Comscore Tracker

Resep Nagasari Tepung Beras yang Kenyal dan Lezat, Lumer di mulut

Camilan tepung beras yang bikin harimu bahagia 

Kue nagasari adalah jenis jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras. Rasanya yang manis dengan tekstur kenyal tersebut dapat kamu sajikan sebagai camilan kala sore hari.

Biasanya kue nagasari diisi dengan buah pisang, kemudian dikukus hingga matang. Untuk pisang yang digunakan adalah pisang kepok. Selain manis, pisang tersebut tidak hancur saat dimasak, lho.

Biar gak makin penasaran sama rasanya, yuk buat sendiri di rumah. Berikut resep untuk membuat kue nagasari yang bisa dipraktikkan di rumah.

1. Bahan untuk membuat kue nagasari 

Resep Nagasari Tepung Beras yang Kenyal dan Lezat, Lumer di mulutilustrasi pisang (pixabay.com/@Alexas_Fotos)

Bahan-bahan:

  • 2 sisir pisang tanduk
  • 225 gram tepung beras
  • 65 gram tepung sagu
  • 225 ml santan
  • 700 ml santan
  • 125 gram gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan
  • Nangka secukupnya, potong kotak kecil untuk campuran
  • Daun pisang untuk membungkus

2. Kukus pisang hingga matang dan kupas kulitnya 

Resep Nagasari Tepung Beras yang Kenyal dan Lezat, Lumer di mulutilustrasi mengukus pisang (youtube.com/Eddy Siswanto)

Kamu bisa memotong pisang tanduk yang sudah disiapkan. Siapkan panci kukus, beri air dan letakkan di atas kompor. Tunggu panci panas.

Masukkan semua pisang ke dalamnya. Kukus selama 15 hingga 20 menit, lalu angkat. Kupas kulitnya dan sisihkan.

3. Buat adonan kue nagasari tepung beras 

Resep Nagasari Tepung Beras yang Kenyal dan Lezat, Lumer di mulutilustrasi mencampur santan dengan tepung (youtube.com/Eddy Siswanto)

Siapkan wadah bersih, masukkan tepung sagu ke dalamnya. Tuangi dengan santan 225 ml, lalu aduk hingga tercampur rata. Sisihkan sebentar, ya.

Selanjutnya siapkan panci dan masukkan tepung beras ke dalamnya. Masukkan santan sebanyak 700 ml, aduk sebentar. Kemudian letakkan di atas kompor dan mulailah memasak tepung beras tersebut.

Baca Juga: Resep Kue Nagasari Roti Tawar Anti Gagal, Rasanya Manis dan Gurih

4. Masak tepung beras hingga meletup-letup 

Resep Nagasari Tepung Beras yang Kenyal dan Lezat, Lumer di mulutilustrasi membuat adonan kue nagasari (youtube.com/Gallery Rasa Channel)

Jangan lupa untuk menambahkan gula pasir, garam, dan daun pandan. Aduk adonan tersebut di atas api sedang saja. Masak hingga meletup-letup.

Usahan untuk terus mengaduknya, ya. Jangan biarkan bawahnya gosong karena tidak diaduk. Jika sudah agak mendidih, masukkan campuran tepung sagu dan santan.

5. Bungkus adonan dengan daun pisang 

Resep Nagasari Tepung Beras yang Kenyal dan Lezat, Lumer di mulutIlustrasi membungkus kue nagasari dengan daun pisang (youtube.com/Gallery Rasa Channel)

Masak adonan hingga menjadi licin. Tambahkan potongan nangka untuk menambah rasa di kue nagasari nantinya. Aduk hingga potongan nangka tercampur rata.

Jika sudah matang dan licin, angkat adonan tersebut. Tunggu hingga sedikit dingin sambil membersihkan daun pisang yang akan digunakan. Setelahnya mulai untuk membungkus.

Ambil adonan secukupnya saja, letakkan di atas daun pisang yang sudah dibersihkan. Beri pisang yang sudah dikukus sebelumnya. Bungkus dan sisihkan. Lakukan hingga adonan dan pisang habis.

6. Kukus kue nagasari hingga matang dan sajikan 

Resep Nagasari Tepung Beras yang Kenyal dan Lezat, Lumer di mulutkue nagasari (instagram.com/tastemadeindonesia)

Siapkan panci kukus, isi dengan air dan panaskan. Setelah panas, masukkan kue nagasari yang sudah dibungkus dengan daun pisang ke dalamnya. Tutup panci tersebut.

Kukus kurang lebih hingga 20 menit. Jika sudah matang, kamu bisa mengangkatnya. Biarkan dingin dan sajikan untuk keluarga.

Kue nagasari tepung beras ini memang jenis jajanan tradisional yang rasanya gak kalah lezat, lho. Tekstur kenyal dan lembut dari kue ini memang unik sekaligus banyak disukai

Nah, jika ingin satu camilan untuk menemani sore hari yang sedikit berbeda, gak ada salahnya lho untuk membuat kue nagasari ini.  Dijamin deh rasanya gak bakal mengecewakan.

Baca Juga: Resep Kue Nagasari Loyang yang Praktis, Teksturnya Lembut dan Kenyal 

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya