Comscore Tracker

Resep Puding Pisang yang Lembut dan Segarkan Tenggorokan

Siap menemani acara kumpul keluargamu, nih

Puding kerap dijadikan makanan penutup atau dessert. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat puding juga gak sulit untuk dicari. Soal rasa, puding dengan tekstur lembutnya memang mudah disukai banyak orang.

Gak melulu cokelat, kamu bisa coba buat puding pisang untuk keluarga tercinta di rumah. Tentu saja kombinasi buah pisang dan puding bisa buat kamu ketagihan. Berikut resep puding pisang yang lezat dan antiribet!

1. Bahan membuat puding pisang

Resep Puding Pisang yang Lembut dan Segarkan Tenggorokanilustrasi bahan (youtube.com/MAMA INA)

Bahan-bahan:

  • 500 gram pisang tanduk
  • 750 ml susu cair
  • 100 gram gula pasir
  • 1 bungkus agar-agar putih
  • 1/8 sdt esens pisang

2. Rebus agar-agar bersama susu dan gula

Resep Puding Pisang yang Lembut dan Segarkan Tenggorokanilustrasi memasak puding (youtube.com/resep bunda yustin)

Ambil panci, lalu masukkan susu, gula, dan agar-agar ke dalamnya. Masak dengan api sedang hingga mendidih. Jangan lupa untuk rajin-rajin mengaduk, ya.

Jika gula sudah larut, masukkan potongan pisang ke dalamnya. Tambahkan sedikit esens pisang, lalu aduk hingga merata. Masak sebentar sampai mendidih, lalu angkat.

3. Potong pisang secara horizontal 

Resep Puding Pisang yang Lembut dan Segarkan Tenggorokanilustrasi memotong pisang (youtube.com/resep bunda yustin)

Ambil pisang yang sudah disiapkan. Kupas kulitnya dan potong horizontal atau melintang. Usahakan untuk mengatur ketebalannya, kira-kira 1 sentimeter.

Selanjutnya, masukkan potongan pisang ke dalam agar-agar yang sudah dimasak. Aduk hingga rata sebelum menuangkan puding ke loyang.

Baca Juga: Resep Puding Labu Cokelat yang Enak dan Cara Membuatnya

4. Tuang puding ke loyang dan dinginkan

Resep Puding Pisang yang Lembut dan Segarkan Tenggorokanilustrasi menuang puding (youtube.com/resep bunda yustin)

Kamu bisa menggunakan loyang atau wadah lain. Usahakan bersihkan loyang atau wadah terlebih dahulu. Tuang puding yang sudah mendidih tadi ke dalamnya secara perlahan.

Jika puding sudah tertuang semua, singkirkan terlebih dahulu. Tunggu hingga puding dingin dan mengeras. Setelah puding mengeras, kamu bisa memotongnya dan menyajikan puding tersebut untuk keluarga tercinta. Disajikan dingin bakal lebih nikmat, lho.

5. Tips puding pisang makin nikmat dan lezat

Resep Puding Pisang yang Lembut dan Segarkan Tenggorokanpuding pisang (youtube.com/resep bunda yustin)

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar puding pisang makin nikmat dan lezat.

  • Kamu bisa menambahkan puding dengan rasa lain. Selagi menunggu puding pisang mengeras, buatlah satu puding lagi, misalnya cokelat. Jika sudah mendidih dan matang, angkat dan tuang ke dalam cetakan yang sudah ada puding pisang di bawahnya. Tunggu hingga dingin dan mengeras, lalu keluarkan tumpukan puding tersebut dan hidangkan.
  • Kamu juga bisa membuat saus karamel. Panaskan gula dengan api kecil, masukkan mentega hingga meleleh. Masukkan susu kental dan aduk rata. Beri sedikit tepung maizena, aduk cepat hingga mendidih. Angkat dan dinginkan. Tuangkan ke dalam potongan puding yang akan disajikan.

Selain digunakan sebagai dessert, puding juga cocok kamu hidangkan saat ada acara keluarga. Sensasi lembut dan segarnya puding pisang bikin kamu ketagihan, deh. Yuk, coba bikin sendiri di rumah!

Baca Juga: Resep Puding Lumut Mentega yang Lembut untuk Camilan di Rumah 

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya