Comscore Tracker

Suka Masakan Aromatik, Ini 5 Tips Membuat Bahan Rempah Lebih Beraroma

Masakan khas aroma rempah menjadi semakin nikmat

Masakan Indonesia sering menggunakan aneka bahan rempah, sehingga menghasilkan aroma kuat yang semakin menggugah selera untuk disantap. Nah, untuk mendapatkan bumbu yang lebih beraroma, beberapa tips berikut bisa membantu untuk mengeluarkan aroma dari rempah saat akan dimasak.

1. Disangrai 

Suka Masakan Aromatik, Ini 5 Tips Membuat Bahan Rempah Lebih Beraromaeatlikeindonesian.com

Rempah - rempah yang digunakan di Indonesia biasanya rempah yang sudah kering, tetapi untuk beberapa rempah seperti merica, ketumbar dan kemiri ada baiknya disangrai terlebih dahulu sebelum digunakan memasak.

Ketumbar, kemiri, dan merica yang telah disangrai terlebih dahulu akan membuat kondisi rempah tersebut kering sempurna dan akan lebih mengeluarkan aroma rempah tersebut.

2. Dijemur 

Suka Masakan Aromatik, Ini 5 Tips Membuat Bahan Rempah Lebih Beraromahgtv.com

Jenis rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, bunga lawang, kapulaga dan jintan adalah jenis rempah-rempah yang dikeringkan. Meski sudah dikeringkan dan disimpan di tempat kering bersuhu ruangan, ada baiknya juga rutin untuk menjemur jenis rempah-rempah tersebut agar tidak langu.

Baca Juga: 5 Manfaat Sumac, Rempah-rempah Andalan Koki yang Bisa Dijadikan Obat

3. Dibakar 

Suka Masakan Aromatik, Ini 5 Tips Membuat Bahan Rempah Lebih Beraromastandard.co.uk

Selain rempah-rempah kering, rempah basah seperti kunyit, jahe, kencur, lengkuas, dan serai sering digunakan pada masakan Indonesia.

Untuk memasak hidangan yang menggunakan kunyit, sebaiknya dibakar terlebih dahulu sebelum diolah agar aroma kunyit keluar dan membuat olahan bumbu masakan dari kunyit tidak cepat langu.

4. Tidak disimpan di kulkas 

Suka Masakan Aromatik, Ini 5 Tips Membuat Bahan Rempah Lebih Beraromam.recipes.timesofindia.com

Fungsi kulkas dapat membuat makanan tahan lama, sehingga sering digunakan untuk menyimpan bumbu masakan atau rempah - rempah. Tapi ternyata, hal tersebut dapat mengurangi aroma bahkan mempengaruhi cita rasa.

Bumbu rempah yang disimpan dalam kulkas dapat menyerap aroma segala bahan makanan yang disimpan di kulkas, itu sebabnya dapat menurunkan cita rasa bumbu rempah. Sebaiknya hindari menyimpan bumbu dan bahan rempah - rempah di kulkas, simpan pada tempat kering dan bersuhu ruangan.

Gunakan rempah basah yang sudah digiling langsung saat akan dimasak karena cita rasa dan aroma akan tetap terjaga.

5. Pilih rempah daun yang tua

Suka Masakan Aromatik, Ini 5 Tips Membuat Bahan Rempah Lebih Beraromabirdsandblooms.com

Selain rempah kering dan basah, masyarakat Indonesia juga sering menggunakan aneka rempah dari daun yang dapat mengeluarkan aroma khas. Rempah daun seperti daun salam, daun jeruk, daun kari, sering ditambahkan dalam masakan terutama yang menggunakan bahan ikan, ayam dan daging.

Agar mendapatkan aroma dan cita rasa dari rempah daun, pilih daun yang sudah agak tua karena akan menghasilkan aroma khas pada masakan.

Setelah mengetahui cara untuk menjaga cita rasa beberapa rempah tersebut, kamu sudah mulai bisa mencoba untuk memasak masakan Indonesia khas aromatik rempah - rempahan favoritmu.

Baca Juga: 5 Rempah-rempah yang Memiliki Harga Fantastis, Cocok di Kantong!

J.Sari Photo Verified Writer J.Sari

Menulis hingga ke sukma. Karena berbagi ilmu pengetahuan tidak berbatas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya