Resep Prol Tape Keju Panggang yang Lembut, Cukup Pakai 2 Telur! 

Olahan tape yang rasanya nagih banget

Kamu belum coba bagaimana rasanya prol tape? Prol tape adalah kue yang gampang dibuat, lho. Terbuat dari tapai singkong yang dilembutkan, kue satu ini pantas untuk kamu sajikan saat ada acara spesial.

Tapai yang sudah dihaluskan kemudian di campur dengan tepung dan telur, lalu dipanggang. Kue ini memiliki cita rasa yang manis legit, teksturnya pun sangat lembut.

Jika kamu ingin membuatnya di rumah, berikut resep dan cara membuat prol tape keju panggang yang bisa kamu tiru. Gak banyak bahan, cukup pakai 2 telur saja, kok.

1. Bahan-bahan yang harus disiapkan 

Resep Prol Tape Keju Panggang yang Lembut, Cukup Pakai 2 Telur! ilustrasi bahan (youtube.com/mama masak)

Bahan utama:

  • 200 gram tapai singkong
  • 2 butir telur ayam
  • 50 gram tepung terigu
  • 50 gram gula pasir
  • 25 gram susu putih bubuk
  • 40 gram keju parut
  • 3 sdm mentega
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/3 sdt garam

Bahan taburan:

  • keju parut secukupnya
  • kacang almond secukupnya

2. Haluskan tapai dan cairkan mentega

Resep Prol Tape Keju Panggang yang Lembut, Cukup Pakai 2 Telur! ilustrasi menghaluskan tape (youtube.com/dapurumi)

Ambil wadah bersih, lalu masukkan tape yang sudah disiapkan ke dalamnya. Hancurkan tapai singkong tersebut menggunakan ulekan ataupun sendok. Jika sudah hancur rata, sisihkan sebentar.

Selanjutnya, panaskan air untuk mencairkan mentega. Ambil mangkok kecil, lalu masukkan mentega ke dalam mangkok. Letakkan dalam air yang panas, aduk sebentar hingga mentega cair dan sisihkan.

3. Buat campuran gula dan telur 

Resep Prol Tape Keju Panggang yang Lembut, Cukup Pakai 2 Telur! ilustrasi mengocok telur (youtube.com/HidaMari Cooking)

Untuk membuat campuran ini tidak usah pakai mikser, cukup dengan whisk saja. Masukkan telur dan gula ke dalam mangkok bersih. Kocok hingga warna telur menjadi putih pucat.

Saat mengocok bahan, usahakan untuk mengatur kecepatan tangan. Usahakan juga untuk tidak banyak berhenti agar mendapatkan hasil yang sempurna.

Baca Juga: Resep Prol Tape Keju Tanpa Mixer yang Super Lembut dan Enak 

4. Buat adonan prol tape keju panggang

Resep Prol Tape Keju Panggang yang Lembut, Cukup Pakai 2 Telur! ilustrasi loyang adonan (youtube.com/cooking with hel)

Ayak terlebih dahulu tepung terigu, lalu masukkan ke dalam campuran gula dan telur. Masukkan juga vanili bubuk, susu, dan garam. Tambahkan juga mentega yang sudah di cairkan tadi.

Setelah itu, pastikan mentega cair dalam keadaan hampir dingin, ya. Aduk kembali menggunakan spatula. Aduk terus hingga semua bahan tercampur rata. Kemudian, siapkan loyang untuk memanggang adonan.

5. Panggang adonan prol keju menggunakan oven 

Resep Prol Tape Keju Panggang yang Lembut, Cukup Pakai 2 Telur! Prol tape (instagram.com/rasyakitchen_)

Panaskan oven terlebih dahulu, lalu atur suhunya kira-kira 180 derajat Celsius. Tunggu sebentar saja. Sambil menunggu kamu bisa menyiapkan loyang untuk adonan. Bersihkan terlebih dahulu, olesi loyang dengan margarin.

Tuang adonan ke dalamnya, taburi sedikit tepung. Letakkan irisan kacang almond dan keju parut di atasnya. Masukkan ke dalam oven, panggang hingga setengah jam. Jika sudah, angkat kue dan sajikan.

Rasa prol tape sendiri sudah manis, ditambah dengan keju dan kacang almond akan memunculkan rasa gurih. Hal ini yang akan membuat rasa prol tape keju panggang sendiri menjadi lebih kaya. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Resep Pie Tape Singkong, Lembut dan Renyah dalam Sekali Gigit

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya