Comscore Tracker

5 Tips Membuat Cakwe Mengembang, Gak Kalah Enak Dari Punya Abang-abang

Jadi gak perlu repot cari ke luar saat pengin makan cakwe!

Membuat camilan sendiri di rumah menjadi salah satu keputusan bijak demi memperhatikan kesehatan. Pasalnya gak sedikit jajanan pinggir jalan yang kurang mengutamakan kebersihan selama proses pembuatannya. 

Nah, kali ini ada tips membuat salah satu jajanan pinggir jalan yang jadi favorit banyak orang yaitu cakwe. Meskipun terkesan sulit karena punya kemiripan dengan roti yang diolah secara rumit, tapi membuat cakwe gak seribet yang kamu pikirkan. 

Berikut ini 5 tips membuat cakwe yang mengembang, gak kalah enak dari punya abang-abang di pinggir jalan!

1. Gunakan baking powder ketimbang ragi

5 Tips Membuat Cakwe Mengembang, Gak Kalah Enak Dari Punya Abang-abangeastmeetskitchen.com

Karena termasuk dalam olahan sejenis sering kali orang menganggap cakwe dibuat dengan campuran ragi. Meskipun benar ragi memang dapat membuat adonan mengembang sempurna namun hal ini kurang sesuai dalam proses pembuatan cakwe.

Adonan cakwe yang diberi campuran ragi terlalu sulit untuk diuleni sehingga agar proses mengembangnya tidak berlebihan, adonan cakwe sebaiknya cukup diberi campuran baking powder dan baking soda.

2. Simpan adonan hingga semalaman

5 Tips Membuat Cakwe Mengembang, Gak Kalah Enak Dari Punya Abang-abangeastmeetskitchen.com

Demi mencapai tingkat chewy yang pas saat cakwe matang kamu perlu melewati proses penyimpanan hingga semalaman. Jika didiamkan selama beberapa jam saja adonan tidak akan mengembang semaksimal adonan lain yang didiamkan lebih lama. 

Baca Juga: 5 Tips Membuat Kue yang Tidak Lengket Saat Dilepaskan dari Loyang

3. Campurkan telur agar adonan lebih menyatu

5 Tips Membuat Cakwe Mengembang, Gak Kalah Enak Dari Punya Abang-abangangsarap.com

Dengan campuran telur adonan cakwe akan lebih menyatu dan juga gurih. Tapi agar tidak mengubah rasa terlalu jauh hindari menggunakan terlalu banyak telur. Untuk 250gr adonan tepung cukup gunakan satu telur, takaran ini berlaku secara kelipatan.

4. Pastikan minyak panas saat menggoreng

5 Tips Membuat Cakwe Mengembang, Gak Kalah Enak Dari Punya Abang-abanggimplearn.net

Cakwe akan sulit mengembang saat digoreng dalam minyak yang kurang panas. Karena cakwe matang dalam waktu cepat kamu perlu memastikan minyak panas dan membolak-baliknya agar tidak gosong di satu sisi. Goreng cakwe hingga bewarna cokelat keemasan atau kuning muda jika kamu menyukai cakwe yang tidak terlalu kering.

5. Buat saus sambal sebagai pelengkapnya

5 Tips Membuat Cakwe Mengembang, Gak Kalah Enak Dari Punya Abang-abangraskarahma.blogspot.com/

Saus pendamping ini banyak jenisnya, kamu bisa meracik sesuai selera masing-masing. Umumnya saus pendamping cakwe terdiri dari cabai keriting, bawang putih, cuka, air dan sedikit gula yang dihaluskan lalu dikentalkan dengan tepung maizena. 

Mulai sekarang kamu gak perlu lagi repot-repot ke luar rumah saat ngidam cakwe. Bisa bikin sendiri dengan cara yang mudah dan proses pembuatan yang sederhana. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Mudah Bikin Kue Getas, Camilan Tradisional yang Mulai Langka

Keenanthy Photo Verified Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya