Comscore Tracker

Begini Prosedur yang Benar dalam Membuat Salad, Sudah Tahu Belum?

#MasakItuGampang Sangat pas buat kamu yang lagi program diet!

Salad adalah jenis makanan yang terdiri dari campuran sayur-sayuran dan bahan-bahan makanan siap santap. Salad didefinisikan oleh The Dictionary of American Food and Drink, sebagai makanan yang berupa sayur-sayuran hijau yang disiram dengan berbagai bumbu dan saus, kemudian ditambahkan dengan sayuran atau buah-buahan lain.

Nah, banyak orang yang sedang program diet mangandalkan jenis makanan ini karena banyaknya kandungan serat akan membantu proses pencernaan menjadi lancar. Berikut tips membuat salad yang benar!

1. Salad Hijau

Begini Prosedur yang Benar dalam Membuat Salad, Sudah Tahu Belum?Photo by Carly Jayne on Unsplash

a. Cuci semua sayuran hijau sampai bersih. Kemudian keringkan dan dinginkan sayuran di dalam lemari pendingin dengan cara dibungkus dengan kain lembab.

b. Potong-potong atau sobek-sobek sayuran dalam ukuran sekali gigitan. Kemudian campur rata semua sayuran hijau. Selalu gunakan piring yang dingin, hindari meletakkan salad dipiring lebih dari 1 atau 2 jam sebelum penyajian karena akan membuat sayuran layu.

c. Kemudian tambahkan garnish. Jangan menggunakan salah satu sayuran dari salad. Pilihlah garnish yang tidak berubah warna dan bentuknya, misalnya alpukat akan berubah warna menjadi cokelat jika kelamaan, roti kering bisa menjadi lembek dan sebagainya.

2. Salad buah

Begini Prosedur yang Benar dalam Membuat Salad, Sudah Tahu Belum?Photo by Anna Pelzer on Unsplash

a. Salad buah terkadang lebih baik ditata daripada dicampur, karena kebanyakan buah mempunyai tekstur yang lembut. Beberapa buah seperti apel dan pisang akan berubah warna ketika pemotongan, maka sebaiknya dimasukkan ke dalam larutan asam.

b. Apabila menggunakan buah kaleng, sebaiknya dikeringkan/ditiriskan sebelum dimasukkan dalam salad atau salad akan menjadi berair dan lembek.

3. Salad sayuran

Begini Prosedur yang Benar dalam Membuat Salad, Sudah Tahu Belum?Photo by Nielsen Ramon on Unsplash

a. Pemotongan yang rapi akan memengaruhi salad ini karena ukuran dari sayuran akan mempengaruhi pandangan mata.

b. Sayuran yang dimasak terlebih dahulu harusnya teksturnya tetap kokoh, segar dan warnanya tetap bagus. Memasak berlebihan akan membuat sayuran tidak menarik lagi.

c. Sayuran yang dimasak terlebih dahulu harus dikeringkan dan didinginkan sebelum dicampurkan dengan saus.

4. Cooked salad

Begini Prosedur yang Benar dalam Membuat Salad, Sudah Tahu Belum?Photo by Vitchakorn Koonyosying on Unsplash

a. Dinginkan buah-buahan yang telah dimasak telebih dahulu sebelum mencampurkannya dengan mayonaise.

b. Cooked salad juga dapat ditambahkan dengan ayam, daging, ikan, jamur dan sebagainya. Namun demikian bahan-bahan tersebut harus dimasak terlebih dahulu dengan benar.

 

Itulah tips membuat salad yang benar, selamat mencoba!

Irma Wijaya Photo Verified Writer Irma Wijaya

Mahasiswi UNIMED Jurusan Manajemen. Suka dengan hal-hal yang baru dan positif. E-mail: adeeirma579@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya