Comscore Tracker

Resep Ceker Pedas Manis untuk Makan Siang, Bumbunya Mantap!

Pencinta ceker wajib coba masakan ini

Banyak yang mempertanyakan kelezatan ceker ayam. Yap, dengan olahan yang unik, ceker ayam bakal jadi menu makanan yang gak kalah lezat dibanding menu lainnya, lho.

Meski gak begitu banyak dagingnya, ceker ayam ternyata banyak yang menyukainya. Banyak jenis masakan berbahan dasar ceker ayam yang bisa kamu buat, salah satunya ceker pedas manis.

Supaya bisa langsung menyiapkan ceker pedas manis untuk makan siang nanti, berikut resep yang bisa kamu tiru. Bumbunya meresap dan mantap banget, lho!

1. Bahan-bahan membuat ceker pedas manis

Resep Ceker Pedas Manis untuk Makan Siang, Bumbunya Mantap!Ilustrasi ceker ayam (youtube.com/Nikmatul Rosidah)

Bahan utama:

  • 25 buah ceker ayam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 sdt garam
  • 6 sdm kecap manis
  • 3 sdm minyak sayur
  • 1 sdm bubuk kaldu
  • 2 sdt bubuk cabai merah

Bahan bumbu halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 1/4 cm jahe
  • 2 sdt garam

2. Rebus ceker ayam hingga empuk

Resep Ceker Pedas Manis untuk Makan Siang, Bumbunya Mantap!Ilustrasi merebus ceker ayam (youtube.com/Nikmatul Rosidah)

Bersihkan ceker ayam yang sudah disiapkan. Cuci dan kerok bagian kulit yang tebal. Potong semua kuku ceker tersebut. Bilas dengan air mengalir, letakkan ke dalam wadah bersih dan tiriskan.

Selanjutnya, siapkan panci, isi dengan air untuk merebus. Masukkan garam, daun jeruk, daun salam, dan merica ke dalam air rebusan tadi. Tunggu hingga mendidih.

Jika sudah mendidih, masukkan ceker ayam ke dalamnya. Rebus ceker tersebut hingga empuk. Kemudian, angkat dan tiriskan. Untuk merebus ceker, jangan sampai hancur, ya. Jika sudah empuk, angkat saja.

3. Haluskan bumbu dan tumis hingga harum 

Resep Ceker Pedas Manis untuk Makan Siang, Bumbunya Mantap!Ilustrasi menumis bumbu halus (youtube.com/Phesi Esterju)

Ambil blender, lalu masukkan bahan bumbu halus ke dalamnya. Sebelumnya, kamu harus mencuci bahan bumbu halusnya, ya. Potong kecil untuk memudahkan saat dihaluskan.

Untuk tingkat kepedasan, kamu bisa menambahkan jumlah cabai merah keriting yang digunakan. Untuk variasi yang lebih pedas, tambahkan cabai rawit merah saat menghaluskan bumbu.

Jika bumbu sudah halus, siapkan wajan. Tuang minyak secukupnya saja dan panaskan terlebih dahulu. Jika minyak sudah panas, masukkan bumbu halus ke dalamnya. Tumis bumbu hingga halus.

Baca Juga: Resep Ceker Ayam Rica-rica yang Gurih dan Pedasnya Dijamin Bikin Nagih

4. Masukkan ceker ayam dan aduk perlahan 

Resep Ceker Pedas Manis untuk Makan Siang, Bumbunya Mantap!Ilustrasi memasak ceker ayam (youtube.com/Nikmatul Rosidah)

Selanjutnya, jika bumbu tumis sudah harum, segera memasukkan ceker ayam ke dalamnya. Aduk perlahan hingga bumbu tercampur rata ke seluruh bagian ceker ayam tersebut.

Setelah itu, tuang air sedikit saja agar bumbu tidak terlalu pekat. Aduk sekali lagi dan tutup wajan tersebut. Tunggu hingga airnya mendidih. Dalam proses ini, ,gunakan api sedang.

5. Masukkan kecap dan masak hingga matang 

Resep Ceker Pedas Manis untuk Makan Siang, Bumbunya Mantap!Ceker pedas manis (instagram.com/novitrihastuti)

Jika air sudah mendidih, masukkan kecap ke dalamnya. Aduk hingga kecap tercampur rata. Masukkan bubuk kaldu dan bubuk cabai merah ke dalam olahan ceker ayam. Aduk kembali.

Setelah itu, masukkan garam dan koreksi rasanya. Masak hingga kuah sedikit mengental dan menyusut. Jika sudah, kamu bisa mencicipi rasanya terlebih dahulu, lalu sajikan ceker pedas manis tersebut.

Ceker pedas manis adalah menu dengan bahan ceker ayam yang gampang banget dibuat. Biasanya dengan nasi hangat, ceker pedas manis bakal jadi satu kombinasi yang tak ada duanya.

Untuk menu makan siang nanti gak perlu bingung lagi, kan? Masak saja ceker pedas manis untuk keluarga tercinta biar acara makan siangmu makin istimewa. Selamat memasak!

Baca Juga: 5 Perbedaan Opor Ayam dan Ayam Lodho, Sering Dikira Sama

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya