Comscore Tracker

Resep Thai Tea Milo yang Ademnya bikin Seger, Cocok untuk Cuaca Panas

Daripada beli dengan harga mahal, buat sendiri juga bisa 

Thai tea menjadi minuman yang sedang digandrungi oleh sebagian anak-anak muda di Indonesia. Rasanya yang unik memang menjadi daya tarik sehingga minuman satu ini sangat laku di pasaran.

Bahan dasar thai tea adalah teh hitam dengan rempah khusus seperti bunga lawang. Kemudian teh tersebut dituangi dengan susu kental manis ataupun krimer sesuai selera.

Di Indonesia sendiri, thai tea dengan milo menjadi salah satu varian yang laris manis, lho. Namun harganya yang mahal terkadang membuat kamu berpikir dua kali untuk membelinya.

Jangan risau, kamu juga bisa membuat thai tea di rumah, lho. Persiapkan bahan-bahan berikut dan bikin sesuai resepnya.

1. Bahan-bahan untuk membuat thai tea 

Resep Thai Tea Milo yang Ademnya bikin Seger, Cocok untuk Cuaca Panasilustrasi daun teh kering (pixabay.com/Pexels)

Bahan-bahan:

  • 1 kantong teh celup (merk sesuai selera)
  • Susu kental manis secukupnya
  • Susu evaporasi
  • 1 bungkus bubuk milo
  • Es batu secukupnya
  • Air panas

2. Panaskan air untuk membuat teh 

Resep Thai Tea Milo yang Ademnya bikin Seger, Cocok untuk Cuaca Panasilustrasi merebus teh hitam (youtube.com/Ade Koerniawan)

Siapkan panci dan isi dengan air secukupnya. Didihkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Siapkan gelas dan masukkan sekantong teh celup ke dalamnya. Untuk merek teh, kamu bisa menggunakan merek apapun.

Kamu juga bisa menggunakan teh hitam biasa, ya. Gak harus teh Thailand, kok. Jika air sudah mendidih, matikan kompor dan masukkan teh ke dalamnya. Aduk hingga warnanya berubah dan biarkan hingga hangat.

Baca Juga: Resep Hong Kong Thai Tea yang Otentik, Rasanya Legit!

3. Tuang ke dalam gelas dan tambahkan bubuk milo 

Resep Thai Tea Milo yang Ademnya bikin Seger, Cocok untuk Cuaca Panasilustrasi menuang teh (youtube.com/Ade Koerniawan)

Selanjutnya jika suhu air teh sudah menjadi hangat, siapkan gelas yang akan digunakan, ya. Tuang teh ke dalam gelas tersebut. Saat menuang, jangan sampai penuh. Cukup sepertiga saja agar nanti tidak tumpah.

Kemudian tambahkan bubuk milo dengan menuang dua sendok makan ke dalamnya. Tambahkan dua sendok makan susu kental manis, aduk hingga rata.

Untuk susu kental manis sesuaikan seleramu, ok.

4. Tambahkan es batu dan susu evaporasi 

Resep Thai Tea Milo yang Ademnya bikin Seger, Cocok untuk Cuaca Panasilustrasi memasukkan susu (youtube com/Ade Koerniawan)

Susu evaporasi sendiri merupakan susu sapi murni yang kadar airnya dihilangkan hingga 60 persen. Susu yang dibuat melalui proses pemanasan dengan api sedang ini sudah banyak dijual di luaran sana.

Sebelum memasukkan susu evaporasi ke dalam thai tea milo, masukkan terlebih dahulu es batu ke dalamnya, ya. Aduk perlahan, kemudian masukkan susu evaporasi ke dalamnya. Gunakan secukupnya saja.

5. Tips dalam penyajian thai tea milo untuk keluarga 

Resep Thai Tea Milo yang Ademnya bikin Seger, Cocok untuk Cuaca Panasthai tea milo (instagram.com/turere_drink)

Setelah memasukkan es batu dan susu evaporasi, aduk thai tea milo tersebut hingga tercampur rata. Lalu sajikan dalam keadaan dingin. Minuman ini sangat cocok untuk disajikan saat cuaca panas, ya.

 Nyatanya bukan hanya varian milo yang digandrungi, namun ada beberapa varian lain yang bisa kamu pilih, antara lain:

  1. Dengan mencampur bubuk ovaltine. Caranya sama persis dengan membuat thai tea milo. Yang membedakan adalah kandungan kakao di bubuk oveltine tidak sekental milo
  2. Menambahkan bubuk kopi dipikir aneh, kan? Nyatanya kombinasi ini sangat pas, lho. Tipsnya jika kamu menggunakan bubuk kopi maka kurangi tingkat kemanisan dari tehnya.

Cita rasa teh asal Thailand ini memang unik. Selain manis, ada rasa pahit di teh yang diproduksi dari negara Gajah Putih tersebut. Namun dengan pengolahan yang tepat, nyatanya teh asal Thailand bisa menjadi minuman yang banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia.

Baca Juga: 5 Kreasi Minuman dari Thai Tea, Penghilang Dahaga yang Segar

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya