Comscore Tracker

Ternyata Beda, Begini 3 Macam Metode Membuat Adonan Roti

#MasakItuGampang Di kala nasi tidak ada, roti adalah penyelamat

Sarapan di pagi hari dengan roti merupakan santapan yang paling praktis. Menurut ahli gizi, selain mengandung karbohidrat, protein dan lemak, ternyata dalam sepotong roti juga memiliki kadar serat dan vitamin B kompleks yang baik untuk kesehatan tubuh.

Ada banyak sekali varian roti mulai dari tekstur, warna dan rasa. Tapi sebenarnya semua roti tersebut memiliki adonan dasar yang sama. Ada tiga metode untuk menghasilkan adonan dasar roti, berikut informasinya.

1. Sponge and Dough

Ternyata Beda, Begini 3 Macam Metode Membuat Adonan RotiInstagram.com/wild_belly_sourdough

Sponge berfungsi sebagai biang roti. Sebelum adonan dibuat, terlebih dahulu dibuat sponge sebagai langkah awal. Sponge lebih pekat dan lebih dingin dibandingkan ferment. Sponge diragikan selama beberapa jam atau bahkan semalaman. Perbandingan terigu dan cairan yeast hampir sama.

 

2. Ferment and Dough

Ternyata Beda, Begini 3 Macam Metode Membuat Adonan RotiInstagram.com/wild_belly_sourdough

Cara pembuatan ferment dan sponge hampir sama. Letak perbedaannya yaitu pada perbandingan bahan dan lamanya waktu peragian. Ferment terbuat dari campuran susu, yeast, sedikit gula dan terigu. Di negara-negara Eropa, ferment dibuat dengan waktu yang pendek, disebut flying ferment. Lama waktu peragian juga tergantung pada tepung dan yeast yang digunakan.

3. Straight Dough

Ternyata Beda, Begini 3 Macam Metode Membuat Adonan RotiInstagram.com/wild_belly_sourdough

Adonan ini dibuat tanpa melalui proses pendahuluan seperti metode sponge maupun ferment. Semua bahan langsung dicampur menjadi satu. Kemudian adonan ditutup menggunakan kain lembab untuk mencegah terjadinya pengerasan pada kulit adonan. Sebaiknya loyang yang akan digunakan untuk memanggang adonan ini dihangatkan terlebih dahulu.

Nah, itulah metode dasar dalam pembuatan adonan roti. Selanjutnya adonan roti tersebut akan dibentuk dan dipanggang sesuai dengan roti seperti apa yang ingin kamu buat, misalnya roti tawar, croissant, roti manis, donat dan sebagainya. Selamat mencoba ya!

Irma Wijaya Photo Verified Writer Irma Wijaya

Mahasiswi UNIMED Jurusan Manajemen. Suka dengan hal-hal yang baru dan positif. E-mail: adeeirma579@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya