Comscore Tracker

Resep Cumi Lada Garam yang Pedasnya Bikin Ketagihan 

Cocok dijadikan hidangan makan siang, nih!

Bisa gak ya cumi diolah menjadi makanan renyah seperti gorengan? Jawabannya, tentu bisa dong. Cumi-cumi ini bisa diubah menjadi cumi lada garam.

Rasanya enak, apalagi paduan aroma bawang dan pedasnya cabai rawit bisa bikin kamu kalap makan. Daripada dibuat penasaran, lebih baik simak resep di bawah ini untuk praktik nanti, ya!

1. Siapkan bahan yang diperlukan

Resep Cumi Lada Garam yang Pedasnya Bikin Ketagihan ilustrasi bahan yang diperlukan (pexels.com/Alex Knight)

Sebelum mulai masak, pastikan bahan yang diperlukan sudah lengkap, ya!

Bahan utama:

  • 500 gram cumi segar
  • 12 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah besar
  • 20 buah cabai rawit
  • 3 batang daun bawang
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh kaldu jamur

Bumbu marinasi cumi:

  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 1 butir telur
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • 1 sendok makan saus tiram

Bahan tepung kering:

  • 60 gram tepung maizena
  • 45 gram tepung terigu
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • 1 sendok teh kaldu jamur
  • 1/2 sendok teh baking powder

2. Cuminya dimarinasi dulu, ya!

Resep Cumi Lada Garam yang Pedasnya Bikin Ketagihan ilustrasi bumbu marinasi (pexels.com/Pixabay)

Kupas kulit cumi dan buang tinta bersama tulang yang ada di dalamnya. Lalu, bersihkan dengan air yang mengalir. Bila perlu, buang juga bagian kepala cumi. Hasilnya, irislah cumi menjadi beberapa bagian sesuai selera.

Kemudian, campurkan cumi dengan bumbu marinasi berupa kocokan 1 butir telur, tepung maizena, garam, lada bubuk, dan saus tiram.Aduk-aduk hingga tercampur rata dan diamkan selama 30 menit. 

Baca Juga: 5 Sajian dengan Bumbu Garam dan Lada Hitam, Bisa Buat Minuman juga!

3. Tumis bumbu hingga layu dan tercium wangi

Resep Cumi Lada Garam yang Pedasnya Bikin Ketagihan ilustrasi menumis bumbu (pexels.com/Daria Obymaha)

Sambil menunggu, cincang kasar bawang putih sesuai selera. Sementara itu, iris tipis cabai merah besar, cabai rawit, dan daun bawang. 

Lalu, panaskan minyak goreng dalam wajan. Jika sudah panas, masukkan bawang putih dan tumislah hingga tercium wangi. Terakhir, masukkan juga irisan cabai merah besar, cabai rawit, dan daun bawang. Masaklah hingga bahan-bahan tersebut layu.

Terakhir masukkan juga lada bubuk, garam, dan kaldu jamur. Aduk-aduk sebentar hingga semua bahan tumisan tercampur rata, ya!

4. Saatnya menggoreng cumi, nih!

Resep Cumi Lada Garam yang Pedasnya Bikin Ketagihan ilustrasi memasak (pexels.com/Gagan Cambow)

Segera matikan kompor jika tumisan bumbu tadi sudah matang dan tercampur rata. Selanjutnya, buatlah adonan tepung kering hasil dari campuran tepung maizena, tepung terigu, garam, lada bubuk, kaldu jamur, dan baking powder. 

Lumuri cumi hasil marinasi selama 30 menit ke dalam adonan tepung kering. Lalu, gorenglah di minyak panas dengan api sedang hingga berwarna kuning kecoklatan. Jika sudah berwarna seperti itu, segera angkat dan tiriskan.

5. Akhirnya, cumi lada garam siap disajikan

Resep Cumi Lada Garam yang Pedasnya Bikin Ketagihan cumi lada garam (instagram.com/marini_foodjournal)

Tak berhenti di sana, campurkan cumi goreng tadi dengan tumisan bumbu dalam kondisi kompor mati. Aduk-aduk hingga tercampur rata sempurna. Lalu, pindahkan ke piring saji.

Sekarang, kamu sudah bisa menikmati cumi lada garam sebagai hidangan makan siang. Dijamin bikin kalap makan nasi dan jika nasinya habis, mending dibuat ngemil aja deh!

Wah, ternyata proses pembuatan cumi lada garam yang pedas ini memang mudah banget. Tunggu apa lagi, segera siapkan bahan-bahannya untuk nanti praktik, ya!

Baca Juga: Resep Cumi Cabai Lada Garam, Rasanya Seenak Buatan Restoran 

Lena Latipah Photo Verified Writer Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya