Comscore Tracker

Terfavorit, 6 Olahan Ketan Hitam yang Tak Pernah Lekang oleh Waktu

Hitam-hitam nyentrik

Ketan hitam merupakan sejenis beras yang banyak dijumpai di negara-negara Asia. Ketan hitam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain sebagai antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga dapat mencegah kanker. Ketan hitam sangat mudah diolah menjadi banyak hidangan khususnya sebagai bahan baku dasar kue-kue tradisional.

Mempunyai tekstur yang lembut, kenyal dan sedikit lengket adalah ciri khas ketan hitam. Berikut ini adalah beberapa olahan ketan hitam yang dijadikan kue tradisional yang rasanya tidak akan pernah lekang oleh waktu.

1. Kue Onde-onde Ketan Hitam

Terfavorit, 6 Olahan Ketan Hitam yang Tak Pernah Lekang oleh WaktuInstagram.com/nianings

Tekstur kulitnya yang kenyal dengan isian kacang hijau manis yang dihaluskan membuat onde-onde ketan hitam ini sangat nikmat sekali. Ditambah lagi dengan adanya wijen di seluruh permukaan onde-onde menambah sensasi gurih khas dari wijen.

2. Kue Mochi Ketan Hitam

Terfavorit, 6 Olahan Ketan Hitam yang Tak Pernah Lekang oleh WaktuInstagram.com/demenbaking

Kue tradisional Jepang ini sangatlah popular. Teksturnya yang sangat kenyal merupakan ciri khas dari kue mochi. Tidak ketinggalan, ketan hitam juga bisa diolah menjadi kue mochi, lho.

3. Bubur Ketan Hitam

Terfavorit, 6 Olahan Ketan Hitam yang Tak Pernah Lekang oleh WaktuInstagram.com/seleramode

Siapa sih yang tidak kenal dengan bubur ketan hitam ini? Bubur yang sangat legendaris ini tidak akan pernah lekang oleh waktu. Rasa bubur yang manis ditambah dengan siraman kuah santan yang gurih merupakan perpaduan yang sangat pas.

Baca Juga: Brem, Makanan Khas Kabupaten Madiun dari Sari Tape Ketan Putih 

4. Kue Bugis Ketan Hitam

Terfavorit, 6 Olahan Ketan Hitam yang Tak Pernah Lekang oleh WaktuInstagram.com/waroeng_wa_ucan

Kue tradisional yang berasal dari Minang, Sumatera Barat ini sangatlah enak rasanya. Teksturnya yang kenyal dan semburat manis gurih dari isian kelapanya membuat nikmat kue ini apalagi ditemani dengan secangkir kopi atau teh hangat, hmm yummy!

5. Bolu Kukus Ketan Hitam

Terfavorit, 6 Olahan Ketan Hitam yang Tak Pernah Lekang oleh WaktuInstagram.com/junitasiana

Tidak ketinggalan, ketan hitam juga bisa diolah menjadi kue bolu kukus, lho. Bahan untuk membuat bolu kukus ini sama dengan bolu kukus pada umumnya. Yang membedakannya hanya penggunaan tepungnya saja. Tentu saja bolu kukus ini menggunakan tepung ketan hitam.

6. Tape Ketan Hitam

Terfavorit, 6 Olahan Ketan Hitam yang Tak Pernah Lekang oleh WaktuInstagram.com/elyunita

Hidangan yang satu ini juga tidak kalah populernya. Tidak mau kalah dengan ketan putih, hasil dari ketan hitam yang difermentasikan ini rasanya juga sangat nikmat sekali.

Nah, kira-kira kamu mau coba yang mana nih?

Baca Juga: Resep Ketan Nangka Thailand yang Lebih Enak dari Mango Sticky Rice

Irma Wijaya Photo Verified Writer Irma Wijaya

Mahasiswi UNIMED Jurusan Manajemen. Suka dengan hal-hal yang baru dan positif. E-mail: adeeirma579@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya