Comscore Tracker

Resep Bubur Candil Ketan, Gurihnya Kuah Santan Melekat di Lidah

Dalam suapan pertama kamu pasti ketagihan!

Bubur candil ketan paling enak dinikmati ketika hangat. Perpaduan rasa gurih dan manis mampu menggugah selera. Cocok untuk kamu yang suka makan savory food dan juga sweet food.

Pembuatan bubur candil bukan perkara susah. Meski membutuhkan banyak bahan, tetapi langkah pembuatanya bisa ditiru dengan sangat mudah, lho. Sangat cocok untuk yang sedang belajar memasak.

Daripada pesan atau beli, gak ada salahnya untuk mencoba membuatnya di rumah, kan? Lebih murah dan puas makannya, berikut resep bubur candil ketan yang kuah gurihnya melekat di lidah. Cobain, yuk!

1. Bahan membuat bubur candil ketan

Resep Bubur Candil Ketan, Gurihnya Kuah Santan Melekat di LidahIlustrasi tepung ketan (pixabay.com/kaboompics)

Baha utama:

  • 100 gram tepung ketan
  • 20 gram tepung beras
  • 150 ml air hangat
  • 500 ml air
  • 1 lembar daun pandan

Bahan kuah gula merah:

  • 500 ml air
  • 100 gram gula merah
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 bungkus bubuk vanili
  • 1 sdt tepung maizena, larutkan dengan 3 sdm air masak

Bahan kuah santan:

  • 65 ml santan kental
  • 200 ml air putih
  • 1/2 sdt maizena
  • 1/2 sdt garam

2. Buat candil dari tepung ketan dan tepung beras

Resep Bubur Candil Ketan, Gurihnya Kuah Santan Melekat di LidahIlustrasi membuat adonan candil (pixabay.com/Hans)

Pembuatan candil sangat mudah. Cukup campurkan tepung ketan dan juga tepung beras dalam satu wadah atau baskom.

Setelah itu, ambil 150 ml air hangat. Kalau tidak punya, kamu bisa panaskan terlebih dahulu, lalu tuang sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung beras dan ketan. Aduk terus sampai campuran bisa dibentuk.

Setelah itu, ambil tepungnya, lalu bentuk bulatan sesuai selera. Saran, jangan terlalu besar ataupun kecil, ya. Jika bisa, buat bulatan sedikit lebih besar dari kelereng. Jika sudah, segera sisihkan bulatan tersebut ke dalam wadah.

3. Rebus candil hingga mengambang

Resep Bubur Candil Ketan, Gurihnya Kuah Santan Melekat di LidahMemasukkan air ke dalam panci (youtube.com/Asahid TehYung)

Siapkan panci untuk merebus. Isi dengan air secukupnya. Kamu juga bisa mengisinya dengan air masak setinggi 3/4 dari tinggi panci. Ambil daun pandan, lalu ikat dengan bentuk simpul.

Setelah itu, masukkan pandan ke dalam panci tersebut. Masak airnya hingga mendidih. Kemudian, masukkan candil ke dalam panci tersebut, ya. Rebus candi yang ada di panci hingga mengapung.

Setelahnya, angkat candil dari dalam panci lalu tiriskan. Kemudian, kamu bisa membuat kuah untuk bubur candilnya.

Baca Juga: Resep Bubur Candil Buah Naga, Ide Menu Takjil Buka Puasa yang Mantul

4. Masak kuah gula merah hingga mendidih

Resep Bubur Candil Ketan, Gurihnya Kuah Santan Melekat di Lidahilustrasi memasak kuah gula merah (youtube.com/atha naufal)

Kuah bubur candil ketan ini ada 2 macam, yaitu kuah santan dan kuah gula merah. Buat terlebih dahulu kuah gula merahnya. Langkah ini sebenarnya bisa kamu lakukan berbarengan saat merebus candil.

Masak 500 ml air dengan gula merah yang sudah disisir halus. Masukkan juga garam, daun pandan, dan vanili, lalu masak hingga mendidih. Untuk tepung maizena jangan di campur terlebih dahulu, ya.

Setelah itu, masukkan candil ke dalam kuah gula merahnya. Aduk perlahan hingga candil tercampur dengan gula merahnya. Masak kembali hingga airnya sedikit menyusut. Siapkan mangkuk dan tepung maizena, ya.

Selanjutnya, tuang maizena ke dalam mangkok kecil. Beri tiga sendok makan air masak. Aduk tepung tersebut hingga larut. Masukkan ke dalam kuah gula merah dan candil. Kemudian, aduk hingga mengental, angkat, dan sisihkah.

5. Masak kuah santan dan tuangkan ke bubur 

Resep Bubur Candil Ketan, Gurihnya Kuah Santan Melekat di LidahBubur candil ketan (instagram.com/bunda.tia31)

Langkah terakhir untuk pembuatan bubur candil ketan adalah memasak kuah santannya. Kuah santan jadi bagian yang penting, jadi jangan lupa untuk membuatnya, ya!

Siapkan panci untuk merebus santan. Masukkan santan kental yang dicampur dengan 200 ml air. Masak hingga mendidih, lalu tambahkan garam, aduk, dan koreksi rasanya. Jika sudah pas, masukkan larutan maizena.

Aduk terus secara perlahan santan yang sudah dicampuri tepung meizana hingga mengental. Kamu bisa menggunakan api sedang cenderung kecil. Jika sudah mendidih, angkat kuah santan tersebut.

Untuk penyajiannya sangat gampang. Ambil mangkuk, lalu masukkan candil 1-2 sendok sayur. Tuangkan kuah santan di atasnya. Sajikan bubur candil ketan ketika masih hangat.

Memasak bubur candil ketan gak susah, kan? Cara di atas bisa kamu praktikkan jika ingin membuat bubur candil sendiri di rumah. Ikuti dengan benar, sehingga hasil bubur candil buatanmu pasti akan nikmat. Jangan lupa baca dan pahami langkahnya, ya!

Baca Juga: Resep Es Bubur Candil Pandan ala Yummy untuk Menu Takjil 

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya