Comscore Tracker

Resep Bakpia Kukus Isi Cokelat yang Lembut dan Lumer di Mulut

Seenak yang kamu coba di Yogyakarta itu, lho!

Kalau ke Yogyakarta, kini banyak yang menjadikan bakpia kukus sebagai salah satu oleh-oleh andalannya. Tekstur lembut dengan isian yang manis mampu memikat minat wisatawan untuk mencoba jajanan yang satu ini.

Dari sekian banyak varian rasa, cokelat tetap jadi yang paling digandrungi. Ketika digigit, isian cokelat bakal lumer banget di mulut.

Uniknya, kamu gak harus melancong ke Yogyakarta buat mencicipi bakpia kukus isi cokelat. Sebab, membuatnya di rumah sudah bisa kamu lakukan. Gak kalah empuk dan lembut, berikut resep bakpia kukus isi cokelat yang bisa kamu praktikkan di rumah.

1. Bahan-bahan membuat bakpia kukus isi cokelat

Resep Bakpia Kukus Isi Cokelat yang Lembut dan Lumer di Mulutilustrasi bahan-bahan yang dibutuhkan (pexels.com/MART PRODUCTION)

Bahan-bahan:

  • 2 butir telur
  • 80 gram gula pasir
  • 1/2 sdt emulsifier
  • 1/4 sdt baking powder
  • 100 gr tepung terigu
  • 1/2 sdt vanili
  • 1 sdt susu bubuk
  • 60 ml santan atau susu cair
  • 60 ml minyak
  • sejumput garam
  • selai cokelat secukupnya

2. Ayak tepung dan siapkan cetakan bakpia

Resep Bakpia Kukus Isi Cokelat yang Lembut dan Lumer di Mulutilustrasi mengayak tepung (pexels.com/Klaus Nielsen)

Sebelum membuat adonan bakpia, siapkan cetakan, lalu olesi dengan sedikit minyak. Kemudian, ayak tepung terigu bersama vanili dan susu bubuk. Aduk hingga tercampur merata menggunakan whisk.

Setelah itu, campur santan atau susu cair dengan minyak ke dalam wadah, lalu aduk hingga tercampur rata. Siapkan kukusan dan panaskan di atas kompor dengan api sedang.

3. Buatlah adonan bakpia

Resep Bakpia Kukus Isi Cokelat yang Lembut dan Lumer di Mulutmenyiapkan adonan (pexels.com/ Felicity Tai)

Sembari menunggu kukusan panas, buatlah adonan bakpia. Siapkan wadah, lalu kocok telur hingga berbusa menggunakan whisk. Kemudian, tambahkan gula pasir, garam, gula pasir, baking powder, dan emulsifier ke dalam adonan, lalu kocok hingga kental. 

Selanjutnya, masukkan tepung terigu secara bergantian dengan campuran minyak sambil diaduk dengan mikser berkecepatan rendah hingga tercampur rata. Kamu juga bisa menggunakan spatula ketika mencampur adonan. Supaya lebih menarik, kamu juga bisa menambahkan sedikit pewarna makanan di adonan bakpia.

Baca Juga: Resep Bakpia Ubi Ungu Tanpa Oven, Begini Cara Buatnya yang Mudah!

4. Kukus bakpia selama 15 menit

Resep Bakpia Kukus Isi Cokelat yang Lembut dan Lumer di Mulutilustrasi mengukus (rouxbe.com)

Setelah adonan siap, tuang adonan sebanyak 1/3 bagian cetakan, lalu kukus sekitar 5 menit hingga adonan matang. Kemudian, beri selai cokelat di tas adonan.

Berikutnya, tuang adonan di atas selai setinggi 3/4 bagian cetakan. Kemudian, tutup dan kukus kembali adonan selama 10-15 menit sampai bakpia kukus benar-benar matang. Lakukan langkah-langkah tersebut hingga adonan habis.

5. Bakpia kukus isi cokelat siap disajikan

Resep Bakpia Kukus Isi Cokelat yang Lembut dan Lumer di Mulutilustrasi bakpia kukus (instagram.com/yusiebali)

Jika dirasa adonan sudah matang, segara matikan kompor. Keluarkan bakpia kukus isi cokelat dari cetakan dan tunggu hingga tidak terlalu panas.

Nikmati bakpia kukus selagi hangat dengan secangkir teh atau kopi sebagai pelengkap. Rasanya yang lembut dengan isian selai yang manis cocok dijadikan camilan di sore hari.

Nah, sekarang kamu bisa membuat bakpia kukus isi cokelat ini sendiri di rumah, kan? Dengan resep di atas, kamu bisa makan sampai puas tanpa perlu ke Yogyakarta, deh. Selamat berkreasi!

Baca Juga: Resep Bakpia Kukus Pandan Isi Kacang Hijau yang Lembut Banget

Izam Lisa Photo Verified Writer Izam Lisa

Time to shine

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya