Comscore Tracker

Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning, Enaknya Kaya akan Rempah

Wajib dicoba, nih!

Ikan bakar adalah salah satu hidangan yang dimasak dengan cara dipanggang di atas bara api. Biasanya, ikan bakar di Indonesia pasti diolesi dengan bumbu kecap pedas nan wangi.

Tapi, kamu sudah pernah coba ikan bakar bumbu kuning, belum? Sesuai namanya, ikan bakar ini diberi olesan bumbu kuning yang kaya akan rempah.

Jika kamu penasaran dengan rasa aslinya, coba saja resep ikan bakar bumbu kuning sebagai menu lauk. Caranya ikuti penjelasan lengkap resep ikan bakar bumbu kuning berikut ini, ya.

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan

Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning, Enaknya Kaya akan Rempahilustrasi ikan mujair (pexels.com/Kindel Media)

Bahan-bahan:

  • 4 ekor ikan mujair
  • 30 ml santan kental
  • 6 lembar daun jeruk purut
  • 2 batang serai
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam
  • 1 1/2 sendok teh kaldu jamur
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 150 gram bawang merah
  • 75 gram bawang putih
  • 50 gram cabai rawit merah
  • 1 1/2 ruas jari kunyit
  • 7 butir kemiri sangrai
  • 2 ruas jari jahe 

2. Bersihkan ikan mujair terlebih dahulu

Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning, Enaknya Kaya akan Rempahilustrasi membersihkan ikan mujair (pexels.com/Kampus Production)

Buatlah belahan di bagian tengah perut ikan atau di salah satu sisinya. Lalu, buang kotoran yang ada di dalam perut ikan.

Hasilnya, bersihkan sisik ikan dan buang ekornya menggunakan pisau. Kemudian, bersihkan seluruh permukaan ikan dengan air.

Untuk membuat ikan bakar bumbu kuning, jenis ikan tawar yang digunakan tidak hanya mujair. Kamu bisa ambil beberapa jenis ikan tawar lainnya sesuai selera.

3. Tumis bumbu kuning hingga tanak dan wangi

Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning, Enaknya Kaya akan Rempahilustrasi menghaluskan bumbu kuning sebelum ditumis (unsplash.com/Mufid Majnun)

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, kunyit, kemiri, dan jahe hingga lembut. Selain itu, gepreklah serai hingga gepeng. 

Lalu, panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan. Jika sudah panas, masukkan bahan-bahan di atas bersama daun jeruk purut. Tumislha sambil terus diaduk-aduk hingga tanak dan wangi. 

Baca Juga: Resep Nasi Bakar Ikan Teri yang Rasanya Pulen dan Gurih Abis

4. Saatnya memasak ikan bakar bumbu kuning, nih!

Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning, Enaknya Kaya akan Rempahilustrasi memasak ikan bakar bumbu kuning (pixabay.com/StevenWhip)

Tak berhenti sampai di sana, tambahkan garam, santan kental, garam, kaldu jamur, dan gula pasir ke dalam tumisan bumbu kuning. Aduk-aduk terus hingga santan menyusut dan sedikit kering.

Setelah menyusut, matikan kompor dan aduk-aduk sambil menambahkan air jeruk nipis. Lalu, baluri seluruh permukaan ikan dengan bumbu kuning.

Hasilnya, bakarlah ikan ini di atas bara api atau menggunakan teflon pemanggang. Balikkam posisinya sambil diolesi kembali dengan bumbu kuning. Selama ikan belum kering, kamu bisa terus memanggangnya hingga matang. 

5. Akhirnya, ikan bakar bumbu kuning siap disajikan

Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning, Enaknya Kaya akan Rempahikan bakar bumbu kuning (instagram.com/lia_chen_ok)

Jika bumbu kuning sudah meresap kering, timbul sedikit bercak hitam pada ikan, dan daging ikan pun terlihat berwarna putih mengelupas, langsung saja angkat. Kemudian, pindahkan ke dalam piring saji.

Sekarang, kamu sudah bisa mencicipi ikan bakar bumbu kuning buatan sendiri. Rasa pedasnya benar-benar khas karena kaya akan rempah. 

Lauk ini sudah pasti menjamin kamu lahap makan nasi. Cocok dijadikan ide lauk nasi spesial di awal bulan ini. Bagaimana menurutmu? Langsung saja eksekusi resep ikan bakar bumbu kuning di atas, yuk!

Baca Juga: 17 Resep Ikan Bakar dan Cara Membuat Bumbunya Meresap Sempurna

Lena Latipah Photo Verified Writer Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya