Resep Mi Titi khas Makassar yang Renyah dan Kuahnya Gurih Banget

Tak sulit membuatnya dan bahannya pun mudah didapat

Mi titi adalah salah satu sajian mi goreng unik khas Makassar, lho. Jika biasanya mi goreng dimasak dengan cara ditumis dan bertekstur lembek, mi yang satu ini justru benar-benar karena memang digoreng.

Apalagi ditambahkan dengan kuah kental yang terbuat dari udang, sensasi makannya tambah nikmat. Jika kamu penasaran dengan rasa aslinya, lebih baik kamu membuat sendiri di rumah.

Tenang saja, proses pembuatannya cukup mudah. Gak percaya? Simak penjelasan resep lengkap mi titi khas Makassar berikut ini. Selamat mencoba, guys!

1. Siapkan bahan yang diperlukan

Resep Mi Titi khas Makassar yang Renyah dan Kuahnya Gurih Bangetilustrasi mi telur (pexels.com/Alena Shekhovtcova)

Bahan-bahan:

  • 200 gram mi telur kecil
  • 25 gram sawi hijau
  • 50 gram daging ayam fillet
  • 100 gram udang
  • 50 gram hati ayam
  • 50 gram bakso ikan
  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 buah bawang bombai
  • 3 sendok makan tepung maizena
  • 1 butir telur
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh lada bubuk
  • 1 sendok teh kaldu jamur
  • 800 ml air
  • 2 sendok makan minyak wijen 

2. Bersihkan udang dan bahan lainnya hingga bersih

Resep Mi Titi khas Makassar yang Renyah dan Kuahnya Gurih Bangetilustrasi udang (unsplash.com/Mae Mu)

Buang kepala udang dan kupas cangkangnya hingga bersih. Lalu, buat belahan di bagian punggung udang dan tarik benang hitamnya. Hasilnya, bersihkan dengan air yang mengalir. 

Untuk bagian kepala dan cangkang udang tadi jangan dibuang karena masih digunakan untuk membuat kuah kaldu.

Sementara itu, irislah ayam fillet dan hati ayam menjadi potongan dadu kecil. Lalu, bersihkan keduanya dengan air. Tak ketinggalan, irislah bakso ikan sesuai selera. 

Baca Juga: Sejarah Coto Makassar, dari Dapur Istana ke Warung Tepi Jalan

3. Jangan lupa buat kuah kaldu udang, ya!

Resep Mi Titi khas Makassar yang Renyah dan Kuahnya Gurih Bangetilustrasi memasak kuah kaldu udang (pixabay.com/MYCCF)

Panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan. Lalu, masukkan bagian kepala dan cangkang udang. Aduk-aduk hingga warnanya berubah menjadi jingga. Jika sudah berubah warna, masukkan air dan biarkan selama 10 menit hingga mendidih atau matang.

Sambil menunggu, irislah sawi hijau, bawang putih, dan bawang bombai sesuai selera. Secara terpisah, rebuslah mi telur selama 2 menit di air mendidih. Lalu, tiriskan dan goreng hingga teksturnya kering dan berwarna kuning kecokelatan.

Jika tekstur dan warna mi sudah berubah, segera angkat dan tiriskan. Pindahkan ke dalam piring saji yang tersedia. Jangan lupa matikan kompor yang dipakai untuk merebus air kaldu udang, ya!

4. Campurkan kuah kaldu tadi dengan ayam, bakso, dan udang

Resep Mi Titi khas Makassar yang Renyah dan Kuahnya Gurih Bangetilustrasi mengaduk capcay sayur (pexels.com/Kampus Production)

Lalu, panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan. Setelah panas, masukkan bawang bombai dan bawang putih. Tumislah keduanya hingga layu dan tercium wangi.

Jika sudah layu dan wangi, masukkan daging ayam, hati ayam, bakso ikan, dan udang. Masaklah hingga udang berwarna jingga. Kemudian masukkan air kaldu udang sambil disaring agar bagian kepala dan cangkang tidak ikut.

Biarkan kembali hingga kuah kaldu mendidih. Sambil menunggu, campurkan tepung maizena dengan 50 ml air agar terbentuk cairan kental. Jika kuah kaldu mendidih kembali, masukkan cairan kental ini dan sisa bahan lainnya kecuali mi. Aduk-aduk hingga merata dan kuahnya mengental, ya!

5. Akhirnya, mi titi khas Makassar siap disajikan

Resep Mi Titi khas Makassar yang Renyah dan Kuahnya Gurih Bangetmi titi khas Makassar (instagram.com/irna.dartiana)

Jika kuah mulai mengental dan telurnya pun matang, koreksi rasanya barangkali masih kurang bumbu. Namun, langsung saja matikan kompor jika rasanya sudah pas.

Ambillah kuah kental secukupnya dan campurkan dengan mi telur yang sudah digoreng. Sekarang, mi titi khas Makassar sudah siap disajikan.

Makanan ini bisa jadi sajian spesial kamu dan keluarga di rumah. Apalagi ketika akhir pekan, lebih baik kamu dan keluarga kerja sama untuk membuat mi titi. Pasti mereka suka, deh!

Baca Juga: 10 Olahan Mie Kuah dari Berbagai Negara, Mie Ayam Gak Kalah Eksis!

Lena Latipah Photo Verified Writer Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya