Comscore Tracker

6 Olahan Berbahan Dasar Beras yang Hadir Setiap Lebaran, Nikmat

Suka makan yang mana nih??

Setelah berpuasa selama sebulan penuh, maka hari Lebaran yang ditunggu akan hadir. Tradisi Lebaran selalu menghadirkan banyak makna dan kesan bagi setiap umat muslim. Berbagai makanan khas selalu menjadi favorit di hari yang fitri tersebut.

Ada banyak makanan khas dari berbagai dunia yang enak dan lezat. Akan tetapi, makanan dari Indonesia juga tidak kalah lezat. Bukan cuma lauknya tetapi olahan dengan bahan dasar beras juga bermacam-macam yang hadir.

Berikut 6 olahan berbahan dasar beras yang selalu hadir di saat hari Lebaran tiba.

1. Ketupat

6 Olahan Berbahan Dasar Beras yang Hadir Setiap Lebaran, Nikmatramesia.com

Olahan yang satu ini selalu menjadi favorit seluruh masyarakat Indonesia. Seolah-olah ketupat ini sudah menjadi makanan yang umum. Selain itu, ketupat ini juga sangat mudah dimasak.

Jika tidak dapat membuat kulit ketupat, biasanya di pasar-pasar tradisional banyak yang menjual kulit ketupat. Rasanya yang khas semakin nikmat disajikan bersama opor ayam.

2. Lontong

6 Olahan Berbahan Dasar Beras yang Hadir Setiap Lebaran, Nikmatfaktualnews.co

Hidangan selanjutnya adalah lontong. Lontong ini biasanya lebih sering dimasak oleh suku Jawa. Lontong ini juga memiliki cita rasa yang khas. Apalagi jika lontong yang dimasak menggunakan kulit daun pisang. Aroma dari daun pisang seperti menyatu dengan rasa beras yang alami.

Lontong ini juga pas disajikan saat Idulfitri bersama dengan soto ayam maupun hidangan lainnya.

3. Buras

6 Olahan Berbahan Dasar Beras yang Hadir Setiap Lebaran, Nikmatm.kaltara.prokal.co

Selain itu ada buras. Buras merupakan makanan khas dari suku Bugis. Namun makanan ini, tidak hanya menjadi makanan favorit suku Bugis.

Cita rasa dari santan dan beras, kemudian direbus menjadi daya tarik unik dari makanan satu ini. Buras itu sendiri sudah nikmat jika dimakan langsung. Apalagi kalau ditambah bumbu kacang atau opor ayam.

Baca Juga: 7 Inspirasi Hidangan Ketupat Khas Nusantara untuk Menu Lebaran 2019

4. Lepet

6 Olahan Berbahan Dasar Beras yang Hadir Setiap Lebaran, Nikmatjudellahalimnft.blogspot.com

Lepet merupakan makanan khas yang terbuat dengan bahan dasar beras ketan putih. Beras ketan tersebut dimasak dengan cara dikukus terlebih dahulu kemudian dibungkus kembali menggunakan janur atau daun kelapa muda. Ada juga yang mencampurkan kelapa muda serta kacang putih agar rasa dari lepet ini lebih nikmat. Setelah dibungkus, lepet kemudian direbus kembali.

5. Lemang

6 Olahan Berbahan Dasar Beras yang Hadir Setiap Lebaran, Nikmatpedomanbengkulu.com

Lemang ini juga dibuat dengan bahan dasar beras ketan putih. Beras ketan tersebut dimasak setengah matang menggunakan santan. Kemudian dibungkus memanjang di dalam daun pisang. Terakhir, dimasukkan ke dalam batang bambu lalu dibakar.

Lemang juga menjadi salah satu makanan favorit di hari raya.

6. Tape ketan

6 Olahan Berbahan Dasar Beras yang Hadir Setiap Lebaran, Nikmatikoma.co.id

Terakhir, ada tape ketan. Tape ketan ini dibuat menggunakan bahan dasar beras ketan. Bisa ketan putih maupun ketan hitam.

Pertama-tama, beras ketan dimasak dengan cara dikukus. Lalu, difermentasikan dengan mencampurkan ragi tape. Makanan ini juga menjadi favorit di hari raya. Akan tetapi, lebih baik dimakan setelah memakan nasi atau olahan beras lainnya agar asam lambung tidak naik.

Itulah 6 olahan berbahan dasar beras yang tidak pernah absen di hari Lebaran. Mana nih yang jadi kesukaanmu?

Baca Juga: Ini Empat Menu Lebaran yang Disajikan Saat Open House Jokowi

CumiBakar Photo Community Writer CumiBakar

Penikmat Sastra, Penonton Ulung, Hobi Makan..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You