Comscore Tracker

5 Makanan yang Gak Boleh Disimpan Di Kulkas, Catat Ya!

Bisa bahaya, lho!

Setiap orang pasti akan menyimpan makanan yang sudah dibeli ke dalam kulkas. Karena pada umumnya kulkas digunakan untuk mengawetkan makanan agar tetap segar dan tidak mudah rusak. Namun ternyata ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas. Sebab terdapat beberapa makanan tertentu yang bisa cepat rusak jika disimpan di dalam kulkas. Berikut penjelasannya.

1. Bawang

5 Makanan yang Gak Boleh Disimpan Di Kulkas, Catat Ya!pexels.com/Pixabay

Beberapa jenis bawang yang cukup familiar seperti bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay ternyata termasuk jenis makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas. Sebab teksturnya akan berubah menjadi kenyal, kusam, bahkan bisa cepat dipenuhi jamur saat disimpan di dalam kulkas. Sehingga pastikan kamu menyimpan bawang di tempat yang kering dan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

2. Tomat

5 Makanan yang Gak Boleh Disimpan Di Kulkas, Catat Ya!pexels.com/PhotoMIX Ltd.

Sama halnya dengan bawang. Menyimpan tomat di dalam kulkas juga bisa membuat teksturnya menjadi lembek. Selain itu, rasa dari tomat pun akan ikut berubah menjadi hambar lantaran udara dingin.

3. Kemangi

5 Makanan yang Gak Boleh Disimpan Di Kulkas, Catat Ya!pexels.com/monicore

Kemangi menjadi salah satu jenis makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas. Sebab kemangi akan berubah warna menjadi kehitaman jika diletakkan di tempat dengan udara yang dingin. Saat warnanya berubah, di situlah racun akan mulai tumbuh.

Baca Juga: 6 Bahan Makanan Bergizi Tinggi & Ekonomis yang Wajib Ada di Kulkas

4. Kentang

5 Makanan yang Gak Boleh Disimpan Di Kulkas, Catat Ya!pexels.com/Pixabay

Kentang akan terasa sangat manis apabila disimpan di dalam kulkas. Rasa manis ini ternyata bisa membahayakan tubuh apabila dikonsumsi. Tak hanya soal rasa saja yang berubah, tekstur dari kentang pun akan ikut berubah menjadi keras jika disimpan di suhu yang rendah.

5. Roti

5 Makanan yang Gak Boleh Disimpan Di Kulkas, Catat Ya!pexels.com/Magda Ehlers

Menyimpan roti di dalam kulkas memang bisa membuatnya awet karena bisa mencegah jamur. Tetapi menyimpan roti di dalam kulkas ternyata bisa membuat teksturnya berubah. Roti yang berada di suhu rendah bisa berubah menjadi kering dan kasar. Sehingga rasa dari roti tersebut menjadi tak enak.

Meski kulkas digunakan untuk menyimpan bahan makanan agar awet, lima makanan di atas gak disarankan disimpan di dalamnya. Bukannya awet malah rusak.

Baca Juga: 9 Bahan Makanan Ini Tak Boleh Disimpan Dalam Kulkas, Bikin Cepat Rusak

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya