Comscore Tracker

Resep Bubur Kacang Hijau yang Cocok Dijadikan Menu Takjil

Enak dan praktis, lho!

Berbukalah dengan yang manis. Kata-kata ini sering terngiang-ngiang di kepala ketika bulan puasa. Bagi kalian yang sedang mencari referensi takjil makanan manis, kebetulan sekali kamu mampir ke artikel ini. 

Di sini penulis akan membagikan resep yang kamu cari, bubur kacang hijau. Selain enak, proses pembuatannya pun sangat mudah. Gak percaya? Simak saja penjelasan di bawah ini hingga selesai, ya!

1. Siapkan bahan yang diperlukan

Resep Bubur Kacang Hijau yang Cocok Dijadikan Menu Takjililustrasi bahan yang diperlukan (pexels.com/Vie Studio)

Sebelum memulai, pastikan bahan-bahan yang diperlukan sudah lengkap, ya!

Bahan:

  • 2,5 liter air
  • 250 gram kacang hijau
  • 200 ml santan 
  • 250 gram gula merah
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 2 ruas jari jahe

2. Rendamlah kacang hijau terlebih dahulu

Resep Bubur Kacang Hijau yang Cocok Dijadikan Menu Takjililustrasi merendam bahan (pexels.com/Any Lane)

Bersihkan kacang hijau dengan air mengalir. Lalu, rendamlah kacanga hijau selama 5 jam dengan suhu ruang.

Sementara itu, irislah jahe sesuai selera. Untuk tepung maizena, campurkanlah dengan air secukupnya hingga mengental.

Baca Juga: Resep Bubur Kacang Hijau dan Cara Membuatnya yang Praktis!

3. Cairkan gula merah hingga larut dalam air

Resep Bubur Kacang Hijau yang Cocok Dijadikan Menu Takjililustrasi memasak (pexels.com/Live on Shot)

Masaklah air hingga mendidih dalam panci. Jika sudah mendidih, masukkan gula merah dan biarkan hingga larut.

Aduk-aduk gula merah secara terus menerus agar lebih cepat larut. Kemudian, segera matikan kompor jika memang gula sudah larut dalam air. Hasilnya, saring air gula tersebut hingga bersih dari bercak hitam gula.

4. Saatnya membuat bubur kacang, nih!

Resep Bubur Kacang Hijau yang Cocok Dijadikan Menu Takjililustrasi memasak (pexels.com/Rene Asmussen)

Setelah 5 jam berlalu, buang air rendaman kacang hijau. Sementara itu, masaklah kembali air gula merah tadi hingga mendidih.

Lalu, tambahkan kacang hijau dan sisa bahan lainnya. Aduk-aduk santan selama proses ini agar tidak pecah. Jangan lupa koreksi rasa, ya! 

5. Bubur kacang hijau siap disajikan, nih!

Resep Bubur Kacang Hijau yang Cocok Dijadikan Menu Takjilbubur kacang hijau (instagram.com/lc_cuan)

Jika memang rasanya sudah pas, tinggal matikan kompor. Pindahkan bubur ini ke mangkuk saji yang sudah tersedia.

Akhirnya, bubur kacang hijau pun siap disajikan. Supaya lebih nikmat, kamu bisa menikmati bubur ini dengan roti tawar. Dijamin bikin nagih, deh!

Wah, ternyata proses pembuatan bubur kacang hijau memang mudah banget. Selain dijadikan jamuan takjil di rumah, bisa juga dijadikan ide bisnis kuliner. Kamu tertarik tidak?

Baca Juga: 5 Bubur Ayam Hits di Solo yang Bikin Nagih, Ada Bubur Bakar Juga, lho!

Lena Latipah Photo Verified Writer Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya