Comscore Tracker

Resep Kepiting Lada Hitam ala Resto, Enaknya Bukan Main!

Bisa jadi ide bisnis, nih!

Ranjungan adalah salah satu kepiting yang hidup di laut dengan ciri-ciri capit panjang dan tubuh lebih ramping dibandingkan jenis kepiting lainnya. Kepiting ini tentunya bisa diolah menjadi aneka masakan yang menggoda selera.

Salah satunya, ada kepiting lada hitam. Mungkin, kamu sudah terbiasa menemukan lauk ini di restoran. Tapi, tak ada salahnya untuk kamu membuat resep kepiting lada hitam tersebut di rumah. 

Tenang saja, proses pembuatannya relatif mudah. Asalkan kamu bisa ikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini. Selamat mencoba, ya!

1. Siapkan bahan yang diperlukan

Resep Kepiting Lada Hitam ala Resto, Enaknya Bukan Main!ilustrasi kepiting ranjungan (pexels.com/Mark Stebnicki)

Bahan-bahan:

  • 1 kg kepiting ranjungan
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 buah bawang bombai
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sendok makan saus tomat
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan lada hitam bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 300 ml air

2. Bersihkan kepiting terlebih dahulu

Resep Kepiting Lada Hitam ala Resto, Enaknya Bukan Main!ilustrasi kepiting (unsplash.com/Mae Mu)

Jika kepiting masih hidup, pastikan kepiting ranjungan ini sudah dalam kondisi terikat tali rapia. Lalu, diamkan dalam freezer selama 30 menit hingga membeku.

Setelah 30 menit berlalu, rebuslah kepiting selama 30 menit hingga berubah warna menjadi jingga. Jika sudah berubah warna, segera angkat dan tiriskan. Lalu, buka talinya dan lepaskan cangkang bagian bawah badan kepiting. 

Di sana, buanglah insang yang berwarna hitam beserta kotoran yang ada. Sementara itu, gepreklah bagian capit hingga lunak tapi jangan sampai hancur. Terakhir, sikat seluruh bagian luar kepiting hingga tak ada pasir atau kotoran yang tersisa. Jangan lupa bersihkan dengan air juga, ya!

3. Tumislah bawang putih dan bawang bombai hingga wangi

Resep Kepiting Lada Hitam ala Resto, Enaknya Bukan Main!ilustrasi tumisan bawang bombai (pixabay.com/agamaszota)

Sebelum kepiting diolah, gorenglah menggunakan minyak panas dan api sedang. Aduk-aduk sebentar agar kepiting bisa matang secara merata. Hasilnya, segera angkat dan tiriskan kepiting jika sudah matang sempurna.

Kemudian, haluskan cabai merah keriting dan jahe hingga lembut. Sementara itu, cincang halus bawang putih sesuai selera. Tak tertinggal, iris juga bawang bombai sesuai selera.

Lalu, panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan. Setelah minyak goreng panas, masukkan bawang putih dan bawang bombai.Tumislah kedua bawang ini hingga tercium wangi. 

Baca Juga: Resep Crab Cake, Olahan Daging Kepiting yang Rasanya Bikin Merem Melek

4. Saatnya memasak kepiting lada hitam, nih!

Resep Kepiting Lada Hitam ala Resto, Enaknya Bukan Main!ilustrasi memasak kepiting lada hitam (pixabay.com/stokpic)

Jika tumisan bawang sudah tercium wangi, masukkan bumbu halus berupa cabai merah keriting dan jahe. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan tercium wangi yang khas.

Lalu, masukkan air dan biarkan sejenak hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan saus tomat dan sisa bahan lainnya kecuali kepiting. Aduk-aduk hingga terbentuk cairan yang kental.

Terakhir, masukkan kepiting ranjungan. Masaklah sambil terus diaduk-aduk hingga kuahnya meresap ke dalam kepiting dan mengental kuat. 

5. Akhirnya, kepiting lada hitam siap disajikan

Resep Kepiting Lada Hitam ala Resto, Enaknya Bukan Main!kepiting lada hitam (instagram.com/craby.crab3)

Tak berhenti sampai di sana, koreksi rasa kuah kentalnya barangkali masih kurang bumbu. Jika rasanya sudah pas dan meresap ke dalam kepiting, segera angkat dan pindahkan ke piring saji.

Sekarang, kamu dan keluarga di rumah sudah bisa makan enak dengan lauk kepiting lada hitam. Selain bisa disajikan secara pribadi di rumah, kamu juga bisa menjadikannya sebagai ide bisnis kuliner online yang menjanjikan.

Tunggu apa lagi, segera praktikkan resep kepiting lada hitam ini sebelum kamu terjun ke dunia bisnis kuliner. Semoga berhasil, ya!

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Nasi serta Daging Kepiting yang Praktis Dimasak

Lena Latipah Photo Verified Writer Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya