Comscore Tracker

5 Jenis Bumbu Dasar untuk Ragam Masakan Indonesia, Kamu Wajib Tahu

Bisa dijadikan stok agar tidak repot masak nantinya

Untuk membuat suatu masakan, elemen paling penting adalah bumbu dasar. Indonesia sendiri memiliki banyak jenis bumbu dasar yang bisa kamu olah menjadi beragam olahan nan lezat.

Bumbu dasar tersebut punya peranan penting untuk memberikan cita rasa yang khas dalam masakan yang kita buat, lho. Bahannya sendiri juga tidak jauh dari rempah-rempah khas Indonesia.

Bumbu dasar bisa kamu buat terlebih dahulu, lalu menyimpannya di dalam kulkas supaya tetap segar. Nah, ketika ingin memasak, kamu tinggal mengambilnya dan mengolahnya.

Dapat dibuat dengan mudah dan disimpan untuk waktu yang lama, berikut lima jenis bumbu dasar untuk masakan Indonesia yang bisa kamu buat. Sederhana dan praktis!

1. Bumbu dasar putih 

5 Jenis Bumbu Dasar untuk Ragam Masakan Indonesia, Kamu Wajib Tahuilustrasi bumbu dasar putih (youtube.com/Selera Nusantara)

Bumbu dasar putih menjadi bumbu dasar yang kerap kali digunakan untuk memasak makanan sehari-hari, lho. Bahan yang digunakan cukup sederhana namun memberikan rasa yang gurih nikmat.

Bawang merah dan bawang putih adalah bahan utamanya. Biasanya akan ditambah dengan lengkuas dan juga kemiri. Tambahan terakhir adalah gula dan garam agar masakan makin lezat.

Bumbu dasar putih biasanya digunakan untuk memasak beragam jenis tumisan. Selain itu, jenis masakan berkuah bening juga menggunakan bumbu dasar putih. Cocok banget deh untuk masakan sehari-hari.

2. Bumbu dasar merah 

5 Jenis Bumbu Dasar untuk Ragam Masakan Indonesia, Kamu Wajib Tahuilustrasi bumbu dasar merah (youtube.com/Selera Nusantara)

Bagi yang menyukai masakan pedas, bumbu dasar merah wajib kamu siapkan di rumah, lho. Bumbu dasar merah ini juga sering digunakan untuk memasak makanan sehari-hari di rumah.

Bahan yang digunakan juga sama dengan bumbu dasar putih. Ada bawang merah dan bawang putih, serta ditambahkan dengan cabai merah ataupun tomat merah yang segar.

Dengan tambahan cabai merah, tentu saja rasa yang dihasilkan akan terasa pedas. Namun, kenikmatan dari masakan tersebut tidak akan kalah. Bisa jadi malah makin nikmat dan lezat.

Baca Juga: 5 Racikan Bumbu Dasar yang Wajib Ada di Kulkas, Persingkat Waktu Masak

3. Bumbu dasar kuning 

5 Jenis Bumbu Dasar untuk Ragam Masakan Indonesia, Kamu Wajib Tahuilustrasi bumbu dasar kuning (youtube.com/Selera Nusantara)

Jika bumbu dasar putih dan merah bisa digunakan untuk makanan sehari-hari karena praktis, berbeda dengan bumbu dasar kuning ini. Bumbu dasar kuning biasanya digunakan untuk masakan spesial.

Meski bisa juga untuk masakan sehari-hari, namun kebanyakan bumbu dasar kuning dibuat untuk acara besar seperi hari raya, acara kumpul keluarga, atau yang lainnya.

Yang paling khas dalam bumbu dasar kuning adalah kunyit. Kunyit punya zat alami yang bisa membuat masakan menjadi kuning. Tak hanya itu, kunyit juga membuat aroma masakan makin mantap.

Bumbu dasar kuning tak pernah jauh-jauh dari beragam masakan Indonesia, lho. Opor ayam, acar kuning, sayur lodeh, nasi kuning, dan ungkepan ayam adalah beberapa contoh masakan yang memakai bumbu ini.

4. Bumbu dasar oranye 

5 Jenis Bumbu Dasar untuk Ragam Masakan Indonesia, Kamu Wajib Tahuilustrasi bumbu dasar oranye (youtube.com/Selera Nusantara)

Kalau kita perhatikan, bumbu dasar oranye jarang digunakan. Namun, di beberapa makanan tertentu, bumbu dasar oranye memang sangat diperlukan, lho.

Pembuatan bumbu dasar ini juga hampir sama dengan bumbu dasar sebelumnya. Hanya saja, ada penambahan rempah-rempah seperti jintan, lada, kapulaga, ketumbar, dan yang lainnya. Tentu saja, rasa yang dihasilkan juga makin kaya. Cita rasa autentik khas Indonesia bakal muncul di masakan dengan bahan dasar oranye. 

Biasanya bumbu dasar oranye digunakan untuk memasak kari, rendang, ataupun gulai, serta masih banyak masakan lainnya. 

5. Bumbu dasar hitam 

5 Jenis Bumbu Dasar untuk Ragam Masakan Indonesia, Kamu Wajib Tahuilustrasi bumbu dasar hitam (youtube.com/Murni Mustafa)

Bumbu yang paling spesial dan tidak bisa ditemukan di negara lain adalah bumbu dasar hitam. Bahan dasar dari bumbu hitam tersebut adalah kluwak yang tumbuh subur di Indonesia.

Kluwak tersebut, selain membuat masakan berwarna hitam, rasa yang dihasilkan juga akan terasa gurih, lho. Biasanya, bumbu dasar ini digunakan untuk memasak rawon, brongkos, dan lainnya.

Sekilas, masakan yang dibuat dari bumbu hitam memiliki kesan menyeramkan, kan? Namun setelah mencoba masakan tersebut, dijamin bakalan jatuh cinta, deh.

Memasak masakan yang lezat membutuhkan beberapa bumbu dasar untuk mengeluarkan cita rasanya. Indonesia sendiri sangat beruntung memiliki banyak rempah-rempah yang bisa dijadikan bumbu dasar tersebut. Jika ada waktu, jangan lupa untuk membuatnya sebagai stok ya!

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Bumbu Dapur di Kulkas, Dijamin Awet!

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya