Comscore Tracker

Resep Jamur Krispi Saus Tiram Sederhana, Gurihnya Meledak di Mulut

Camilan yang punya banyak penggemar

Jamur sangat bagus untuk kesehatan karena punya serat dan kandungan protein yang cukup tinggi. Selain itu, jamur juga rendah kalori sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi, apalagi sedang diet.

Jamur bisa diolah menjadi beragam jenis masakan. Tak hanya tongseng atau tumis, jamur juga bisa digoreng dengan cara dibalut dengan tepung terigu. Rasanya gak kalah nikmatnya dengan yang ditumis.

Supaya makin nikmat, kamu pun bisa membuat saus cocolannya. Alhasil rasanya pun makin gurih nikmat.

Jika kamu penasaran ingin membuat jamur krispi saus tiram yang lezat di rumah, tenang saja. Berikut resep jamur krispi yang bisa kamu tiru cara buatnya.

1. Bahan-bahan untuk membuat jamur krispi 

Resep Jamur Krispi Saus Tiram Sederhana, Gurihnya Meledak di Mulutilustrasi jamur untuk makanan (pixabay.com/Barbroforsberg)

Bahan-bahan:

  • 200 gram jamur tiram

Bahan adonan:

  • 120 gram tepung terigu rendah protein
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1 sdt garam
  • Air secukupnya

Bahan saus:

  • 1 buah bawang bombay
  • 1 sdm tepung maizena
  • 2 sdm saus tomat
  • 3 sdm saus tiram
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

2. Cuci jamur tiram sampai bersih lalu tiriskan 

Resep Jamur Krispi Saus Tiram Sederhana, Gurihnya Meledak di Mulutilustrasi mencuci jamur (youtube.com/Everyday Food)

Siapkan jamur yang sudah kamu beli. Masukkan ke dalam wadah atau baskom jaring untuk mencuci jamur. Pastikan kamu mencuci jamur tersebut hingga bersih. Bilas dengan air mengalir atau air kran.

Setelah dibilas, tiriskan terlebih dahulu. Ambil bawang bombay, kupas kulitnya. Setelah dikupas, cuci bawang bombay tersebut. Gosok-gosok sebentar lalu bilas dengan air mengalir.

Setelah bawang bombay dicuci, siapkan talenan. Potong bawang bombay menjadi dua, lalu iris tipis-tipis saja. Lakukan sampai habis, kemudian sisihkan terlebih dahulu. Lanjut ke langkah selanjutnya.

Baca Juga: 8 Resep Jamur Tiram Paling Umami ala Yummy untuk Menu Sehari-hari

3. Buat adonan tepung terigu untuk jamur tiram 

Resep Jamur Krispi Saus Tiram Sederhana, Gurihnya Meledak di MulutIlustrasi membuat adonan (pexels.com/Elina Fairytale)

Siapkan wadah atau baskom bersih. Masukkan tepung terigu ke dalamnya. Tambahkan garam, kaldu ayam, bawang putih bubuk, lada, dan soda kue. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Tuang air ke tepung secara perlahan sambil diaduk. Kalau teksturnya sudah dapat, jangan tuangi dengan air lagi. Masukkan jamur ke dalamnya.

Aduk jamur yang ada di dalam adonan. Pastikan adonan mengenai semua bagian jamur tersebut. Setelah itu sisihkan sebentar, ya. Kamu bisa menyiapkan wajan untuk menggoreng jamurnya.

4. Goreng jamur sampai warnanya kecokelatan 

Resep Jamur Krispi Saus Tiram Sederhana, Gurihnya Meledak di MulutIlustrasi menggoreng makanan (pixabay.com/huntlh)

Setelah membuat adonan jamur krispi dan mencampurnya dengan jamur tiramnya, langkah selanjutnya adalah menggorengnya terlebih dahulu. Siapkan wajan, isi dengan minyak goreng, kemudian panaskan.

Jika minyak sudah panas, masukkan jamur yang sudah dicampur dengan adonan tepung. Satu per satu hingga wajannya penuh, Goreng jamur dengan api sedang sampai matang atau warnanya kecokelatan.

Angkat jamur krispi yang sudah matang. Tiriskan terlebih dahulu supaya minyaknya terpisah. Kamu bisa membiarkan di atas saringan ataupun mengalasinya dengan tisu minyak. Setelah itu sisihkan terlebih dulu.

5. Masak saus tiram lalu tuang ke jamur dan sajikan 

Resep Jamur Krispi Saus Tiram Sederhana, Gurihnya Meledak di Mulutilustrasi jamur krispi (youtube.com/Devinahermawan)

Setelah jamur selesai digoreng, langkah selanjutnya adalah membuat saus tiram. Siapkan wajan bersih, tuangi dengan sedikit minyak. Panaskan terlebih dahulu. Setelah panas, masukkan bawang bombay.

Tumis sampai harum, masukkan saus tomat, saus tiram, garam, dan gula. Beri sedikit air saja, lalu aduk sampai merata. koreksi rasanya. Jika sudah pas, tambahkan larutan tepung maizena, biarkan mendidih.

Siapkan piring saji, letakkan jamur krispi di atasnya dan tata sesuai selera. Kemudian kucurkan saus tiram yang sudah dibuat di atas jamur secara memutar atau zig-zag. Setelahnya sajikan untuk keluarga tercinta.

Jamur krispi saus tiram memang bisa jadi pilihan untuk lauk makan super praktis. Cara buatnya yang gampang serta bahan yang mudah didapat menjadi poinnya, lho. Sajian nikmat ini juga bisa kamu sajikan dengan saos yang lainnya selain saus tiram. Sesuaikan selera saja. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Jenis Jamur Ini Bisa Ditambahkan dalam Olahan Pasta Buatanmu

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya