Comscore Tracker

Resep Waffle dengan Saus Keju Creamy yang Lezat, Begini Cara Buatnya

Awali hari dengan sarapan lezat agar lebih bersemangat

Jika bingung ingin membuat sarapan apa besok pagi, cobalah memasak waffle atau kue asal Belgia satu ini. Selain untuk dessert, waffle sendiri memang cocok dimakan pagi hari, lho. Apalagi dengan segelas kopi panas pasti bakal makin nikmat.

Rasanya yang cenderung gurih bisa kamu kreasikan dengan menambah saus keju, kombinasi rasa yang tercipta bakal ciamik, deh. Agar tidak penasaran, berikut cara dan resep membuat waffle keju yang bisa kamu catat. Siap untuk mulai memasak?

 

1. Bahan yang harus disiapkan 

Resep Waffle dengan Saus Keju Creamy yang Lezat, Begini Cara Buatnyailustrasi bahan-bahan (unsplash.com/Annie Spratt)

Bahan-bahan:

  • 300 gram tepung terigu rendah kalori
  • 1 1/2 sdm gula pasir halus
  • 1 sdt baking powder
  • 450 ml susu cair
  • 2 telur pisahkan kuning dan putihnya
  • 2 sdm margarin
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir

Saus keju:

  • 150 gram keju cheddar
  • 1 butir kuning telur
  • Air mineral secukupnya
  • 250 ml susu putih full cream
  • 1 1/2 sdm tepung maizena
  • 1 sachet tepung bumbu rasa keju

2. Campur tepung terigu dan baking powder 

Resep Waffle dengan Saus Keju Creamy yang Lezat, Begini Cara Buatnyailustrasi campuran tepung (unsplash.com/Vlad Kutepov)

Ambil wadah bersih, letakkan tepung terigu dan baking powder ke dalamnya, aduklah hingga tercampur rata. Persiapkan ayakan dan wadah baru. Ayak terlebih dahulu campuran tepung terigu dan baking powder agar lebih lembut.

Ambil satu setengah sendok makan gula pasir, campur ke dalam adonan. Aduk sembari menuang susu cair sedikit demi sedikit. Aduk terus hingga menemukan tekstur adonan yang pas atau tidak telalu cair ataupun kental.

Baca Juga: 5 Ide Menu Sarapan Lezat dengan Waffle Gurih, Gak Cuma Manis!

3. Masukkan kuning telur dan margarin cair 

Resep Waffle dengan Saus Keju Creamy yang Lezat, Begini Cara Buatnyailustrasi mencampur telur (unsplash.com/Monika Grabkowska)

Cairkan terlebih dahulu margarin dengan api kecil. Jika sudah, biarkan hingga dingin. Ambil kuning telur yang sudah dipisahkan dengan putihnya. Masukkan bersamaan dengan margarin tadi serta garam ke dalam adonan. Aduk hingga rata.

Masukkan putih telur ke dalam wadah baru, masukkan gula satu sendok makan dan kocok hingga mengembang. Jika sudah mengembang, campur ke dalam adonan tepung dan aduklah hingga rata.

4. Buat waffel dengan menggunakan cetakan 

Resep Waffle dengan Saus Keju Creamy yang Lezat, Begini Cara Buatnyailustrasi membuat waffle (unsplash.com/Pietro De Grandi)

Siapkan cetakan waffel terlebih dahulu. Sembari memanaskan cetakan tersebut, olesi dengan margarin. Jika sudah panas, ambil adonan dan aduk secara perlahan. Ambil menggunakan sendok dan tuang ke cetakan.

Tutup cetakan waffel, tunggu beberapa saat hingga matang. Jika sudah matang, angkat waffel tersebut dan letakkan ke dalam piring. Lakukan terus hingga semua adonan habis. Jika sudah, sisishkan sebentar dan buatlah saus keju terlebih dahulu.

5. Buat saus keju untuk topping waffle 

Resep Waffle dengan Saus Keju Creamy yang Lezat, Begini Cara Buatnyasaus keju untuk waffles (barefeetinthekitchen.com)

Panaskan terlebih dahulu susu full cream, lalu masukkan keju cheddar ke dalamnya. Aduk terus hingga keju larut dengan susunya. Masukkan tepung bumbu keju, aduk sekali lagi dan pastikan semua bahan tercampur rata.

Ambil satu butir telur kuning, letakkan ke dalam mangkok. Ambil sedikit susu full cream yang sudah panas tadi dan aduklah hingga tercampur rata. Jika sudah, tuang sedikit demi sedikit ke dalam susu. Tunggu hingga mendidih.

Dalam hal penyajian, kamu bisa meletakkan dua atau tiga potongan waffle ke atas piring. Tuang dengan saus keju yang sudah dibuat. Selain itu kamu bisa menambahkan toping lain seperti irisan buah-buahan.

Gimana, sudah gak sabar kan ingin membuat waffle dengan saus kejunya yang creamy? Selain keju, kamu juga bisa mengombinasikan dengan saus cokelat lho. Rasanya gak kalah maknyus, kok. Memang terbaik deh untuk mengawali hari. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Kreasi Chaffle Enak, Waffle Hits yang Terdiri dari Dua Bahan Saja!

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya