Comscore Tracker

Resep Nugget Daging Sapi, Lauk Makan Enak yang Tahan Lama

Bisa kamu jadikan lauk atau camilan, lho

Daging sapi menjadi salah satu bahan pangan yang tinggi protein. Banyak masyarakat dari semua kalangan yang mengolah daging sapi menjadi aneka makanan lezat.

Mengonsumsi daging sapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, lho. Di antaranya dapat menjaga massa otot, memelihara kekebalan tubuh, dan mencegah anemia. Sebagai referensi, cobalah kamu olah daging sapi menjadi nugget.

Renyah dan nikmat banget, berikut resep nugget daging sapi yang bisa jadi lauk makan enak tahan lama. Olahan daging sapi yang antimainstream, nih!

1. Siapkan bahan yang diperlukan

Resep Nugget Daging Sapi, Lauk Makan Enak yang Tahan Lamailustrasi bahan yang diperlukan (pexels.com/Markus Spiske)

Bahan utama:

  • 500 gram daging sapi
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh lada bubuk
  • 2 sendok teh penyedap rasa
  • 2 butir telur
  • 50 gram tepung terigu
  • 50 gr tepung tapioka
  • mentega secukupnya

Bahan adonan pelapis:

  • 45 gram tepung terigu
  • air secukupnya
  • tepung panir secukupnya

2. Haluskan daging sapi

Resep Nugget Daging Sapi, Lauk Makan Enak yang Tahan Lamailustrasi menghaluskan daging sapi (pixabay.com/moerschy)

Bersihkan daging sapi dengan air mengalir. Kemudian, iris daging sapi menjadi beberapa potongan dadu kecil sesuai selera. 

Setelah itu, haluskan irisan daging sapi menggunakan blender atau chopper. Sementara itu, iris tipis bawang merah dan bawang putih sesuai selera. Untuk bawang merah, tumislah sebentar hingga setengah matang. 

Selanjutnya, campurkan irisan bawang putih dan bawang merah yang sudah ditumis dengan daging sapi tadi. Haluskan kembali hingga lembut dan tercampur rata.

3. Celup nugget ke adonan pelapis

Resep Nugget Daging Sapi, Lauk Makan Enak yang Tahan Lamailustrasi membuat adonan nugget (pexels.com/Klaus Nielsen)

Campurkan daging sapi halus tadi dengan garam, gula pasir, lada bubuk, penyedap, telur, tepung terigu, dan tepung tapioka. Aduk secara manual menggunakan spatula hingga tercampur rata.

Setelah itu, olesi loyang datar dengan mentega. Masukkan adonan hingga seluruh permukaan loyang tertutupi. Sisakan sedikit ruas atas untuk hasil yang lebih sempurna.

Baca Juga: Resep Nuget Jamur Tiram, Gak Kalah Enak dari Nugget Ayam

4. Goreng nugget hingga matang

Resep Nugget Daging Sapi, Lauk Makan Enak yang Tahan Lamailustrasi menggoreng adonan nugget (pexels.com/cottonbro)

Siapkan panci kukusan yang sudah berisi air yang mendidih, lalu masukkan adonan dan simpan di atas panci. Kukus adonan nugget selama 25 menit hingga matang.

Setelah 25 menit berlalu, segera angkat dan diamkan sebentar hingga digin. Jika sudah, iris menjadi beberapa bagian sesuai selera.

Selanjutnya, campur bahan olesan tepung terigu dan air secukupnya hingga mengental. Celup adonan nugget tadi ke dalam tepung basah dan tepung panir secara bergantian. Nugget tinggal kamu goreng saja, deh!

5. Nugget daging sapi buatanmu siap disajikan, nih!

Resep Nugget Daging Sapi, Lauk Makan Enak yang Tahan Lamasajian nugget sapi (instagram.com/nutri.din)

Jika warna sudah berubah dan teksturnya sedikit kering, segera angkat dan tiriskan. Pindahkan nugget ke dalam wadah yang tersedia.

Sekarang, kamu bisa menikmati nugget tanpa perlu beli di supermarket. Rasa gurihnya pas dan enak banget. Jangan lupa simpan sebagian nugget yang tidak digoreng ke dalam freezer sebagai cadangan.

Kini kamu gak perlu lagi bingung mengolah daging sapi. Nugget daging sapi ini bisa kamu jadikan lauk makan atau camilan, lho. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Olahan Tempe Jadi Nugget, Gurih dan Bikin Nagih!

Lena Latipah Photo Verified Writer Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya