Comscore Tracker

Resep Gulai Daun Singkong yang Lezat, Gurihnya Nampol di Lidah! 

Menu makan siang dan malam yang gak ribet 

Gulai gak harus berbahan dasar ayam ataupun daging. Gulai berbahan dasar daun singkong juga bisa kamu buat sebagai lauk makan siang atau makan malam.

Gulai sendiri identik dengan makanan mewah yang sering disajikan saat ada acara penting. Dengan gulai daun singkong, kamu bisa membuatnya tanpa harus menunggu ada acara besar, lho.

Caranya cukup mudah, kamu pasti bisa membuatnya di rumah. Berikut resep gulai daun singkong sederhana yang dapat kamu tiru.

1. Bahan membuat gulai daun singkong

Resep Gulai Daun Singkong yang Lezat, Gurihnya Nampol di Lidah! Ilustrasi daun singkong (instagram.com/hijosfarm)

Bahan utama:

  • 500 gram daun singkong muda
  • 1 liter santan
  • 1 batang serai
  • 1 lembar daun kunyit
  • 2 lembar daun jeruk
  • 50 gram teri
  • minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 6 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 1 cm kunyit
  • 1 sdt garam
  • 1 cm jahe

2. Petik daun singkong dan cuci hingga bersih 

Resep Gulai Daun Singkong yang Lezat, Gurihnya Nampol di Lidah! gulai daun singkong (instagram.com/Eddy Siswanto)

Untuk membuat gulai daun singkong yang dibutuhkan hanya daunnya saja. Petik daun singkong, lalu letakkan ke dalam wadah untuk dicuci bersih. Rendam dengan air dan remas sebentar.

Setelah mencuci, segera buang air rendaman, lalu cuci kembali dengan air mengalir. Kemudian, rebus daun singkong tersebut hingga matang. Beri sedikit garam untuk memberi rasa ke daun singkong. Jika sudah matang, tiriskan dan sisihkan sebentar.

3. Blender dan tumis bumbu halus hingga harum 

Resep Gulai Daun Singkong yang Lezat, Gurihnya Nampol di Lidah! Ilustrasi menumis bumbu halus (youtube.com/Phesi Esterju)

Siapkan blender untuk menghaluskan bumbu. Sebelumnya, cuci terlebih dahulu bahan yang akan dihaluskan. Setelah dicuci, jadikan satu bahan tersebut dan haluskan. Jika sudah halus, matikan blender.

Selanjutnya, panaskan wajan dan tuang minyak sedikit saja untuk menumis bumbu. Masak dengan api kecil. Jika minyak sudah panas tuang bumbu ke dalamnya. Tumis bumbu hingga harum.

Baca Juga: Resep Rolade Daun Singkong yang Gurih, Begini Cara Membuatnya

4. Masukkan santan dan bahan-bahan lainnya 

Resep Gulai Daun Singkong yang Lezat, Gurihnya Nampol di Lidah! Ilustrasi menuang santan (youtube.com/Mbok Midut)

Pindahkan bumbu yang sudah harum tersebut ke dalam panci. Tuang santan dan aduk hingga tercampur rata. Besarkan api kompor, ya.

Setelah itu, masukkan serai, daun jeruk, dan daun kunyit, lalu aduk semua bahan hingga tercampur. Tunggu hingga agak mendidih, jangan lupa untuk terus mengaduk kuahnya agar tidak pecah.

Jangan lupa untuk memasukkan ikan teri yang sudah disiapkan. Sebelumnya, kamu harus menggoreng ikan teri tersebut hingga matang, ya. Baru setelah selesai digoreng, kamu bisa menggunakannya.

5. Masukkan daun singkong dan rebus hingga matang

Resep Gulai Daun Singkong yang Lezat, Gurihnya Nampol di Lidah! gulai daun singkong (instagram.com/yscooking)

Karena yang digunakan daun singkong muda, maka kamu bisa langsung memasaknya tanpa harus merebusnya terlebih dahulu. Masukkan daun singkong ke dalam kuah santan, aduk hingga daun singkong terendam.

Masak daun singkong hingga lunak. Kecilkan kompor, lalu tambahkan garam untuk memberikan rasa dari gulai daun singkong tersebut. Jika rasanya sudah pas, kamu bisa langsung mematikan kompor. Sajikan hangat-hangat!

Gulai daun singkong bisa jadi menu andalan yang rasanya gak akan mengecewakan. Dengan ikan pindang ataupun ikan asin, rasa gulai daun singkong bakal makin nikmat. Untuk keluarga tercinta, mulai masak untuk makan hari ini, yuk!

Baca Juga: 10 Sajian Gulai untuk Pendamping Ketupat, Pengganti Opor Ternikmat

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya