Resep Keripik Pisang Madu yang Renyah dan Nikmat, Ide Camilan Lebaran!

Rasanya yang manis berasa di lidah

Pisang mengandung banyak vitamin yang bagus untuk tubuh. Rasanya yang manis membuatnya banyak disukai. Selain dimakan biasa, ternyata pisang dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan, salah satunya keripik pisang.

Kamu dapat menyajikan keripik pisang saat Lebaran. Dicampur dengan gula dan madu bakal jadi camilan yang sempurna. Cara membuat keripik pisang terbilang mudah, hanya butuh beberapa bahan saja sebelum pisang tersebut diolah.

1. Bahan untuk membuat keripik pisang madu

Resep Keripik Pisang Madu yang Renyah dan Nikmat, Ide Camilan Lebaran!ilustrasi pisang kepok (instagram.com/maria_ekaristi)

Bahan-bahan:

  • 1 sisir pisang sanggar/kepok mentah
  • 10 sdm gula pasir
  • 3 sdm madu
  • 1/2 sdm soda kue
  • pewarna kuning secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

2. Kupas pisang kepok yang disiapkan 

Resep Keripik Pisang Madu yang Renyah dan Nikmat, Ide Camilan Lebaran!ilustrasi pisang yang telah dikupas (youtube.com/D.A.K Lea)

Untuk membuat keripik pisang, kamu harus mengupas terlebih dahulu kulitnya. Ambil pisau, potong ujung buah pisang sedikit saja, lalu kupas kulitnya. Masukkan ke dalam baskom. Ulangi hingga semua pisang habis.

Perlu diingat bahwa pisang kepok mentah mengeluarkan getah yang bila kena tangan akan meninggalkan warna hitam. Kamu bisa mengakalinya dengan mengolesi minyak ke tangan atau gunakan plastik tangan saat mengupas kulitnya.

3. Rendam pisang di air yang sudah dicampur pewarna kuning

Resep Keripik Pisang Madu yang Renyah dan Nikmat, Ide Camilan Lebaran!ilustrasi merendam pisang (youtube.com/Ceceromed Kitchen)

Iris tipis semua pisang kepok yang sudah dikupas, lalu sisihkan sebentar. Ambil wadah yang agak besar, lalu isi dengan air bersih. Masukkan soda kue dan pewarna kuning untuk makanan ke dalamnya. Aduk hingga tercampur rata.

Masukkan irisan pisang ke dalam campuran tersebut. Pastikan semua pisang terendam dengan air soda, diamkan terlebih dahulu hingga warna pisang berubah menjadi kekuningan. Jika sudah, angkat dan tiriskan sebentar.

Baca Juga: 5 Keripik Unik yang Perlu Kamu Coba, Ada Keripik Pelepah Pisang Juga!

4. Goreng kripik pisang hingga matang 

Resep Keripik Pisang Madu yang Renyah dan Nikmat, Ide Camilan Lebaran!Ilustrasi menggoreng pisang (youtube.com/Ceceromed Kitchen)

Siapkan wajan yang sudah diberi minyak. Gunakan api sedang saja dan tunggu hingga minyaknya panas. Goreng pisang yang sudah direndam dengan soda dan pewarna kuning. Lakukan secara bertahap hingga semua pisang habis.

Selanjutnya, angkat pisang yang sudah digoreng matang dan tiriskan terlebih dahulu. Biarkan hingga pisang tersebut dingin dan renyah. Kamu bisa menyisihkannya terlebih dahulu sembari membuat campuran gula dan madu.

5. Buat campuran gula dan madu untuk keripik

Resep Keripik Pisang Madu yang Renyah dan Nikmat, Ide Camilan Lebaran!kripik pisang madu (instagram.com/thehungrycatt)

Panaskan sedikit minyak, lalu masukkan gula pasir dan madu ke dalamnya. Aduk hingga berbentuk karamel. Gunakan api kecil agar gula tidak cepat gosong. Jika gula sudah meleleh sempurna, angkat terlebih dahulu.

Siapkan pisang yang telah digoreng sebelumnya, lalu tuangkan gula dan madu ke atasnya. Aduk pisang agar campuran gula dan madu mengenai seluruh keripik atau tercampur rata. Kemudian, biarkan hingga dingin sebelum dimasukkan ke dalam stoples.

Keripik pisang madu memang sangat lezat. Perpaduan madu serta manisnya pisang sangat serasi. Soal rasa, gak bakal mengecewakan, deh. Bakal jadi ide camilan untuk Lebaran yang paling laris, lho!

Baca Juga: 5 Kesalahan Membuat Keripik Kentang, Bikin Lembek dan Gagal Renyah

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya