Hidangan ini cocok dinikmati sebagai menu sarapan maupun bekal makan siang bersama nasi. Supaya hasilnya maksimal, jangan lupa memperhatikan lima tips sederhana di atas.

Baca Juga: Resep Tamagoyaki Saus Asin ala Anak Kos, Lezatnya Gak Ada Lawan!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya