Comscore Tracker

Resep Nasi Goreng Bakar Pedas, Aroma Nikmatnya Bikin Lapar

Salah satu olahan nasi goreng yang lezat 

Pernah berpikir membuat nasi goreng yang dibakar? Kalau belum, kamu bisa mencobanya sekarang. Sebab, nasi goreng bakar rasanya sangat lezat.

Bau daun pisang tersebut akan menambah cita rasa nasi goreng itu sendiri. Apalagi dibakar hingga daun pisangnya agak sedikit gosong. Siap-siap telan air ludah, deh!

Pembuatan nasi goreng bakar sangat gampang. Sama dengan pembuatan nasi goreng biasanya, tetapi untuk langkah terakhirnya harus dibungkus dengan daun pisang, lalu dibakar.

Bisa jadi ide makan malam spesial, ikuti resep nasi goreng bakar pedas yang nikmatnya bukan main berikut ini. Gak perlu khawatir, bahan dan cara buatnya gampang banget, kok!

1. Bahan membuat nasi goreng bakar pedas

Resep Nasi Goreng Bakar Pedas, Aroma Nikmatnya Bikin LaparIlustrasi nasi putih (pixabay.com/juemi)

Bahan utama:

  • 2 porsi nasi putih
  • 100 gram udang
  • 1 batang daun bawang
  • 2 butir telur ayam
  • 1 batang sosis
  • 1 sdm saus tomat
  • 2 buah bakso sapi
  • 1 buah wortel
  • kecap manis secukupnya
  • garam secukupnya
  • bubuk kaldu secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
  • seledri secukupnya

Bahan bumbu:

  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 3 cabai merah
  • merica secukupnya

2. Blender bahan bumbu hingga halus 

Resep Nasi Goreng Bakar Pedas, Aroma Nikmatnya Bikin LaparIlustrasi menumis bumbu (youtube.com/Dapur Cintaku)

Siapkan blender, lalu masukkan bawang merah, bawang putih, dan cabai yang sudah dicuci bersih ke dalam blender. Kemudian, haluskan bahan tersebut, laly sisihkan terlebih dulu.

Setelah itu, siapkan wajan untuk menumis bumbu. Tuang dengan sedikit minyak dan biarkan hingga panas. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam wajan. Kemudian, tumis hingga harum.

Gunakan api kecil saja saat menumis. Untuk tingkat kepedasan, kamu bisa menyesuaikan dengan seleramu, ya. Jika kurang pedas, kamu bisa menambahkan cabai rawitnya.

3. Masukkan telur, udang, dan sosis ke dalam tumisan

Resep Nasi Goreng Bakar Pedas, Aroma Nikmatnya Bikin LaparIlustrasi memasak bakso (youtube.com/Willgoz Kitchen)

Setelah bumbu harum, sisihkan ke bagian pinggir wajan. Pecahkan telur ke wajan tepat di sebelah bumbu tumis. Masak telur sembari diorak-arik hingga matang.

Setelah telur orak-arik matang, masukkan udang yang sudah dicuci, dibuang kepalanya, dan dikupas kulitnya. Kemudian, masukkan juga bakso dan sosis yang sudah dipotong.

Campurkan telur, udang, sosis, dan bakso dengan bumbu, lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata. Masak hingga udangnya berubah warna.

Baca Juga: Resep Nasi Bakar Teri Daun Kemangi, Gurih Wanginya Menggugah Selera

4. Masak nasi putih bersama bumbu

Resep Nasi Goreng Bakar Pedas, Aroma Nikmatnya Bikin LaparIlustrasi menggoreng nasi (youtube.com/Willgoz Kitchen)

Masukkan nasi putih ke dalam wajan. Gunakan spatula dan hancurkan nasi supaya terpisah-pisah. Gunakan api kecil saja dan lakukan secara perlahan agar tidak tumpah.

Setelah itu, masukkan irisan daun bawang yang sudah dipotong tipis. Masukkan juga potongan wortel ke dalam wajan tersebut. Untuk wortelnya harus direbus terlebih dahulu sebelum dipotong.

Wortel yang sudah direbus akan cepat lembut saat dimasak nasi goreng. Namun, kamu juga bisa memasaknya terlebih dahulu bersama bumbu nasi goreng tanpa merebus terlebih dahulu.

5. Tambahkan garam, kecap, dan masak hingga matang 

Resep Nasi Goreng Bakar Pedas, Aroma Nikmatnya Bikin LaparBungkus nasi goreng bakar (youtube.com/Willgoz Kitchen)

Pastikan nasi dan bahan lainnya sudah tercampur sempurna bersama bumbu nasi goreng. Kemudian, bumbui dengan garam, kaldu bubuk, merica, dan daun seledri.

Selanjutnya, kucuri dengan kecap manis. Aduk perlahan hingga tercampur rata. Masak hingga nasi yang terkena kecap manis menjadi agak kering. Koreksi rasanya, jika sudah pas, segera angkat.

Langkah terakhir adalah siapkan daun pisang yang sudah dijemur atau dipanggang terlebih dahulu. Masukkan nasi goreng secukupnya saja. Bungkus dan kunci ujungnya dengan tusuk gigi.

6. Bakar nasi goreng hingga daun pisang kecokelatan

Resep Nasi Goreng Bakar Pedas, Aroma Nikmatnya Bikin LaparNasi Goreng Bakar (instagram.com/katakita.au)

Siapkan panggangan, atau kalau tidak punya, kamu bisa pakai teflon di rumah, lalu letakkan di atas kompor dan biarkan agak panas sebentar. Letakkan bungkusan nasi goreng di atasnya.

Setelah itu, panggang nasi goreng dengan api sedang . Biarkan agak sedikit gosong, lalu balik ke sisi satunya. Panggang kembali hingga daunnya menjadi agak kering atau sedikit gosong.

Jika sudah matang, segera angkat bungkusan nasi goreng dari atas teflon. Tunggu hingga agak sedikit dingin, lalu sajikan untuk acara makan malammu bareng keluarga tercinta.

Nasi goreng bakar pedas memang jarang banget dibuat. Namun, jika kamu sudah membuatnya sekali, rasanya bakal nagih banget. Aroma rempah ditambah dengan daun pisangnya gak bakal bisa dilupakan. Yuk, segera praktikkan sekarang!

Baca Juga: 5 Varian Nasi Goreng Unik Khas Nusantara, Ada Nasi Goreng Hitam!

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya