Comscore Tracker

Cara Membuat Gulai Daun Singkong, Menu Berkuah Santan yang Sedap

Bisa jadi ide lauk sehari-hari, nih!

Masyarakat Asia, termasuk Indonesia, pasti sudah tak asing lagi dengan tanaman bergizi tinggi ini. Namanya daun singkong.

Daun singkong sendiri tidak bisa langsung dikonsumsi. Hal ini dikarenakan mengandung zat beracun berupa sianida, lho.

Sebelum dikonsumsi, daun singkong harus dimasak terlebih dahulu. Sebagai referensi lauk harian, cobalah membuat gulai daun singkong.

Rasanya tak kalah enak dari rumah makan padang, berikut cara membuat gulai daun singkong yang sedap dan praktis. Pencinta masakan padang jangan sampai skip!

1. Siapkan bahan-bahan terlebih dahulu

Cara Membuat Gulai Daun Singkong, Menu Berkuah Santan yang Sedapilustrasi daun singkong (pixabay.com/mayapujiati)

Bahan utama:

  • 2 ikat daun singkong muda
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 65 ml santan kental
  • 700 ml air

Bahan bumbu halus:

  • 7 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah besar
  • 3 butir kemiri
  • 1/2 sendok makan ketumbar utuh
  • 1/2 sendok teh lada 
  • 1 ruas jari kunyit 

2. Rebus daun singkong hingga layu

Cara Membuat Gulai Daun Singkong, Menu Berkuah Santan yang Sedapilustrasi didihan air untuk merebus daun singkong (pixabay.com/Three-shots)

Petik daun singkong dan buang bagian batangnya. Jika sudah, bersihkan dengan air yang mengalir sampai tuntas. Tiriskan daun singkong di dalam wadah sampai kering.

Setelah itu, masaklah air hingga mendidih. Beri sedikit garam sambil diaduk-aduk. Kemudian, masukkan daun singkong dan rebus selama 5 menit hingga layu. Sambil menunggu, kamu bisa memarkan serai dan lengkuas hingga gepeng. 

Setelah daun singkong layu, langsung angkat dan tiriskan. Biarkan sebentar hingga dingin, lalu peras airnya dan cetak menjadi beberapa gumpalan. Iris gumpalan daun singkong tersebut sesuai selera, ya!

3. Tumis bumbu gulai hingga matang dan harum

Cara Membuat Gulai Daun Singkong, Menu Berkuah Santan yang Sedapilustrasi menumis bumbu gulai (pexels.com/Amar Preciado)

Bakarlah kunyit hingga kulit luarnya sedikit gosong. Jika sudah dibakar, kupas kulit luar kunyit dan haluskan bersama bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, kemiri, ketumbar, dan lada.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan. Setelah minyaknya panas, masukkan bumbu halus tadi dan tumis tanak. Pastikan api kompor tak terlalu besar agar tidak mudah gosong.

Baca Juga: Resep Rolade Daun Singkong yang Gurih, Begini Cara Membuatnya

4. Campur bumbu gulai dengan daun singkong

Cara Membuat Gulai Daun Singkong, Menu Berkuah Santan yang Sedapilustrasi memasak gulai daun singkong (pixabay.com/wolffsfa)

Jika sudah matang, masukkan serai, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk. Masaklah sambil diaduk-aduk hingga bumbu gulai wangi. 

Setelah itu, masukkan air dan santan kental. Aduk kembali hingga tercampur rata dan kuahnya mendidih. Terakhir, masukkan daun singkong dan biarkan sebentar sambil sesekali diaduk hingga kuahnya kembali mendidih.

5. Gulai daun singkong siap disajikan, deh!

Cara Membuat Gulai Daun Singkong, Menu Berkuah Santan yang Sedapgulai daun singkong (instagram.com/made.ernayanti)

Jangan lupa koreksi juga rasanya. Kamu bisa tambahkan bumbu sesuai selera jika rasanya belum sesuai lidahmu. Namun, jika sudah pas, langsung matikan kompor, ya.

Selanjutnya, pindahkan gulai daun singkong ke dalam mangkuk saji. Sekarang, gulai daun singkong siap disajikan sebagai lauk makan, deh.

Supaya lebih nikmat, sajikan gulai singkong yang enak ini dengan sambal terasi dan ikan asin. Dijamin bikin kamu kalap makan. Gak percaya? Coba praktikkan resepnya di rumah, ya!

Baca Juga: 10 Lauk Pendamping Sayur Daun Singkong yang Bikin Makin Kaya Rasa

Lena Latipah Photo Verified Writer Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya