Comscore Tracker

Resep Tumis Kangkung Terasi, Rasanya Seenak Buatan di Restoran

Ide lauk makan siang yang praktis dan lezat

Sayur kangkung paling enak dimasak tumis dengan irisan bawang merah dan putih serta sedikit cabai merah keriting yang diiris miring. Supaya baunya makin sedap, biasanya tumis kangkung ditambahkan terasi yang sudah digoreng.

Tumis kangkung atau cah kangkung ini memang sangat sedap. Memasaknya jangan terlalu lama agar tekstur renyahnya berasa saat digigit. Cita rasanya yang gurih dan pedas sangat cocok dimakan dengan nasi hangat.

Bisa kamu jadikan ide makan siang nanti, berikut resep tumis kangkung terasi yang bisa kamu buat di rumah. Rasanya selezat di restoran, lho.

1. Bahan untuk tumis kangkung terasi 

Resep Tumis Kangkung Terasi, Rasanya Seenak Buatan di RestoranIlustrasi sayur kangkung (instagram.com/d_viana87)

Bahan utama:

  • 3 ikat kangkung
  • 3 buah cabai merah besar
  • 1 buah tomat merah besar
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 50 ml air
  • 2 sdm untuk menumis

Bahan bumbu halus:

  • 1 sdt terasi
  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah keriting

2. Siangi kangkung sebelum digunakan 

Resep Tumis Kangkung Terasi, Rasanya Seenak Buatan di RestoranIlustrasi merendam sayur kangkung dengan air garam (youtube..com/Derialdo Caesar)

Sayur kangkung memang lezat. Namun tak banyak yang mau mengolahnya. Ternyata masih banyak yang beranggapan bahwa sayur kangkung penuh dengan hama dan bakteri, lho.

Sayur kangkung layak untuk dikonsumsi, dengan syarat harus dibersihkan dengan benar. Lantas, bagaimana caranya? Cukup direndam dengan air garam beberapa saat saja, kok.

Sayur yang sudah dicuci, lalu dipotong sesuai selera. Masukkan ke dalam wadah, lalu tuang air hingga merendam sayur kangkung, beri garam, aduk dan diamkan dulu.

Setelah didiamkan, buang air garam yang digunakan untuk merendam. Lalu ganti dengan air biasa, cuci sekali lagi. Terakhir, bilas dengan air yang mengalir.

3. Haluskan bumbu hingga lembut 

Resep Tumis Kangkung Terasi, Rasanya Seenak Buatan di RestoranIlustrasi mengulek sambal (youtube.com/Ais)

Siapkan cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Masukkan dalam satu wadah dan cuci dengan air mengalir hingga bersih agar tidak ada bakteri yang menempel.

Selanjutnya, siapkan ulekan atau blender jika tidak ingin repot. Masukkan cabai merah keriting, bawang merah, dan bawang putih ke dalam ulekan. Haluskan bahan tersebut hingga lembut.

Setelah lembut, sisihkan terlebih dahulu, ya. Kemudian, ambil tomat dan cabai merah besar. Iris cabai dan potong tomat merahnya.

Baca Juga: Resep Tumis Kangkung dan Tahu yang Bikin Lidah Bergoyang, Yummy!

4. Tumis bumbu hingga harum 

Resep Tumis Kangkung Terasi, Rasanya Seenak Buatan di RestoranIlustrasi menumis bumbu (youtube.com/Dapur Cintaku)

Siapkan wajan, lalu letakkan di atas kompor. Nyalakan api dan tuang minyak ke dalam wajan. Biarkan hingga panas. Gunakan api kecil saja saat menumis bumbu halus.

Setelah minyak panas, masukkan bumbu halus ke dalam wajan. Tumis hingga wangi dan warnanya berubah. Masukkan juga cabai yang diiris ke dalam wajan tersebut. Begitu pula dengan tomatnya.

Selanjutnya, masukkan air, garam, merica bubu, gula, dan gula pasir. Masak hingga airnya mendidih dan bumbu yang dimasukkan tercampur jadi satu. Jangan lupa untuk tetap menggunakan api kecil, ya!

5. Masukkan kangkung, masak sebentar 

Resep Tumis Kangkung Terasi, Rasanya Seenak Buatan di RestoranTumis sayur kangkung (instagram.com/cookingwithfenny)

Setelah bumbu tumisnya jadi, masukkan kangkung ke dalam wajan. Aduk dengan teknik melipat agar sayur kangkung tercampur dengan bumbu tumisnya. Biarkan sebentar saja.

Sayur kangkung paling enak dimasak setengah matang. Namun, jika kamu tidak suka, kamu bisa memasaknya hingga matang sepenuhnya atau teksturnya menjadi lembut.

Setelah itu, koreksi rasa dari tumis kangkung terasi, ya. Jika dirasa sudah pas, kamu bisa mematikan api kompor. Siapkan piring saji dan pindahkan tumis kangkung ke dalam piring saji tersebut.

Tumis kangkung atau cah kangkung biasanya disajikan di restoran. Biasanya juga masakan ini yang paling banyak di pesan.

Nah, gak ada salahnya untuk mencoba memasaknya sendiri di rumah, kan? Apalagi jika dimakan bareng keluarga. Dijamin tumis kangkung terasi ini bakal jadi menu kesukaan keluargamu, deh!

Baca Juga: Resep Kangkung Dua Rasa ala Devina Hermawan, Seenak Restoran Chinese!

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya